Kunci Jawaban Soal Kelas 5 Tema 1, Ide Pokok dan Kalimat Pengembang dalam Paragraf. Ide pokok dan kalimat pengembang harus ada dalam suatu paragraf cerita.

Kunci Jawaban Soal Kelas 5 Tema 1, Ide Pokok dan Kalimat Pengembang dalam Paragraf

Begitu pula dalam materi organ gerak manusia dan hewan untuk kelas 5 SD tema 1. Namun, apakah teman-teman tahu arti ide pokok dan kalimat pengembang itu? Jika belum, simak dengan detail ya!



Ide pokok adalah sebuah gagasan yang menjadi dasar dalam sebuah paragraf. Biasanya ide pokok itu berbentuk kalimat utama.  Untuk letaknya, ide pokok bisa berada di depan, tengah, ataupun akhir suatu paragraf cerita.

Sedangkan kalimat pengembang adalah kalimat-kalimat pelengkap, yang berfungsi menerangkan kalimat utama.

Berikut ini akan ada kunci jawaban untuk identifikasi ide pokok dan kalimat pengembang pada suatu cerita, yaitu:

1. Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Ide pokok terletak pada kalimat 1, yaitu gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak.

Kalimat pengembang terletak pada kalimat kedua yang berbunyi organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

2. Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Ide pokok dalam paragraf terletak pada kalimat kedua, yang berbunyi  alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.

Kalimat pengembang terletak pada kalimat 1, 3, dan 4. Kalimat 1 berbunyi organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan.

Kalimat 3 berbunyi kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kalimat 4 berbunyi kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sisten yang disebut sistem gerak.

3. Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Ide pokok terletak pada awal kalimat, yaitu kalimat 1, yang berbunyi tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya.




Kalimat Pengembang terletak terletak pada kalimat 2 dan 3.

Kalimat 2 berbunyi, yakni tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.

Kalimat 3 berbunyi, yakni walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Kunci Jawaban Soal Kelas 5 Tema 1, Ide Pokok dan Kalimat Pengembang dalam Paragraf

Sumber : https://bobo.grid.id/read/082795566/cari-jawaban-soal-kelas-5-tema-1-ide-pokok-dan-kalimat-pengembang-dalam-paragraf?page=all


Read previous post:
Bansos Tunai Rp 300.000 Cair Minggu Kedua Maret 2021 untuk Warga Jakarta
Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp600.000 di cekbansos.kemensos.go.id

Close