Lokasi Provinsi Sasaran Kartu Prakerja Tahun 2023, Cek Kapan Pembukaannya. Kartu Prakerja tahun 2023 ini memiliki insentif sebesar Rp4,2 juta untuk perorangan dengan skema normal bukan lagi skema semi bansos. Artikel ini memuat informasi mengenai Kartu Prakerja tahun 2023 yang sudah dinantikan oleh masyarakat. Untuk tahap awal Kartu Prakerja tahun 2023 ini akan dilakukan di 10 provinsi di Indonesia terlebih dahulu.

Banyak dicari kejelasan mengenai kapan Kartu Prakerja 2023 dibuka, Prakerja Gelombang 48 kapan mulai, login dashboard Prakerja kapan dibuka, dan cara daftar di www.prakerja.go.id. Pernyataan tersebut dikatakan melalui Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Katanya, program Kartu Prakerja 2023 akan bergulir pada triwulan 1.


Lokasi Provinsi Sasaran Kartu Prakerja Tahun 2023, Cek Kapan Pembukaannya

Ada informasi bahwa gelombang 1 Kartu Prakerja 2023 akan dibuka lebih awal di 10 provinsi ini, yakni pada bulan Januari-Maret 2023. Mari cek kejelasan jadwal dan detail Kartu Prakerja 2023 resmi dari pemerintah.

Mengutip laman resmi Sekretariat Kabinet, pemerintah mengatakan akan mulai membuka pendaftaran Kartu Prakerja pada 3 bulan perdana tahun 2023.

1. DKI Jakarta

2. Jawa Barat

Baca Juga :  SIM KELILING Malang Jumat 22 Juli 2022

3. Jawa Tengah

4. Jawa Timur

5. Kalimantan Barat

6. Sumatera Utara

7. Sulawesi Selatan

8. Bali

9. Nusa Tenggara Timur

10. Papua

Lokasi Provinsi Sasaran Kartu Prakerja Tahun 2023, Cek Kapan Pembukaannya

Besaran anggaran untuk tahap awal Kartu Prakerja tahun 2023 ini adalah sebesar Rp2,67 triliun dengan sasaran sebanyak 595.000 orang. Dan untuk 405.000 orang akan di ajukan anggaran sebesar Rp1,7 triliun.

Dengan target Kartu Prakerja tahun 2023 ini adalah sebanyak 1 juta orang penerima. Lalu kapan waktu pembukaan Kartu Prakerja tahun 2023 ini dibuka? Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan akan dimulai di triwulan I-2023.

Karena jumlah pembukaan Kartu Prakerja tahun 2023 ini diberikan kepada satu juta orang, segera daftar agar bisa masuk ke dalam kuota untuk pendaftaran Kartu Prakerja tahun 2023 gelombang pertama.

Selain mengenai waktu dibukanya pendaftaran dan gelombang baru Kartu Prakerja pada 2023 ini, pemerintah juga jelaskan skema baru Kartu Prakerja.

Sedikit berbeda dengan mekanisme program Kartu Prakerja pada tahun-tahun sebelumnya, tahun 2023 akan menjadi awal Kartu Prakerja kembali ke skema normal.

Skema normal sendiri, menurut laman Sekretariat Kabinet, merupakan skema di mana program pelatihan Kartu Prakerja tidak lagi menjadi program semi bansos.

Baca Juga :  SIM KELILING Yogyakarta Senin 17 Oktober 2022

Pemerintah akan memfokuskan dana bantuan ke program pelatihan kerja atau pengayaan skill ketimbang aspek bantuan atau insentif.

Hal itu tampak dari besaran dana insentif Kartu Prakerja yang kini dipangkas menjadi Rp600 ribu dari semula sebesar Rp2,4 juta.

Namun, peserta Kartu Prakerja yang lolos akan merasakan manfaat saldo pelatihan kerja yang jauh lebih besar daripada tahun sebelumnya.

Jika pada tahun-tahun lalu besaran saldo pelatihan kerja Kartu Prakerja sebesar Rp1 juta, kini pemerintah tetapkan dana pelatihan kerja naik menjadi Rp3,5 juta.

Bukan cuma itu, pemerintah juga menjelaskan bahwa skema normal Kartu Prakerja 2023 akan menerapkan pelatihan kerja secara offline, online, dan hybrid, sebagaimana dilansir dari laman resmi Kominfo.

Untuk informasi mengenai pendaftaran kunjungi situs www.prakerja.go.id dan pantau informasi mengenai Kartu Prakerja tahun 2023 ini melalui akun Instagram resmi di @prakerja.go.id.

Sementara untuk mekanisme pelatihan online dan hybrid, pemerintah belum menjelaskan secara rinci terkait lokasi dan tata caranya.

Selain itu, masih belum ada informasi resmi apakah akan ada perubahan sistem tata cara pendaftaran Kartu Prakerja atau tetap menggunakan metode lama.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal Bahasa Inggris Kelas 8 SMP Collecting Information Our Daily Routines Halaman 98

Lokasi Provinsi Sasaran Kartu Prakerja Tahun 2023, Cek Kapan Pembukaannya

Jika menyontek tata cara mendaftar Kartu Prakerja pada tahun-tahun sebelumnya, maka calon peserta harus melakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka link dashboard.prakerja.go.id/daftar dengan KLIK DI SINI.

2. Masukkan email, password, dan konfirmasi password.

3. Centang kotak S&K, klik “Daftar”.

4. Masuk ke inbox email Gmail Anda, cek email verifikasi dan klik.

5. Login ke akun dashboard, kali ini melalui link dashboard.prakerja.go.id/masuk menggunakan email dan password yang baru didaftarkan.

6. Selesaikan proses pendaftaran dengan verifikasi KTP sampai menjawab soal tes hingga tuntas.

7. Setelah itu, akun akan berhasil dibuat. Tunggu pengumuman dibukanya gelombang baru dari panitia Kartu Prakerja.

8. Jika sudah resmi diumumkan, login kembali ke akun dashboard.

9. Scroll ke bawah, klik “Ikuti Gelombang”

10. Tunggu pengumuman kelulusan seleksi.

Apabila peserta dinyatakan lolos Kartu Prakerja, maka akun dashboard akan meminta peserta memasukkan nomor rekening atau nomor e-wallet.


Live Streaming