Kunci Jawaban Soal Prakarya Kelas 12 SMA SMK MA Halaman 89 : Kekurangan Serta Kelebihan Produk Hewani dan Nabati. Pada buku Prakarya kelas 12 halaman 89, siswa diminta untuk menjelaskan kekurangan serta kelebihan produk nabati dan hewani. Kunci jawaban ini juga bisa digunakan guru serta para orang tua untuk melatih kemampuan siswa saat belajar. Berikut soal dan kunci jawaban buku Prakarya kelas 12 halaman 89.

Berikut kunci jawaban buku Prakarya kelas 12 halaman 89. Sebelum melihat kunci jawaban berikutt, ada baiknya jika Anda mengerjakan soal secara mandiri untuk melatih kemampuan. Karena ini soal esai, Anda tidak perlu terpaku dengan kunci jawaban berikut.


Kunci Jawaban Soal Prakarya Kelas 12 SMA SMK MA Halaman 89 : Kekurangan Serta Kelebihan Produk Hewani dan Nabati

Soal

Sumber protein tidak hanya bahan pangan hewani, seperti daging dan telur, tetapi masih ada sumber protein nabati.

Cobalah kamu cari dari berbagai sumber kelebihan dan kekurangan protein hewani dibandingkan dengan protein nabati!

Jawaban

Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan.
Sumber protein nabati dapat berasal dari sayuran, buah-buahan, hingga kacang-kacangan.

Protein nabati paling banyak dapat anda peroleh dari tahu, tempe, susu kedelai, oatmeal, kacang hijau, kacang polong, almod, jagung, asparagus, brokoli, bayam, kembang kol, jamur, alpukat dll.

Baca Juga :  Cara Daftar Online BLT UMKM di BRI, Cek Daftar Penerima Banpres PNM Mekar BNI

Sedangkan protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan meliputi daging ruminansia (daging sapi, daging kambing, daging rusa), daging unggas (daging ayam, daging bebek), seafood, serta telur dan susu.

  • Kelebihan protein hewani adalah:
    Mengandung banyak vitamin
  • Protein yang mudah dicerna serta banyak mengandung asam amino.
  • Mudah dicerna tubuh.

Kekurangan protein hewani adalah:

  • Harganya mahal dibanding protein nabati.
  • Mengandung kolosterol tinggi.

Kelebihan protein nabati:

  • Tidak mengandung kolesterol dan lemak tinggi.
  • Harga lebih murah dibanding protein hewani.
  • Dapat menurunkan tekanan darah.

Kekurangan protein nabati:

  • Protein yang tidak terlalu banyak mengandung asam amino lengkap.
  • Tidak memiliki nutrisi seperti zat besi dan lemak.

Ulasan Buku Prakarya Kelas 12 SMA SMK MA

Kunci Jawaban Soal Prakarya Kelas 12 SMA SMK MA Halaman 89 : Kekurangan Serta Kelebihan Produk Hewani dan Nabati. Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII merupakan buku siswa cetakan Ke-2, 2018 (Edisi Revisi) yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Game Shopee Tebak Kata Level 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, dan 40 Ada kata APRIL

Buku ini mengulas tentang proses wirausaha yang terbagi kedalam empat jenis produk wirausaha prakarya yaitu kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan. Buku terdiri atas 8 bab yang masing-masing mengulas tentang perencanaan usaha, perancangan produksi, perhitungan harga jual, media promosi dan sistem penjualan.

Buku ini sangat cocok untuk dijadikan referensi belajar karena sumber informasi yang komprehensif, struktur materi yang jelas, dan terdapat berbagai media latihan dan evaluasi.

Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 dapat dikategorikan menjadi 4 kategori wirausaha yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Setiap topik dikembangkan dalam 2 bab sehingga total menjadi 8 bab.

Pada bab pertama buku, dijabarkan mengenai topik wirausaha produk kerajinan untuk pasar lokal. Topik tersebut mencakup Perencanaan Usaha Kerajinan untuk Pasar Lokal, Produksi Kerajinan untuk Pasar Lokal, Penghitungan Harga Jual Produk, Media Promosi, dan Penjualan Sistem Konsinyasi.

Bab dua buku membahas tentang topik wirausaha rekayasa jasa profesi dan profesionalisme. Bahasan tersebut mencakup Perencanaan Usaha Jasa Profesi dan Profesionalisme, Bentuk Produk Jasa, Penghitungan Harga Jual Produk Jasa, Media Promosi Produk, dan Penjualan Produk Jasa dengan Sistem Konsinyasi.

Pada bab tiga menjelaskan tentang topik wirausaha produk budidaya unggas petelur. Topik tersebut membahas tentang Perencanaan, Perancangan, Perhitungan harga jual, media promosi dan Penjualan Sistem Konsinyasi Produk Budidaya Unggas Petelur.

Baca Juga :  Syarat Dapat BLT UMKM Tahun 2021 Rp 1,2 Juta

Sementara pada bab empat membahas tentang topik Wirausaha Pengolahan Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi. Sama seperti topik sebelumnya, pada bab ini diuraikan tentang perencanaan usaha, sistem pengolahan, perhitungan harga jual, serta Penentuan Media Promosi Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi.

Empat bab selanjutnya membahas tentang produk wirausaha yang lebih maju namun masih dalam lingkup Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan.

Pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara terstruktur mengenai keempat topik wirausaha di atas karena setiap bab menguraikan tentang perencanaan usaha, rancangan produksi, perhitungan harga jual, media promosi serta penjualan produk dengan sistem konsinyasi dan pasar global.

Kunci Jawaban Soal Prakarya Kelas 12 SMA SMK MA Halaman 89 : Kekurangan Serta Kelebihan Produk Hewani dan Nabati. Download Buku Prakarya Kelas 12 SMA SMK MA >> KLIK DISINI

*) Disclaimer:

Kunci jawaban ini dibuat untuk memandu proses belajar. Sejumlah soal bersifat terbuka, artinya jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Sumber :


Live Streaming