Kunci Jawaban SOAL PKN Kelas 11 SMA SMK MAN Halaman 177 Kurikulum Merdeka, Unit 5 Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying. Materi PPKn Kelas 11 pada Kurikulum Merdeka adalah segala bentuk materi yang digunakan untuk membantu guru atau instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada PPKn Kelas 11.

Dengan materi ajar ini memungkinkan siswa dapat mempelajari pelajaran secara runtut dan sistematis, sehingga secara akumulatif mampu menguasai semua secara utuh dan terpadu. Bhinneka Tunggal Ika: Kita dan Masyarakat Global, Kolaborasi Budaya, Interaksi Budaya Nusantara di Kancah Dunia, Merawat Tradisi Lokal dan Kebinekaan, Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying.


Kunci Jawaban SOAL PKN Kelas 11 SMA SMK MAN Halaman 177 Kurikulum Merdeka, Unit 5 Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying

Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying merupakan salah satu materi yang wajib dipelajari oleh siswa kelas 11 SMA halaman 177 dalam mata pelajaran PKN kurikulum merdeka.

Berikut ini adalah pembahasan Soal dan Kunci Jawaban PKN kelas 11 SMA halaman 177 Kurikulum Medeka Uji Pemahaman pada Unit 5 Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying.

Kunci jawaban PKN kelas 11 SMA halaman 177 Kurikulum Merdeka Uji Pemahaman Bagian 3, Unit 5 Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying. Artikel dibawah ini akan membahas tentang soal dan Kunci jawaban PKN halaman 177 kelas 11 ini sebagai opsi membantu belajar siswa SMA dalam mengerjakan soal Uji Pemahaman.

Baca Juga :  Kode Redeem Call of Duty Mobile CODM 27 November 2022, Klaim Segera Dapatkan Skin Terbaru

Kunci Jawaban SOAL PKN Kelas 11 SMA SMK MAN Halaman 177 Kurikulum Merdeka, Unit 5 Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying

Buku Teks PPKn Kelas 11

Materi PPKn Kelas 11 secara lengkap terdapat dalam Buku Teks Siswa dan atau Buku Guru yang diterbitkan langsung pemerintah, jika tertarik dan ingin mengunduhnya klik ini: Download Buku PPKn.

1. Pertanyaan Kunci
Pertanyaan kunci yang akan dikaji pada unit ini adalah:

a. Apakah ada tindakan diskriminasi yang terjadi di sekeliling kita? Bagaimana kita mengenali bahwa hal tersebut adalah tindakan diskriminasi?
b. Apa yang membuat seseorang atau sebuah kelompok melakukan tindakan diskriminasi atau pelabelan secara negatif?
c. Bagaimana cara mengikis stereotip, diskriminasi, dan bullying yang terjadi di masyarakat?

2. Tujuan Pembelajaran
Pada unit ini, peserta didik diharapkan mampu mengkaji secara objektif kasus-kasus yang berpotensi merusak kebinekaan. Kasus tersebut bisa berupa peristiwa yang terjadi di sekitar lingkungan, dengan intensitas kecil atau besar. Peserta didik juga mampu bisa
menjelaskan mengapa peristiwa tersebut bisa dikategorikan diskriminasi.

3. Deskripsi
Selalu ada potensi rusaknya kebinekaan. Pertemuan ini, bermaksud untuk menelaah secara objektif kasus-kasus di Indonesia yang merusak kebinekaan. Di Kelas X, peserta didik telah mengenali kasus-kasus tersebut. Di Kelas XI ini, peserta didik menelaah secara objektif berbagai kasus-kasus dengan cara melihat aktor, korban serta motivasinya. Selain itu, pada unit ini, peserta didik juga diajak mengenal keragaman agama yang ada di Indonesia. Lebih dari itu, peserta didik juga diharapkan dapat menerima keragaman sebagai sebuah keniscayaan dan khasanah yang dimiliki bangsa Indonesia, sehingga stereotip atau prasangka (prejudice) terhadap agama lain perlahan-lahan dapat terkikis

Baca Juga :  Kode Kupon Game The Spike Volleyball Story 27 November 2022 Terbaru Terupdate

Kunci Jawaban SOAL PKN Kelas 11 SMA SMK MAN Halaman 177 Kurikulum Merdeka, Unit 5 Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying

a. Apakah yang kalian pahami tentang diskriminasi?

Pembahasan: Diskriminasi adalah pembedaan perlakuak terhadap suatu warga negara yang dilihat berdasarkan warna kulit, suku, agama, ekonomi, dan sebagainya.

Swim (dalam (Byrne, 1991) menyatakan bahwa diskriminasi adalah tindakan negatif terhadap orang yang menjadi obyek prasangka seperti rasial, etnik, agama, sehingga dapat dikatakan bahwa diskriminasi adalah prejudice in action.

b. Mengapa diskriminasi itu terjadi? Pernahkah kalian melakukan tindakan yang mengarah pada pelabelan negatif, diskriminasi, atau intoleransi? Jika tidak pernah, apakah dalam satu waktu kalian pernah melihat tindakan diskriminasi tersebut?

Pembahasan: Pernah melihat tindakan diskriminasi, dimana warga Indonesia yang berasal dari daerah Papua mendapat perlakukan berbeda karena bentuk fisik dan warna kulit.

Baca Juga :  KODE REDEEM FF 27 November 2022 Free Fire

Terasa dikucilkan karna penampilan yang berbeda. Seperti hanya orang eropa kulit putih yang tidak menerima orang kulit hitam.

c. Hemat kalian, apakah kaitan antara diskriminasi dan kebinekaan budaya bangsa kita?

Pembahasan: Diskriminasi dan kebhinekaan budaya negara sangat berkaitan karena Indonesia menganut Bhinneka Tunggal Ika yang seharusnya tidak ada diskriminasi bagi seluruh warga Indonesia.

Semboyan inilah yang mendasari bangsa Indonesia agar harus bersatu tanpa harus membeda-bedakan ras, budaya, agama atau apapun.

d. Upaya apa saja yang dapat kalian lakukan untuk memupuk kerukunan antarumat beragama di Indonesia?

Pembahasan: Upaya yang dapat dilakukan untuk memupuk kerukunan antarumat beragama di Indonesia adalah dengan saling menghormati ibadah yang dilakukan oleh warga Indonesia yang berbeda agama dan tidak melakukan diskriminasi.

Menyamaratakan perlakukan terhadap warga Indonesia yang berbeda agama. Saling mengingatkan terhadap satu sama lain.

e. Bagaimana cara mengikis prasangka (prejudice), stereotyping, dan fanatisme agama yang berlebihan?

Pembahasan: Cara mengikis prasangka (prejudice), stereotyping, dan fanatisme agama yang berlebihan adalah dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Berpikir positif terhadap satu sama lain, menghargai perbedaan.

Kunci Jawaban SOAL PKN Kelas 11 SMA SMK MAN Halaman 177 Kurikulum Merdeka, Unit 5 Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying

Selamat Belajar!

Sumber :


Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming