KUNCI JAWABAN SOAL IPA Kelas 8 SMP MTS Halaman 41 Nomor 5, Mekanisme Pengangkutan Air dari Akar ke Daun. Pertanyaan-pertanyaan dalam kunci jawaban IPA yang akan dijawab mengenai materi mekanisme pengangkutan air dari akar ke daun.

Sebelum menggunakan kunci jawaban untuk mengisi soal-soal yang ada, disarankan untuk mengupayakan menjawabnya sendiri lebih dulu. Simak kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 8 SMP MTS halaman 41 nomor 5 akan diulas dalam artikel ini.

Baca Yuk :

KUNCI JAWABAN SOAL IPA Kelas 8 SMP MTS Halaman 41 Nomor 5, Mekanisme Pengangkutan Air dari Akar ke Daun

Soal kunci jawaban ini terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang diterbitkan Kemdikbud.

Di sisi lain, artikel ini dapat juga dijadikan bahan panduan dan pembanding bagi orang tua dalam memeriksa tugas anaknya.

Berikut kunci jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS halaman 41 nomor 5 materi mekanisme pengangkutan air dari akar ke daun.

Jelaskan bagaimana mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun!

Air dapat diangkut naik dari akar ke bagian tumbuhan lain yang lebih tinggi dan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan karena adanya daya kapilaritas pembuluh xilem.

Daya kapilaritas pembuluh xilem dipengaruhi oleh adanya gaya kohesi dan adhesi. Kohesi merupakan kecenderungan suatu molekul untuk dapat berikatan dengan molekul lain yang sejenis.

Melalui gaya kohesi akan terjadi ikatan antara satu molekul air molekul air lainnya. Hal ini akan menyebabkan terjadinya tarik-menarik antara molekul air yang satu molekul air lainnya di sepanjang pembuluh xilem.

Air yang terdapat dalam daun akan mengalami penguapan (transpirasi). Dengan adanya kohesi, menguapnya air membuat molekul-molekul air yang berada di bagian bawah tertarik ke atas menuju daun.

Demikian kunci jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS halaman 41 nomor 5 materi mekanisme pengangkutan air dari akar ke daun. Semoga membantu!

KUNCI JAWABAN SOAL IPA Kelas 8 SMP MTS Halaman 41 Nomor 5, Mekanisme Pengangkutan Air dari Akar ke Daun

ayoindonesia.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now