LINK Cara Daftar BLT UMKM BRI Oktober 2022, Berikut Cara Cek Penerimanya. BLT UMKM menjadi salah satu bantuan sosial dari pemerintah yang ditunggu-tunggu oleh pelaku UMKM saat ini. Menteri Koperasi UKM Teten Masduki mengatakan pencairan BLT UMKM saat ini masih dibahas bersama dengan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian untuk kapan penyalurannya.

Pelaku UMKM yang sudah mendaftarkan diri sebagai penerima bansos BLT UMKM Rp1,2 juta, bisa cek daftar penerimanya di BRI. Mulanya pencairan BLT UMKM ini akan mulai disalurkan pada bulan Oktober 2022 ini. Akan tetapi, tampaknya jadwal pencairannya mundur.


LINK Cara Daftar BLT UMKM BRI Oktober 2022, Berikut Cara Cek Penerimanya

“BLT UMKM saat ini belum ada keputusan (cair), jadi masih dibicarakan di Kementerian Perekonomian” kata Teten kepada Media, Kamis (6/10/2022).

Untuk kamu yang belum mendaftarkan usahamu sebagai penerima BLT UMKM, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara mendaftar BLT UMKM 2022 secara online dan offline:

Secara online

1. Klik situs https://oss.go.id/.

2. Klik Daftar.

3. Pilih Skala Usaha UMKM yang kamu miliki.

4. Masukkan data yang diperlukan, klik “Daftar”.

5. Cek email dan klik tombol aktivasi yang dikirim ke email kamu.

6. Klik menu “Perizinan Berusaha” lalu pilih “Permohonan Baru”.

7. Lengkapi data-data yang diminta.

8. Jika sudah klik ‘selanjutnya’.

9. Pahami dan centang Pernyataan Mandiri

10. Periksa Draf Perizinan Berusaha.

Baca Juga :  Kode Kupon Game The Spike Volleyball Story 30 November 2022 Terbaru Terupdate

11. Kamu hanya perlu menunggu sampai perizinan tersebut terbit.

LINK Cara Daftar BLT UMKM BRI Oktober 2022, Berikut Cara Cek Penerimanya

Secara offline

1. Datang ke Dinas Koperasi dan UMKM terdekat.

2. Minta surat rekomendasi kepada Dinas Koperasintersebut.

3. Lampirkan NIK.

4. Kampirkan KK.

5. Isi formulir yang terdiri dari: nama lengkap, alamat, no HP, jenis bidang usaha, dsb.

6. Tunggu pemrosesan data oleh pihak Dinas Koperasi dan UKM

7. Proses verifikasi atas permohonan pendaftaran BLT UMKM

Jika kamu memenuhi syarat, maka kamu akan mendapat telepon dari pihak BRI untuk mengisi formulir lanjutan di bank cabang terdekat.

LINK Cara Daftar BLT UMKM BRI Oktober 2022, Berikut Cara Cek Penerimanya

Cek penerima BLT UMKM Rp1,2 juta

1. Kunjungi situs https://eform.bri.co.id/bpum.

2. Masukkan nomor KTP

3. Masukan kode verifikasi 4. Klik ‘process inquiry’

Sampai saat ini, proses pencairan BPUM 2022 dari Kemenkop UKM senilai Rp600.000 masih terus ditunggu-tunggu jadwal penyalurannya oleh banyak masyarakat, khususnya peserta UMKM.

Memang hingga saat ini, BPUM 2022 masih belum diketahui kapan akan bisa dicairkan oleh penerima, karena pihak Kemenkop UKM sampai kini masih belum selesai merampungkan data-data penerima yang akan mencairkan bantuan tersebut.

Ini cara cek penerima BPUM 2022 sebelum dicairkan, klik link eform.bri.co.id dan siapkan KTP untuk syarat pengecekan. Adapun untuk bisa mencairkan dana UMKM, penerima juga harus melakukan cek BPUM 2022, dengan login eform.bri.co.id dan siapkan KTP sebagai syarat pengecekan dan pencairan dana Rp600.000.

Baca Juga :  Kode Redeem Call of Duty Mobile CODM 30 November 2022, Klaim Segera Dapatkan Skin Terbaru

Kategori pelaku usaha yang bisa mendapatkan BPUM 2022 Rp600.000 hanya khusus kepada empat golongan penerima, yaitu pedagang kaki lima, pemilik toko sembako kecil, pelaku usaha UMKM kecil, dan nelayan kecil yang termasuk warga miskin.

Berikut penjelasan lengkap mengenai tahap cek penerima BPUM 2022 dan syarat pencairan dana bantuan UMKM Rp600.000.

LINK Cara Daftar BLT UMKM BRI Oktober 2022, Berikut Cara Cek Penerimanya

1. Login eform.bri.co.id resmi untuk cek penerima BPUM 2022 dari Kemenkop UKM Rp600.000 tunai.

2. Input NIK KTP penerima BPUM 2022 atau bantuan langsung tunai UMKM untuk melakukan proses cek penerima di situs eform BRI dengan benar.

3. Masukkan kode verifikasi resmi dari situs untuk melanjutkan proses tahap cek penerima BPUM 2022 atau dana BLT UMKM.

4. Klik ke fitur atau opsi ‘Inquiry’ (masuk) di situs resmi untuk melakukan proses validasi nomor KTP milik penerima BPUM 2022 yang sudah diisi terlebih dahulu oleh penerima BLT UMKM dari pemerintah.

5. Setelah melakukan proses validasi nomor KTP milik penerima BPUM 2022 dari Kemenkop UKM, penerima harus menunggu hingga mendapatkan notifikasi secara resmi dari Kemenkop UKM Rp600.000, tentang status pencairan dari penyalur bantuan UMKM (Bank BRI) untuk bukti proses pencairan dana di Bank Himbara.

6. Tunggu pengumuman resmi soal jadwal pencairan BPUM 2022 atau bantuan tunai Rp600.000 yang disampaikan langsung oleh pihak Kemenkop UKM.

7. Jika semua syarat yang diajukan pemerintah sudah dipenuhi, maka penerima hanya tinggal mendatangi kantor cabang Bank BRI terdekat untuk menerima dana tunai BPUM 2022 Rp600.000, yang akan dikirimkan ke dalam rekening penerima masing-masing, sesuai prosedur pencairan bantuan dari Kemenkop UKM untuk tahun 2022 ini.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 30 November 2022 Skin Keren Segera Klaim Terbaru Valid

LINK Cara Daftar BLT UMKM BRI Oktober 2022, Berikut Cara Cek Penerimanya

Adapun ini lima syarat untuk mencairkan BPUM 2022 tunai yang wajib dipenuhi oleh penerima manfaat BLT UMKM:

1. Sudah sah atau resmi terdaftar sebagai anggota UMKM dan juga penerima BPUM 2022 dari Kemenkop UKM untuk mencairkan bantuan.

2. Harus sudah memiliki buku rekening dan kartu ATM nasabah BRI pribadi yang masih aktif digunakan untuk transaksi di bank, guna dijadikan sebagai bukti mencairkan dana bantuan UMKM Rp600.000 tunai dari Kemenkop UKM.

3. Pastikan sudah dapat notifikasi resmi yang berisikan pemberitahuan bahwa penerima telah terdaftar sebagai penerima BPUM 2022, sebagai bukti pencairan BLT Rp600.000 dari Kemenkop UKM.

4. Pelaku usaha sudah menerima surat pernyataan yang tertulis dari aparat daerah setempat atau sesuai domisili KTP pribadi, untuk bukti pencairan dana UMKM dari Kemenkop UKM secara resmi.

5. Memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan sudah resmi terdaftar atau tercatat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 18 tahun ke atas, serta tercatat sebagai penerima BPUM 2022 oleh Kemenkop UKM, sesuai salah satu kategori penerima BLT UMKM yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Demikian penjelasan mengenai cara cek nama penerima BPUM 2022, dengan login login eform.bri.co.id pakai KTP.

LINK Cara Daftar BLT UMKM BRI Oktober 2022, Berikut Cara Cek Penerimanya

Sumber :


Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming