Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD Jelaskan Paling Sedikit 2 Kelebihan Briket dari Bahan Bakar Minyak halaman 138 – 139. Pernyataan tersebut merupakan soal halaman 138 – 139 tema 6 kelas 3 SD/MI, buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi terbaru revisi 2018. Soal tersebut terdapat pada Subtema 3: Energi Alternatif pembelajaran 5.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD Jelaskan Paling Sedikit 2 Kelebihan Briket dari Bahan Bakar Minyak halaman 138 – 139

Kunci jawaban buku tema 6 kelas 3 SD/MI soal halaman 138 – 139. Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari bahan bakar minyak (BBM).



Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 138 – 139

Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari bahan bakar minyak (BBM)!

Jawaban: 

Energi terbarukan. Karena briket dibuat dari sumber daya alamberupa biomassa. Biomassa sendiri adalah salah satu jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme hidup. Beberapa contoh sumber biomassa itu antara lain bahan bakar kayu, kelapa, limbah, dan juga alkohol.

Panas yang dihasilkan maksimal. Briket mampu menghasilkan panas hingga cukup tinggi, yaitu sampai 7000 kal. Dengan demikian proses memasak jadi lebih cepat matang dengan sempurna.

Tidak beracun. Proses pembuatan dilakukan dengan proses alami, dan dibuat dengan bahan tambahan tepung tapioka yang berasal dari singkong sebagai bahan perekat adonan briketnya. Oleh karena itu briket arang tempurung kelapa menjadi material yang aman dan tidak  beracun (non-toxic).

Tidak berasap. Waktu dibakar asap yang dihasilkan sangat sedikit, bahkan hampir tidak mengerluarkan asap, sehingga ramah lingkungan.



Go Green Energy. Merupaka sebutan untuk sumber energi yang bersahabat bagi lingkungan hidup. Mengingat briket dibuat dari bahan alam dan tidak menimbulkan asap sehingga  sangat ramah lingkungan.

Waktu pembakaran yang lama. Briket arang tempurung kelapa mempunyai waktu pembakaran atau ‘burning time’ yang cukup lama, yaitu sekitar 2-3 jam non-stop. Sehingga menjadikan briket ini sebagai bahan bakar yang tergolong efektif dan efisien.

Ayo Membaca

Briket Pengganti BBM

Briket adalah bahan bakar pengganti bahan bakar minyak atau BBM. Briket dapat dibuat dari bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa. Briket dapat dibuat dengan mudah. Berikut ini cara pembuatan briket.



Alat dan bahan:

• Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji
• Kanji
• Potongan bambu/pipa paralon setinggi 7-10 cm untuk cetakan
• Korek api

Cara kerja:

1. Siapkan bahan yang akan dijadikan briket. Contoh bahan adalah bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).

2. Keringkan bahan tersebut sampai benar-benar kering.

3. Bakar di dalam tempat khusus sampai berbentuk arang.

4. Hasil pembakaran berupa arang atau serbuk arang ditumbuk halus. Kemudian disaring atau diayak.

5. Hasil saringan kemudian dicampur dengan adonan kanji secukupnya. Fungsi kanji sebagai perekat.

6. Adonan kemudian dicetak menggunakan potongan bambu. Bisa juga menggunakan pipa paralon ukuran sedang. Saat dimasukkan ke dalam cetakan, adonan arang tadi dipadatkan.



7. Tahap terakhir adalah pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk mengurangi kadar air. Pengeringan bisa memakan waktu beberapa hari. Hal ini tergantung terik tidaknya sinar matahari.

Briket memiliki beberapa kelebihan dibanding bahan bakar minyak. Briket dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil. Briketmudah terbakar. Namun, briket tidak cepat habis. Penggunaan briket merupakan salah satu cara menghemat bahan bakar minyak.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD Jelaskan Paling Sedikit 2 Kelebihan Briket dari Bahan Bakar Minyak halaman 138 – 139

Sumber : https://newsmaker.tribunnews.com/2021/02/22/kunci-jawaban-tema-6-kelas-3-sd-jelaskan-paling-sedikit-2-kelebihan-briket-dari-bahan-bakar-minyak

Read previous post:
Kunci-Jawaban-Tematik3
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD/MI Subtema 3 Biogas Sebagai Energi Aternatif yang Ramah Lingkungan Subtema 3 Pembelajaran 6 halaman 144, 145, 146 dan 147

Close