Link Download Nonton Film Sang Kiai Untuk Merayakan Hari Santri 2022. Menurut Kementerian Agama (Kemenag) RU, tema tersebut digunakan untuk peringatan HSN 2022 karena sejarah membuktikan bahwa kaum santri selalu berkontribusi dalam setiap fase perjalanan Bangsa Indonesia.

Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional karena merujuk pada sejarah era revolusi kemerdekaan RI. Pada tanggal 22 Oktober 1945, pimpinan Nahdiatul Ulama yang kala itu berada di bawah koordinasi KH Hasyim Asy’ari mengeluarkan Resolusi Jihad.


Link Download Nonton Film Sang Kiai Untuk Merayakan Hari Santri 2022

Kedahsyatan perang di Surabaya itu menyadarkan pimpinan pasukan Inggris dan petinggi Belanda di Indonesia bahwa rakyat sangat serius dalam mempertahankan kemerdekaan RI. Dalam Sejarah Kecil “Petite Histoire” Indonesia (2004), Rosihan Anwar menulis, Wakil Gubernur Jenderal Belanda, Hubertus van Mook menilai pertempuran 10 November 45 menunjukkan, “bangsa Indonesia telah melakukan revolusi melebihi Revolusi Perancis tahun 1789.”

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal PAS UAS PKN Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Tahun 2022

Hari Santri Nasional 2022 yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober akan jatuh pada Sabtu pekan ini. Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 akan digelar dengan tema resmi “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.”

Tanggal 22 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional sejak 2015. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2015 dan ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada hari Kamis, 15 Oktober 2015.

Resolusi Jihad ini dikeluarkan guna mengobarkan semangat para pejuang melawan pasukan sekutu dan Belanda yang kembali masuk ke Indonesia. Tidak lama setelah itu, pecah perang besar di Kota Surabaya yang dikenang dengan sebutan pertempuran 10 November 1945.

Fakta sejarah itu menunjukkan bahwa banyaknya rakyat yang turun gelanggang melawan pasukan Sekutu dan Belanda pada 10 November 1945 tidak bisa dilepaskan dari kemunculan Resolusi Jihad pada 20 hari sebelumnya.

Link Download Nonton Film Sang Kiai Untuk Merayakan Hari Santri 2022

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Halaman 283 284 285 286 Soal Pilihan Ganda dan ESSAI

Nonton Film Sang Kiai untuk Peringati Hari Santri 2022

Kisah perjuangan KH Hasyim Asy’ari dan riwayat munculnya Resolusi Jihad 1945 tergambar dalam film Sang Kiai yang dirilis pada 2013 lalu. Karena itu, peringatan Hari Santri Nasional 2022 bakal lebih lengkap jika dibarengi dengan menonton film Sang Kiai.

Sang Kiai (2013) adalah film besutan sutradara Rako Prijanto, dengan naskah ditulis oleh Anggoro. Film berdurasi 2 jam 16 menit itu melibatkan sejumlah pemeran beken tanah air, seperti Ikragara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, Adipati Dolken, dan Setyo Adi.

Sang Kiai tercatat memenangkan 5 penghargaan dan 9 nominasi di sejumlah ajang festival film. Di ajang Festival Film Indonesia 2013, Sang Kyai menyabet 4 Piala Citra, yakni kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, dan Tata Suara Terbaik.

Cerita dalam Sang Kiai dimulai dari masa penjajahan Jepang sejak 1942. Tentara Dai Nippon masa itu tidak hanya menindas dengan kejam, tapi juga memaksa rakyat Indonesia melakukan Seikerei, yakni membungkukkan badan ke arah utara untuk menghormati Kaisar Jepang, Hirohito.

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA MA SMK Halaman 210 Membandingkan Isi Teks Resensi

KH Hasyim Asyari kala itu tampil sebagai salah satu ulama besar yang menentang perintah tentara Jepang untuk melakukan Seikerei. Akibatnya, KH Hasyim Asy’ari sempat ditahan oleh pasukan Dai Nippon. Sejak saat itu, sang kyai dan para santrinya semakin getol melakukan perlawanan kepada penjajah, termasuk saat Belanda balik ke Indonesia setelah proklamasi Kemerdekaan RI.

Link Download Nonton Film Sang Kiai Untuk Merayakan Hari Santri 2022

Link Nonton Film Sang Kiai

Film Sang Kiai saat ini bisa ditonton melalui Netflix dan Vidio. Link untuk menonton streaming film Sang Kiai adalah sebagai berikut:

Link Nonton Film Sang Kiai di NETFLIX.

Link Nontoh Film Sang Kiai di Vidio.

Link Download Nonton Film Sang Kiai Untuk Merayakan Hari Santri 2022

Sumber : https://tirto.id/


Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming