Kunci Jawaban Soal Kelas 8 SMP MTs Bahasa Indonesia Halaman 150: Teks Eksplanasi. Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menyajikan detil informasi berupa detil terjadinya sebuah peristiwa. Secara struktur, setiap teks eksplanasi tersusun atas tiga struktur utama. Ketiga struktur tersebut mencakup identifikasi fenomena, deretan penjelas, dan simpulan.

Terdapat dua aspek yang dilaporkan dalam setiap teks eksplanasi. Kedua teks tersebut mencakup bagaimana dan kenapa suatu peristiwa dapat terjadi.


Kunci Jawaban Soal Kelas 8 SMP MTs Bahasa Indonesia Halaman 150: Teks Eksplanasi

Ciri khas lain dari sebuah teks eksplanasi adalah pola pengembangan. Dalam teks eksplanasi, terdapat dua pola pengembangan yang kerap digunakan yaitu pola pengembangan kronologis dan pola pengembangan kausalitas.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs tentang teks eksplanasi, diharapkan dapat membuat siswa memahami materi pembelajaran ini.

Kegiatan 5.9 (150-151)

A.

1. Daftarlah topik yang berkaitan dengan sebuah kejadian alam, sosial, ataupun budaya yang ada di sekitarmu!

2. Susunlah topik-topik secara runtut ke dalam struktur eksplanasi, seperti identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan!

3. Kembangkan kerangka itu menjadi sebuah teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaannya yang benar!

Kunci Jawaban Soal Kelas 8 SMP MTs Bahasa Indonesia Halaman 150: Teks Eksplanasi

B. Lakukanlah silang baca dengan salah seorang teman dengan menggunakan rubrik penilaian berikut!

Rubrik Penilaian Teks Eksplanasi

 No.  Aspek  Deskripsi  Ya  Tidak
1.  Ketepatan jenis teks  Apakah karangan itu berupa teks eksplanasi?
2.  Struktur teks  Apakah teks itu memuat identiikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan?
3.  Keterpaduan teks  Apakah antara paragraf satu dengan paragraf lainnya saling berkaitan?
4.  Kaidah-kaidah kebahasaan  Apakah tidak ada kesalahan penggunaan kata dan struktur kalimatnya?
5.  Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca  Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan tanda baca?
Baca Juga :  Kode Redeem Call of Duty Mobile CODM 30 November 2022, Klaim Segera Dapatkan Skin Terbaru

Kunci Jawaban

Pembahasan:

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menyajikan detil informasi berupa detil terjadinya sebuah peristiwa.

Terdapat dua aspek yang dilaporkan dalam setiap teks eksplanasi. Kedua teks tersebut mencakup bagaimana dan kenapa suatu peristiwa dapat terjadi.

Secara struktur, setiap teks eksplanasi tersusun atas tiga struktur utama. Ketiga struktur tersebut mencakup identifikasi fenomena, deretan penjelas, dan simpulan.

Ciri khas lain dari sebuah teks eksplanasi adalah pola pengembangan. Dalam teks eksplanasi, terdapat dua pola pengembangan yang kerap digunakan yaitu pola pengembangan kronologis dan pola pengembangan kausalitas.

Pola pengembangan kronologis menempatkan peristiwa dalam cerita ke dalam satu rangkaian peristiwa, sementara kausalitas meletakkannya dalam hubungan sebab akibat.

Dalam hal ini, siswa diarahkan untuk mengasosikan tentang cara penulisan teks eksplanasi diaplikasikan dengan melakukan sejumlah latihan yang tersaji pada Kegiatan 5.9.

Kunci Jawaban Soal Kelas 8 SMP MTs Bahasa Indonesia Halaman 150: Teks Eksplanasi

Dalam kegiatan tersebut, guru perlu memfasilitasi siswa dengan sejumlah bahan bacaan yang menunjang topik tulisannya.

Misalnya, dengan meminta mereka untuk mengunjungi perpustakaan sekolah, membagi mereka buku-buku sumber ataupun e-book, lembar fotokopian berbagai bahan bacaan, ataupun dengan mengizinkan mereka untuk membuka-buka internet melalui android/laptop.

Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasilnya, tetapi pada proses penyusunnya.

Misalnya, pada cara mereka mengumpulkan dan memanfaatkan sumber-sumber bacaan sebagai bahan penulisan teksnya itu.

Kegiatan ini juga bertujuan mengomunikasikan, berupa kegiatan silang baca atas teks ekplanasi yang dibuat siswa secara individual.

Siswa dapat saling memberikan komentar atas teks yang dibuat temannya dengan menggunakan rubrik yang tersedia dalam Buku Siswa.

Baca Juga :  Kode Kupon Game The Spike Volleyball Story 30 November 2022 Terbaru Terupdate

Hasil pengisian rubrik oleh siswa dapat dimanfaatkan guru di dalam menilai proses kinerja siswa.

Guru pun memberikan penilaian secara komprehensif atas kinerja siswa, baik dalam ranah afektif, kognitif, maupun psikomotornya, sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi yang telah ditentukan.

Contohnya, pada teks berikut ini:

Kunci Jawaban Soal Kelas 8 SMP MTs Bahasa Indonesia Halaman 150: Teks Eksplanasi

Tsunami Selat Sunda

Tsunami Selat Sunda merupakan salah satu bencana alam yang akhir-akhir ini melanda bumi Indonesia. Namun, berbeda dengan bencana alam lain atau tsunami pada umumnya, tsunami kali ini berlangsungan dengan begitu senyap.

Bahkan BMKG sekalipun yang merupakan badan berkompeten untuk hal-hal semacam ini dibuat seolah-olah kehilangan informasi terkait serangan tsunami. Informasi yang simpang siur semakin menambah banyaknya korban jiwa dan luka yang muncul akibat bencana ini.

Tsunami sendiri merupakan salah satu fenomena alam yang menarik untuk dipelajari. Secara umum, terdapat tiga penyebab terjadinya tsunami yaitu gempa bumi, erupsi gunung berapi, hingga kondisi atmosfer.

Pada kejadian tsunami Selat Sunda, para ahli dapat memastikan bahwa tsunami kali ini terjadi akibat erupsi Gunung Anak Krakatau. Tsunami akibat erupsi gunung berapi sedikit berbeda dengan tsunami akibat gempa bumi.

Untuk dapat menciptakan tsunami, sebuah gunung berapi yang terletak di dalam atau di daerah perairan harus mengalami erupsi dalam skala besar. Hal ini karena untuk menciptakan gelombang tinggi, diperlukan energi yang tidak sedikit.

Ketika erupsi tersebut terjadi, sebagian besar material dinding gunung berapi akan luruh. Peluruhan inilah yang akan mendorong terciptanya gelombang tinggi dengan energi yang sangat masif menyertainya.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 30 November 2022 Skin Keren Segera Klaim Terbaru Valid

Gelombang yang tercipta akan semakin tinggi dan mematikan ketika mendekati wilayah darat. Hal ini dikarenakan semakin landai dan dangkalnya wilayah yang dilewati oleh gelombang tsunami tersebut.

Adapun bukti dari erupsi Gunung Anak Krakatau sebagai penyebab terjadinya tsunami Selat Sunda dipastikan melalui pengamatan udara setelah bencana terjadi. Informasi awal yang disampaikan oleh BMKG terkait tinggi gelombang yang tidak mencapai 1 meter dipatahkan dengan kenyataan di lapangan yang menunjukkan sebagian besar dinding gunung berapi longsor.

Hal ini kemudian dipertegas dengan pernyataan saksi korban di lapangan yang menyatakan tinggi gelombang tsunami bahkan mencapai angka belasan meter.

Kunci Jawaban Soal Kelas 8 SMP MTs Bahasa Indonesia Halaman 150: Teks Eksplanasi

Tentunya angka ini dapat memberikan gambaran betapa dahsyatnya bencana yang melanda kawasan Selat Sunda kala itu, terutama mereka yang berada di kawasan pesisir pantai di sekitar Banten dan Lampung.

Bencana tsunami Selat Sunda setidaknya mengajarkan kita bahwa sebaik apapun pengetahuan kita tentang alam dan bencana, tetap ada hal yang tidak dapat kita pastikan. Kekuatan alam kerap melebihi daya manusia.

Oleh karena itu, diperlukan tindakan preventif dan mitigasi bencana yang tepat agar di masa depan tidak perlu banyak saudara-saudari kita yang harus meregang nyawa akibat kelalaian kita dalam mengantisipasi dampak bencana.

*) Kunci jawaban hanya sebagai referensi belajar dan bersifat terbuka, baik siswa maupun orang tua dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.

Itulah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs tentang teks eksplanasi. Semoga bermanfaat.

Kunci Jawaban Soal Kelas 8 SMP MTs Bahasa Indonesia Halaman 150: Teks Eksplanasi

Sumber :


Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming