Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Kunci Jawaban Soal IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 92 93 Semester 2 Pembahasan Materi Uraian Bioteknologi Produk Bantuan Bakteri. Artikel ini dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan untuk soal Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kurikulum 2013 Kelas 9 SMP MTs semester 2 Edisi Revisi 2018 terbitan Kemendikbud.

Kunci jawaban dapat membantu siswa ketika dalam kondisi kesulitan menjawab pertanyaan, serta mengetahui jawaban apa yang benar. Simak kunci jawaban IPA kelas 9 SMP MTs semester 2 Halamanaman 92 dan 93 pembahasan soal uraian pelajaran tentang Bioteknologi produk tempe.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Soal IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 92 93 Semester 2 Pembahasan Materi Uraian Bioteknologi Produk Bantuan Bakteri

Para siswa untuk meminta bantuan kepada orang tua, kakak, nenek, atau kakek apabila sedang mengalami kesulitan saat mengerjakan. Sebelum membaca kunci jawaban IPA kelas 9 SMP MTs, disarankan para siswa untuk mengerjakan soal di Halamanaman 92 dan 93 terlebih dahulu.

Dengan adanya kunci jawaban, akan mempermudah orang tua atau pendamping dalam membantu pembelajaran para siswa.

Halamanaman Buku IPA kelas 9 SMP MTs semester 2 ini, membahas tentang bioteknologi cara memanfaatkan bakteri untuk kehidupan manusia.

Bertujuan untuk membantu pembelajaran para siswa kelas 9 SMP MTs yang mengalami kendala dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kunci jawaban IPA kelas 9 SMP MTs semester 2 Halamanaman 92 dan 93 beserta pembahasan soal uraian tentang Bioteknologi.

Kunci Jawaban Soal IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 92 93 Semester 2 Pembahasan Materi Uraian Bioteknologi Produk Bantuan Bakteri

1. Perhatikan data gizi bahan makanan pada tabel berikut.

Data tabel di atas merupakan komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe. Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus daripada tempe, tetapi mengapa banyak orang mengatakan mengkonsumsi tempe lebih baik daripada mengkonsumsi kedelai?

Jawaban:
Selama proses fermentasi, kedelai akan mengalami perubahan baik fisik maupun kimianya. Protein kedelai dengan adanya aktivitas proteolitik kapang akan diuraikan menjadi asam amino-asam amino, sehingga nitrogen ter larutnya akan mengalami peningkatan.
Dengan adanya peningkatan nitrogen terlarut, maka pH juga akan mengalami peningkatan. Nilai pH untuk tempe yang baik berkisar antara 6,3 sampai 6,5. Kedelai yang telah difermentasi menjadi tempe akan lebih mudah dicerna.
Selama proses fermentasi, karbohidrat dan proteinakan dipecah oleh kapang menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dicerna.

2. Salah satu teknik rekayasa genetika yang dikembangkan adalah kloning. Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik dengan induknya. Coba kamu jelaskan bagaimana proses kloning dilakukan oleh para ilmuwan!

Jawaban:
Kloning dilakukan dengan mengambil sel tubuh domba, misalnya sel kulitnya (sebut domba a). Lalu, sang ilmuwan mengambil sel telur dari domba lain (kita sebutdomba b). Sel kulit domba a diambil inti selnya saja dan sel telur domba b dihilangkan inti selnya.
Inti sel (domba a) disuntikkan ke dalam sel telur (domba b), selanjutnya sel tersebut akan berkembang layaknya embrio dan diimplantasikan atau ditanam di rahim domba lain ( domba c). Setelahnya, akan lahir domba yang mirip dan identik dengan (domba a).

Kunci Jawaban Soal IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 92 93 Semester 2 Pembahasan Materi Uraian Bioteknologi Produk Bantuan Bakteri

3. Bioteknologi berkembang dengan sangat pesat. Sebutkan lima
contoh bahan pangan yang merupakan produk hasil bioteknologi
yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:
Bahan pangan hasil bioteknologi yang sering ditemukan adalah tempe, tapai, yoghurt, keju, nata de coco, dan kecap.

4. Perkembangan bioteknologi terus meningkat, sejalan dengan peningkatan kebutuhan pangan masyarakat. Menurut kamu apa
dampak negatif penerapan bioteknologi bagi lingkungan?

Jawaban:
Dampak negatif dari penggunaan bioteknologi adalah munculnya alergi pada saat mengkonsumsi bahan makanan hasil rekayasa genetika, limbah dari proses pembuatan produk bioteknologi, dan produk minuman beralkohol menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.
Dampak tersebut berupa kebiasaan meminum minuman beralkohol sehingga menyebabkan mabuk dan merusak kesehatan.

5. Sebutkan tiga alasan mengapa perlu dikembangkan bioteknologi
hewan dan tumbuhan transgenik?

Jawaban:
Transgenik perlu dikembangkan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki kualitas yang unggul
Transgenik akan membantu menghasilkan keturanan yang kualitas terbaik dan tahan hama.
Transgenik membantu dalam perkembangan zaman di bidang peternakan dan industri untuk meningkatkan kualitas produk.

Kunci Jawaban Soal IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 92 93 Semester 2 Pembahasan Materi Uraian Bioteknologi Produk Bantuan Bakteri

Disclaimer:

1. Artikel materi ini merupakan pendamping bagi para orang tua untuk pembelajaran anaknya.

2.Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi para siswa dan orang tua untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.

3.Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Demikian kunci jawaban pelajaran IPA kelas 9 semester 2 Halamanaman 92 dan 93 uji kompetensi tentang Bioteknologi.

Sumber :

  1. https://buku.kemdikbud.go.id
  2. https://banksoal.belajar.kemdikbud.go.id
  3. https://beritadiy.pikiran-rakyat.com
  4. https://pikiran-rakyat.com
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,