Kunci Jawaban PPPK Guru PPKn SMP Tahap 2 Kisi-kisi Soal Lengkap Pembahasan dan Rincian Passing Grade 2021. Kumpulan kisi-kisi soal PPPK guru 2021 ini dilengkapi pembahasan kunci jawaban terlengkap yang dapat memudahkan pembaca dalam memahami pertanyaan. Dilansir dari kanal YouTube Situs Edukasi, berikut soal dan kunci jawaban tes seleksi guru PPPK P3K mata pelajaran PPKn.

Berikut ini kumpulan bocoran kisi-kisi soal PPPK guru PPKn SMP tahap 2 terbaru 2021. Tak hanya itu, setelah memahami soal, pembaca juga akan segera mengetahui rincian passing grade atau nilai ambang batas seleksi PPPK guru 2021 tahap 2 untuk pelajaran PPKn terbaru.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban PPPK Guru PPKn SMP Tahap 2 Kisi-kisi Soal Lengkap Pembahasan dan Rincian Passing Grade 2021

Soal Pilihan Ganda Seleksi PPPK P3K Bidang Mata Pelajaran PPKn.

1. Ibu Mawar akan mengajar mata pelajaran PPKn dan merumuskan tujuan pembelajaran:
“siswa dapat melakukan kerjasama dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari disekolah”

Pendekatan yang tepat untuk diterapkan oleh Ibu Mawar adalah ….
A. induktif
B. deduktif
C. individual
D. kelompok
E. saintifik

Jawaban: D

Pembahasan:
Sebelum menentukan model pembelajaran, guru PPKn perlu terlebih dahulu menentukan pendekatan yang akan digunakan dalam pembelajaran. Pendekatan yang tepat untuk tujuan pembelajaran “siswa dapat melakukan kerjasama dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari di sekolah”, yakni pendekatan kelompok.

2. Pak Iqbal sebagai guru PPKn merumuskan indikator pencapaian kompetensi dalam pembelajaran yang berisi “membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila”.

Untuk itu, materi ajar yang tepat untuk dikembangkan oleh Pak Iqbal adalah ….
A. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia
B. perumusan dasar negara oleh BPUPKI
C. pendapat para pendiri negara tentang Pancasila
D. perumusan dasar negara dalam sidang panitia sembilan
E. Pancasila sebagai ideology negara Indonesia

Jawaban: C

Pembahasan:
Dalam mengembangkan bahan ajar, guru PPKn harus memperhatikan kesesuaian antara materi yang dikembangkan dengan indikator pencapaian kompetensi. Materi ajar yang dikembangkan berdasarkan pada indikator pencapaian kompetensi yang dikembangkan sebelumnya. Untuk indikator “membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi
Pancasila” materi ajar yang tepat untuk dikembangkan adalah “pendapat para pendiri negara tentang Pancasila”. Materi ini dapat dikembangkan menjadi beberapa bagian yang antara lain mendeskripsikan berbagai pendapat dari para pendiri negara tentang Pancasila.

3. Seorang guru PPKn akan menerapkan model pembelajaran project citizen.

Materi pembelajaran yang sesuai yaitu ….
A. sejarah pergerakan nasional sebelum Sumpah Pemuda
B. menipisnya nasionalisme di kalangan generasi muda
C. peran generasi muda dalam mencetuskan sumpah pemuda
D. peran organisasi yang memunculkan gerakan Sumpah Pemuda
E. mengidentifikasi nilai-nilai Sumpah Pemuda

Jawaban: B

Pembahasan:
Guru PPKn dalam menentukan dan memilih model pembelajaran harus secara cermat menganalisis indikator pencapaian kompetensi dan materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran. Untuk model pembelajaran project citizen materi yang dikembangkan harus memuat permasalahan terkait kebijakan publik yang nantinya akan diselesaikan di kelas. Materi yang memuat permasalahan antara lain: “menipisnya nasionalisme di kalangan generasi muda”.

4. Pak Budi sebagai guru PPKn merumuskan indikator pencapaian kompetensi “menjelaskan proses pembentukan peraturan daerah”.

Media pembelajaran yang tepat dipilih oleh Pak Budi untuk mencapai kompetensi pembelajaran tersebut adalah ….
A. video tentang sidang pembentukan peraturan daerah
B. bagan alur proses pembentukan peraturan daerah
C. video tentang kegiatan pembentukan peraturan daerah
D. gambar tentang sidang pembentukan peraturan daerah
E. aplikasi tentang sidang pembentukan peraturan daerah

Jawaban: B

Pembahasan:
Guru PPKn di samping harus mampu mengembangkan bahan ajar, metode, dan evaluasi, juga mampu memilih dan mengembangkan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai kompetensi pembelajaran. Media yang tepat untuk indikator pencapaian kompetensi “menjelaskan proses pembentukan peraturan daerah” yaitu bagan alur proses pembentukan peraturan daerah. Melalui bagan alur tersebut, akan memudahkan peserta didik dalam pencapaian kompetensi pembelajaran.

5. Pak Iqbal akan mengajar PPKn dengan indikator pencapaian kompetensi: “mensintesiskan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”.

Model pembelajaran yang tepat adalah ….
A. simulasi
B. debat
C. diskusi
D. ceramah
E. praktik

Jawaban: C

Pembahasan:
Guru PPKn harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat agar ketercapaian kompetensi pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Pada prinsipnya tidak ada model pembelajaran yang terbaik, karena model yang dipilih sangat tergantung dari kompetensi yang akan dicapai. Untuk indikator pencapaian kompetensi “menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara”, model pembelajaran yang tepat yaitu diskusi.

Berikut nilai ambang batas seleksi PPPK Guru 2021 tahap 2 untuk setiap kategori:

Kategori 1

– Seleksi Kompetensi Teknis: Terlampir

– Seleksi Kompetensi manajerial dan Sosiokultural: 130

– Wawancara: 24

Kategori 2

– Seleksi Kompetensi Teknis: –

– Seleksi Kompetensi manajerial dan Sosiokultural: 110

– Wawancara: 20

Kategori 3

– Seleksi Kompetensi Teknis: Terlampir

– Seleksi Kompetensi manajerial dan Sosiokultural: 130

– Wawancara: 24

Berikut daftar rincian passing grade kompetensi teknis pengadaan PPPK Guru 2021 tahap 2 PPKn, bentuk satuan pendidikan SMP terbaru.

– Nilai ambang batas kategori 1: 330

– Nilai ambang batas kategori 2: –

– Nilai ambang batas kategori 3: 280

Demikian, itulah soal dan kunci jawaban soal tes seleksi guru PPPK P3K uji kompetensi teknis dalam bidang mata pelajaran PPKn.

Semoga dengan adanya kumpulan soal ini dapat membantu teman-temen agar mendapatkan nilai terbaik sehingga lulus tes seleksi guru PPPK P3K tahap 2 tahun 2021.

Disclaimer: Soal dan kunci jawaban berada di bawah bimbingan guru berkompeten dan ahli di bidangnya Lulusan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Nani Supartini S.Pd. Kunci jawaban belum tentu 100 persen benar.

Kunci Jawaban PPPK Guru PPKn SMP Tahap 2 Kisi-kisi Soal Lengkap Pembahasan dan Rincian Passing Grade 2021

pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now