Kunci Jawaban Soal IPS SMP MTs Kelas 9 Halaman 194-195 Kurikulum Merdeka, Soal Esai: Infrastruktur. Soal Esai IPS SMP/MTs Kelas IX Kurikulum Merdeka halaman 194-195 ini dilengkapi dengan kunci jawaban.

Atau dapat juga siswa SMP/MTs Kelas IX menggunakan kunci jawaban IPS halaman 194-195 ini, jika sudah mengerjakan soal esai terlebih dahulu.

Mari mempelajari soal Esai tentang Infrastruktur yang ada di buku IPS SMP/MTs Kelas IX Kurikulum Merdeka halaman 194-195. Perlu diperhatikan, kunci jawaban soal esai IPS SMP/MTs Kelas IX halaman 194-195 ini dapat digunakan orang tua untuk mengoreksi jawaban anak.

Kunci Jawaban Soal IPS SMP MTs Kelas 9 Halaman 194-195 Kurikulum Merdeka, Soal Esai: Infrastruktur

Soal ini berupa pertanyaan terbuka, artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban yang tersedia.

Lebih lengkapnya, berikut soal esai dan kunci jawaban IPS SMP/MTs Kelas IX halaman 194-195 Kurikulum Merdeka:

B. Esai

1. Berbagai upaya pembangunan infrastruktur gencar dilakukan di setiap periode pemerintahan di Indonesia. Harapannya pembangunan infrastruktur tersebut dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Menurutmu, mengapa pembangunan infrastruktur dapat berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat?

2. Bagaimana ciri-ciri proses pembangunan yang dilakukan di setiap masa pemerintahan di Indonesia?
Dari ketiga orde pemerintahan tersebut, menurutmu pembangunan di orde manakah yang paling membawa dampak signifikan bagi kemajuan Indonesia? Jelaskan alasannya.

3. Perhatikan gambar berikut.

Pertumbuhan ekonomi sering digunakan sebagai tolok ukur pembangunan.

Namun, kenyataannya pertumbuhan ekonomi yang tinggi belum menjamin pemerataan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Deskripsikan pendapatmu.

4. Karakteristik negara maju dapat dilihat dari berbagai hal, yakni: tingkat kesejahteraan, kualitas sumber daya manusia, perkembangan industri dan perdagangan, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dari keempat karakteristik tersebut, karakteristik kualitas sumber daya manusia adalah yang paling berkaitan dengan peran kita sebagai pelajar di Indonesia.

Apa hal yang dapat kita lakukan sebagai pelajar untuk bisa mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia di Indonesia?

5. Proses pembangunan dalam berbagai bidang telah dilakukan oleh negara Indonesia sejak masa kemerdekaan hingga saat ini.

Menurutmu, apakah sejauh ini proses pembangunan yang sudah dilakukan tersebut dapat dikatakan berhasil? Jelaskan alasannya!

Kunci Jawaban Soal IPS SMP MTs Kelas 9 Halaman 194-195 Kurikulum Merdeka, Soal Esai: Infrastruktur

Lihat kunci jawaban:

1. Karena, pembangunan infrastruktur seperti gedung kesehatan dan pendidikan, serta jalan raya untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan masyarakat, serta mempermudah transportasi atau distribusi barang sehingga aktivitas perekonomian berjalan lancar.

2. Menurut saya, pembangunan di Orde Reformasi yang paling membawa dampak signifikan bagi kemajuan Indonesia.
Sebab, baik akhir masa Orde Lama maupun Orde Baru, kondisi masyarakat sangatlah memprihatinkan akibat krisis ekonomi yang berdampak pada inflasi.
Selain itu, pada masa-masa itu Indonesia mengalami peristiwa-peristiwa kerusuhan yang mengakibatkan banyak korban jiwa.

3. Meski pertumbuhan ekonomi tinggi, pemerataan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat belum tentu terjamin.

Sebab, ada beberapa faktor yang dapat menjadikan permukiman kumuh seperti pada gambar yaitu korupsi anggaran, ketidakbecusan pejabat dalam menjalankan tugas negara, serta faktor luar dari negara asing yang ikut campur.

4. – Belajar dengan tekun agar bisa menjadi siswa berprestasi

– Ikut serta dalam organisasi sekolah untuk mengembangkan karakteristik pribadi

– Ikut serta dalam lomba akademik maupun nonakademik untuk mengembangkan kemampuan bakat

– Meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Kunci Jawaban Soal IPS SMP MTs Kelas 9 Halaman 194-195 Kurikulum Merdeka, Soal Esai: Infrastruktur

5. Hingga 2023, Indonesia sudah mengalami perkembangan di berbagai bidang yaitu bidang ekonomi, pendidikan, transportasi, dan kenegaraan.

Karena, pemerintahan Indonesia mulai stabil sehingga bangsa Indonesia bisa fokus pada proses perkembangan dan pembangunan demi terwujudnya NKRI yang kokoh dan berkredibilitas.

Selain itu, pemerintahan Indonesia juga harus berbenah terkait kasus korupsi, penyelewangan kekuasaan, dan kasus kriminalitas yang masih saja terjadi agar tercipta negara yang bersih dan damai.

Kunci Jawaban Soal IPS SMP MTs Kelas 9 Halaman 194-195 Kurikulum Merdeka, Soal Esai: Infrastruktur

Sumber :