Kunci Jawaban SOAL IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 45, 46, 47, 48, 49, Sebatang Magnet Dipotong Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya. Ini merupakan pembahasan yang terdapat dalam buku IPA Kelas 9 Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya. Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 45, 46, 47, 48, 49 Uji Kompetensi 6.

Istilah magnet sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kata magnet berasal dari bahasa Yunani, magnítis líthos yang berarti batu Magnesian.


Kunci Jawaban SOAL IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 45, 46, 47, 48, 49, Sebatang Magnet Dipotong Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya

Konsep Gaya Magnet

Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki). Di wilayah tersebut terkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu. Magnet terbuat dari logam seperti besi dan baja. Magnet memiliki berbagai bentuk dan dinamakan sesuai bentuknya.

Penentuan kutub magnet batang dapat dilakukan dengan percobaan sederhana. Letakkan magnet batang di atas gabus lalu apungkan di permukaan air, maka ujung magnet yang menunjuk ke arah utara adalah kutub utara magnet, dan ujung magnet yang menunjuk arah selatan adalah kutub selatan magnet.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal PAS UAS PKN Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Tahun 2022

Magnet selalu memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub-kutub yang senama bila didekatkan akan saling tolak menolak, sedangkan kutub-kutub yang berbeda nama jika didekatkan akan saling tarik-menarik.

Kutub-kutub ini selalu ada pada setiap magnet walaupun magnet tersebut dipotong menjadi potongan magnet kecil. Gaya listrik berasal dari adanya interaksi antara muatan listrik, sedangkan gaya magnet berasal dari adanya interaksi antara kutub-kutub magnet yang ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik (elektron) pada benda.

Kutub utara dan kutub selatan partikel elementer magnet pada benda tersebut tersebar secara acak, sehingga benda tidak memiliki sifat magnet.

Pada beberapa jenis logam tertentu, seperti besi dan baja, sejumlah magnet elementer magnet dapat disusun berbaris pada arah tertentu hingga benda bersifat sebagai magnet.

Download Buku IPA Kelas 9

<< KLIK DISINI >>

Kunci Jawaban SOAL IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 45, 46, 47, 48, 49, Sebatang Magnet Dipotong Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA MA SMK Halaman 210 Membandingkan Isi Teks Resensi

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 45 – 49 Uji Kompetensi 6

Kunci Jawaban Pilihan Ganda IPA Kelas 9 Halaman 45 – 47

1. B. magnet jarum

2. B. bagian a memiliki kutub utara dan selatan

3. B. paku dapat menjadi magnet

4. A. menggunakan magnet

5. D. lobster duri

6. C. besi dan aluminium

7. C. 1 dan 4

8. C. jumlah klip logam yang diangkat oleh magnet

9. A. kipas angin

10. D. kutub magnet yang dimasukkan

Kunci Jawaban SOAL IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 45, 46, 47, 48, 49, Sebatang Magnet Dipotong Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya

Kunci Jawaban Pilihan Esai IPA Kelas 9 Halaman 48, 49

1. Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah.

Jawaban :

2. Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya.

Jawaban :

Kutub selatan jarum kompas akan menunjuk pada kutub utara magnet hal ini disebabkan adanya gaya tarik-menarik magnet antara dua kutub yang berbeda seperti pada gambar.

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Halaman 283 284 285 286 Soal Pilihan Ganda dan ESSAI

3. Gambar berikut menunjukkan peristiwa yang akan terjadi pada tiga magnet ketika ketiga magnet tersebut diletakkan berdekatan pada sebuah pensil.

Jawaban :

a) Magnet X dan Y bersentuhan karena kutub yang saling berhadapan berbeda.

b) Magnet Y dan Z tetap terpisah karena kutub yang saling berhadapan sama.

4. Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.

Jawaban :

a) Caranya mengetahuinya dengan menguji ujung-ujung batang 2 ke batang  apabila salah satu ujung batang 2 menolak ujung batang 1, maka dapat dipastikan batang 2 adalah magnet, karena hanya kutub magnet yang sama jenisnya yang saling tolak-menolak.

b) Gaya tolak-menolak kutub magnet yang sejenis.

5. Jelaskan bagaimana prinsip kerja kereta maglev!

Jawaban :

Kereta maglev menerapkan prinsip gaya tolak menolak magnet serta didorong dengan menggunakan motor induksi.

Kunci Jawaban SOAL IPA Kelas 9 SMP MTS Halaman 45, 46, 47, 48, 49, Sebatang Magnet Dipotong Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya

Sumber :


Tags : , , , , , , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming