Ledakan Lebanon : Apa sebenarnya amonium nitrat ?Sebanyak 2.750 ton amonium nitrat – disita dari kapal di perairan Beirut dan disimpan di sebuah gudang pelabuhan enam tahun lalu – disebut bertanggung jawab atas ledakan yang menghancurkan area pelabuhan ibu kota Lebanon pada Selasa (04/08).


Ledakan Lebanon : Apa sebenarnya amonium nitrat ?

Namun, apa sebenarnya amonium nitrat dan mengapa itu bisa sangat berbahaya? Apa itu amoniun nitrat? Amonium nitrat adalah padatan putih seperti kristal yang dibuat dalam jumlah besar di industri. Penggunaan terbesarnya adalah sebagai sumber nitrogen untuk pupuk, tetapi juga digunakan untuk membuat bahan peledak dalam industri pertambangan. Itu karena amonium nitrat merupakan bahan kimia itu sintetis, dibuat dengan mereaksikan amonia dengan asam nitrat.

Ketika amonium nitrat meledak, bahan kimia itu dapat melepaskan gas beracun termasuk nitrogen oksida dan gas amonia. Amonium nitrat dibuat di seluruh dunia dan relatif murah untuk dibeli. Akan tetapi, penyimpanannya bisa jadi masalah dan telah lama dikaitkan dengan kecelakaan industri yang serius di masa lalu.


Sementara, tercatat 5.000 orang lainnya terluka. Data korban tersebut terus diperbarui, karena pencarian korban masih dilakukan. Mengutip Newsweek, amonium nitrat merupakan bahan yang mudah meledak jika disimpan di ruang tertutup dengan tekanan suhu panas. Ketika amonium nitrat meledak, zat-zat seperti amonia, karbon dioksida dan nitrogen oksida akan terlepas ke udara.

Dosen senior teknik kimia di Universitas Melbourne, Gabriel da Saliva, mengatakan, dari foto ledakan di Lebanon tampak nitrogen oksida terlepas ke udara. Itu terlihat dari gumpalan asap merah yang muncul. Menurut dia, kandungan nitrogen oksida dengan kadar tinggi dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi mereka yang memiliki masalah pernapasan, karena dapat menyebabkan iritasi.


Ledakan Lebanon : Apa sebenarnya amonium nitrat ?

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/06/121500065/ledakan-di-lebanon-akibat-amonium-nitrat-apa-dampaknya-bagi-kesehatan-?page=all

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Siswi-Tulungagung-Kembali-Jadi-Anggota-Paskibraka-2020
Siswi Tulungagung Kembali Jadi Anggota Paskibraka 2020

Biaya Kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 2020
Biaya Kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 2020

Kemendikbud Gandeng Indosat Sediakan Internet Murah untuk Mahasiswa
Kemendikbud Gandeng Indosat Sediakan Internet Murah untuk Mahasiswa

Close