Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Kunci Jawaban Soal Kelas 2 SD MI Tema 7 Halaman 79, Tunjukkan Kata Sapaan yang Terdapat pada Dongeng Kiki dan Kiku!. Pembahasan kunci jawaban terdapat pada buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas 2 SD dan MI berjudul Kebersamaan. Kunci jawaban ini juga dapat digunakan orang tua untuk memandu putra-putrinya dalam mengerjakan tugas sekolah.

Berikut kunci jawaban Tema 7 kelas 2 SD dan MI halaman 79 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah pembelajaran 3. Sebelum melihat kunci jawaban ini, alangkah baiknya jika adik-adik dapat mencoba untuk memahami dan menjawabnya sendiri.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Soal Kelas 2 SD MI Tema 7 Halaman 79, Tunjukkan Kata Sapaan yang Terdapat pada Dongeng Kiki dan Kiku!

Soal yang akan dibahas pada halaman 79 adalah bacalah kembali dongeng Kiki dan Kiku! Tunjukkan kata sapaan yang terdapat pada dongeng tersebut!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 SD dan MI Halaman 79

Ayo Berlatih

Bacalah kembali dongeng Kiki dan Kiku!
Tunjukkan kata sapaan yang terdapat pada dongeng tersebut!

Jawaban:

1. Kalimat: “Selamat pagi, Matahari yang baik,” sapa Kiki ramah.
Kata Sapaan: Matahari yang baik

2. Kalimat: “Selamat pagi juga, Kiki! Ho ho ho, pagi ini lagi-lagi kau bangun lebih pagi dariku,” sahut Matahari.
Kata Sapaan: Kiki

3. Kalimat: “Kiku, pernahkah engkau makan cacing?” tanya Kiki pada suatu hari
Kata Sapaan: Kiku

4. Kalimat: “Lihat Kiku! Bu Ayam sedang mengais-ngais tanah. Cacingnya banyak sekali! Tidakkah engkau ingin memakannya?” tanya Kiki.
Kata Sapaan: Kiku

5. Kalimat: “Petok. Petook! Ayo, Kiki, ajak temanmu sarapan bersama,” ajak Bu Ayam
Kata Sapaan: Kiki

Kunci Jawaban Soal Kelas 2 SD MI Tema 7 Halaman 79, Tunjukkan Kata Sapaan yang Terdapat pada Dongeng Kiki dan Kiku!

Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa orang yang diajak berbicara (orang kedua) atau menggantikan nama orang ketiga. Kata sapaan ini harus ditulis dengan huruf kapital, baik dalam kalimat dialog maupun di narasi atau deskripsi.

Ada banyak jenis kata bahasa Indonesia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah kata sapaan. Apakah yang dimaksud dengan kata sapaan? Apa saja jenis-jenis kata sapaan dan juga contohnya? Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan di bawah ini!

Pengertian kata sapaan

Apakah yang dimaksud dengan kata sapaan? Menurut Roger Brown dan Albert Gilman dalam buku berjudul The Pronouns of Power an Solidarity (1960), kata sapaan adalah kata ganti yang digunakan untuk menyapa orang kedua.

Menurut Abdul Chaer dalam buku berjudul Tata Bahasa Baku Indonesia (1998), kata sapaan adalah kata-kata yang dapat digunakan untuk menyapa, menegur, menyebut orang kedua, atau siapa pun yang tidak ingin diajak bicara.

Sehingga, kata sapaan adalah kata ganti orang kedua yang digunakan dalam proses komunikasi. Secara tidak sadar, kata sapaan merupakan kata yang pentng karena digunakan hampir setiap percakapan sehari-hari.

Kunci Jawaban Soal Kelas 2 SD MI Tema 7 Halaman 79, Tunjukkan Kata Sapaan yang Terdapat pada Dongeng Kiki dan Kiku!

Jenis-jenis kata sapaan

Menurut Harimurti Kridalaksana dalam buku berjudul Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis (1985), ada Sembilan jenis kata sapaan yaitu kata ganti persona, nama diri, istilah kekerabatan, gelar dan pangkat, kata pelaku, bentuk nominal, kata-kata deiksis, nomina lain , dan ciri nol.

Kata ganti persona

Kata ganti persona merupakan jenis kata sapaan yang menggantikan nomina peran dalam suatu kelompok. Kata ganti persona menjadi tiga, yaitu kata ganti persona tunggal, kedua, dan jamak. Contoh kata ganti persona:

  • Kata ganti persona tunggal: aku, saya, dan daku.
  • Kata ganti persona kedua: kamu dan engkau.
  • Kata ganti persona jamak: ia dan dia.

Nama diri

Nama diri adalah jenis kata sapaan yang merupakan nama seseorang atau something. Contohnya seperti Adi, Budi, Candra, Dewi, Galih, Hasna, dan nama diri lainnya.

Istilah kekerabatan

Jenis kata sapa selanjutnya adalah istilah kekerabatan. Contohnya adalah ibuk, bapak, kakak, nenek, kakek, mbak, mas, dan adik.

Istilah kekerabatan tersebut tidak selalu merujuk kepada keluarga dengan hubungan darah. digunakan secara umum dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Gelar dan pangkat

Selanjutnya adalah kata sapaan yang didasarkan pada gelar atau pangkat seseorang. Misalnya dokter, guru, kapten, komandan, dan pelatih.

Kunci Jawaban Soal Kelas 2 SD MI Tema 7 Halaman 79, Tunjukkan Kata Sapaan yang Terdapat pada Dongeng Kiki dan Kiku!

Kata pelaku

Kata pelaku adalah jenis kata sapaan yang memilikik bentu pe + kata kerja. Contohnya adalah pembaca, penonton, dan pendengar.

Bentuk nominal

Kata sapaan bentuk nominal memiliki bentuk N (nominal) + ku. Contohnya adalah Tuhanku, sayangku, dan juga kekasihku.

Itulah kunci jawaban Tema 7 kelas 2 SD dan MI halaman 79 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah pembelajaran 3. Selamat belajar adik-adik, semoga bermanfaat.

Sumber :

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,