Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD MI, Apakah Kepala Sekolah pada Cerita Sudah Mengamalkan Nilai-nilai persatuan? Jelaskan! Artikel ini disusun guna membantu adik-adik SD MI dalam mengikuti pembelajaran dari rumah di masa pandemi Covid-19. Tema 7 kelas 6 SD MI subtema 2 “Pemimpin Idolaku” pembelajaran 3 mengajak Adik-adik untuk mengetahui beberapa pemimpin idola di lingkungan sekitar.

Kunci jawaban yang akan dibahas kali ini yaitu jawaban dalam soal subtema 2 pembelajaran 3 halaman 75 tentang penjelasan nilai-nilai persatuan kepala sekolah pada cerita “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD MI, Apakah Kepala Sekolah pada Cerita Sudah Mengamalkan Nilai-nilai persatuan? Jelaskan!

Artikel ini membahas kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD MI halaman 75 tentang penjelasan nilai-nilai persatuan kepala sekolah pada cerita “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”.

Jangan lupa memperhatikan langkah-langkah pengerjaan soal di halaman 75 tentang penjelasan nilai-nilai persatuan kepala sekolah pada cerita “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”.

Pada pembahasan kali ini, kita akan belajar tentang kunci jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 SD MI Tema 7 Subtema 2 “Pemimpin Idolaku” Edisi Revisi 2018 Terbitan Kemendikbud.

Sebelum membaca kunci jawaban dalam artikel ini, sebaiknya Adik-adik mengerjakan soal di halaman 75 tentang penjelasan nilai-nilai persatuan kepala sekolah pada cerita “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku” terlebih dahulu.

Adik-adik bisa minta bantuan kakak, ibu, atau ayah apabila mengalami kesulitan.

Setelah mengerjakan soal di halaman 75 tentang penjelasan nilai-nilai persatuan kepala sekolah pada cerita “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”, mintalah bantuan kakak, ibu, atau ayah untuk mengoreksi jawaban Adik-adik.

Setelah selesai dikoreksi, Adik-adik bisa menggunakan kunci jawaban di bawah ini untuk mencocokkan jawaban Adik-adik.

PEMBELAJARAN 3

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD MI, Apakah Kepala Sekolah pada Cerita Sudah Mengamalkan Nilai-nilai persatuan? Jelaskan!

AYO BERDISKUSI
Halaman 75

Pada halaman 75, 76, dan 77, Adik-adik diminta menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan teks “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku” di halaman 73, 74, dan 75.

Kamu telah membaca teks “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”. Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Mengapa kepala sekolah pada cerita di atas menjadi pemimpin idola?

Jawaban: Kepala sekolah pada cerita “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku” memiliki sifat rela berkorban, pantang menyerah, peduli dengan murid, dan cerdas dalam menemukan solusi untuk mengatasi masalah.

Hal tersebut membuat kepala sekolah menjadi idola karena tindakannya menginspirasi dan dapat ditiru oleh semua orang.

2. Apakah kepala sekolah pada cerita sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan!

Jawaban: Kepala sekolah dalam cerita “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku” sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan.

Dibuktikan dengan tindakannya yang tidak membeda-bedakan asal usul murid sehingga antarmurid timbul kebersamaan dan rasa persatuan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD MI, Apakah Kepala Sekolah pada Cerita Sudah Mengamalkan Nilai-nilai persatuan? Jelaskan!

3. Apakah kepala sekolah sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan? Jelaskan!

Jawaban: Kepala sekolah dalam cerita “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku” sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan.

Dibuktikan dengan Pak Welly atau kepala sekolah yang mengadakan musyawarah dengan para guru untuk mewujudkan ide Pak Welly untuk melelang pisang demi memberikan dana untuk lomba pidato Sudin.

4. Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti Iomba pidato?

Jawaban: Kepala sekolah atau Pak Welly mengetahui kemampuan dan karakter Sudin yang suka membaca, percaya diri, serta komunikatif.

Pak Welly juga ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga dengan diikutkan dalam lomba pidato di kota.

Halaman 76

5. Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut?

Jawaban: Terdapat beberapa sikap yang dapat diteladani dari sosok Pak Welly, yaitu: kreatif dan penuh ide, peduli dengan siswa, rela berkorban, mampu menjaga persatuan, dan pantang menyerah.

6. Apakah yang menyebabkan Sudin akhirnya dapat pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD MI, Apakah Kepala Sekolah pada Cerita Sudah Mengamalkan Nilai-nilai persatuan? Jelaskan!

Jawaban: Sudin akhirnya dapat mengikuti lomba pidato di kota karena mendapatkan dana yang cukup untuk mengikuti lomba.

Dana tersebut diperoleh melalui pelelangan pisang yang diselenggarakan oleh Pak Welly, para guru, dan para murid. Pembelinya adalah para pejabat daerah yang diundang untuk mengikuti upacara bendera.

7. Bagaimana menurutmu hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat daerah lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan seperti itu?

Jawaban: Hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat daerah lainnya adalah sangat baik dan harmonis.

Hal tersebut terbukti ketika para pejabat daerah mau menghadiri undangan kepala sekolah walaupun masing-masing memiliki kesibukan yang berbeda-beda.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD MI, Apakah Kepala Sekolah pada Cerita Sudah Mengamalkan Nilai-nilai persatuan? Jelaskan!

Demikianlah kunci jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 SD MI Tema 7 Subtema 2 “Pemimpin Idolaku” Edisi Revisi 2018 Terbitan Kemendikbud pembelajaran 3 halaman 75. Semoga dapat membantu dan menambah semangat belajar Adik-adik.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Sumber : https://www.kunci-jawaban.id/kunci-jawaban-kelas-6-sd-mi-tema-7-apakah-kepala-sekolah-pada-cerita-sudah-mengamalkan-nilai-nilai-persatuan-jelaskan/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,

Streaming Now