Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 SMP MTs Halaman 8 Kurikulum Merdeka, Arti Kata Surat An Nahl Ayat 64. Materi ini bisa adik-adik temukan pada buku PAI atau Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 7 SMP MTs halaman 8 Kurikulum Merdeka. Setelah itu, cocokan jawaban yang sudah adik-adik tulis dengan kunci jawaban dari bawah ini.

Pembahasan kali ini yaitu tentang Arti Kata pada surat An Nahl ayat 64 yang harus diketahui. Namun sebelum membaca jawaban berikut, alangkah lebih baiknya jika adik-adik mencoba terlebih dahulu mengerjakan sendiri. Dilansir dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 7 SMP MTs pada Minggu, 24 Juli 2022 inilah pengertian dan ciri-ciri hukum bacaan Alif lam syamsiyah dan Alif lam qomariyah.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 SMP MTs Halaman 8 Kurikulum Merdeka, Arti Kata Surat An Nahl Ayat 64

Surat An Nahl ayat 64

Al Quran secara bahasa berarti bacaan, yang diambil dari kata qara’a berarti membaca. Al Quran menjadi bacaan wajib orang beriman yang hendaknya dibaca, dipahami, dan diamalkan, karena ia adalah wahyu dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW.

Pada materi pendidikan agama islam kelas 7 SMP MTs kali ini , adik-adik akan mempelajari ayat Al Quran Surat An-Nahl ayat 64.

An-Nahl merupakan surat ke-16 dalam urutan Al-Quran yang berarti lebah

وَمَآ أَنزَلْنَا عَلَيْكَ ٱلْكِتَٰبَ
إِلَّا لِتُبَيِّنَ لَهُمُ ٱلَّذِى ٱخْتَلَفُوا۟ فِيهِ ۙ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Arab-Latin: Wa mā anzalnā ‘alaikal-kitāba illā litubayyina lahumullażikhtalafụ fīhi wa hudaw wa raḥmatal liqaumiy yu`minụn

Artinya: Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al Quran) ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 SMP MTs Halaman 8 Kurikulum Merdeka, Arti Kata Surat An Nahl Ayat 64

Pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 7 SMP MTs, adik-adik diminta untuk bisa mencari arti kata dalam surat An Nahl ayat 64 per kata. Untuk memudahkan maka gunakan tabel untuk menuliskannya.

Arti Kata Surat An Nahl Ayat 64
Arti Kata Surat An Nahl Ayat 64 Buku.Kemdikbud.go.id

 

عَلَيْكَ : (kepadamu (Muhammad

ٱلْكِتَٰبَ : Kitab (Al Quran) ini

إِلَّا لِتُبَيِّنَ : Melainkan agar engkau dapat menjelaskan

لَهُمُ : kepada mereka

وَهُدًى : serta menjadi petunjuk

وَرَحْمَةً : dan Rahmat

لِّقَوْمٍ ; bagi orang-orang

يُؤْمِنُونَ : yang beriman

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 SMP MTs Halaman 8 Kurikulum Merdeka, Arti Kata Surat An Nahl Ayat 64

Tafsir
Kami mengutus para rasul untuk menjelaskan hukum-hukum Allah kepada kaum masing-masing, memberi mereka ketenangan batin, dan menyelesaikan perselisihan di antara mereka. Dan Kami tidak menurunkan Kitab Al-Qur’an ini kepadamu, wahai Nabi Muhammad, melainkan agar engkau dapat menjelaskan kepada mereka (umatmu) apa yang mereka perselisihkan dalam hal agama, sehingga mereka dapat membedakan perkara yang benar dan yang salah. Kami menurunkan Al-Qur’an dengan tujuan tersebut serta menjadi petunjuk dan penuntun bagi manusia menuju jalan yang benar, dan menjadi rahmat bagi orang-orang yang sudah dan hendak beriman.
Dalam ayat ini Allah swt menjelaskan fungsi Al-Qur’an, yaitu sebagai dasar dan pedoman yang dapat membuka pikiran mereka untuk dapat menilai kebenaran bimbingan wahyu. Allah swt menjelaskan bahwa Dia menurunkan kitab kepada Nabi Muhammad saw untuk dijadikan bimbingan bagi para umatnya. Juga agar Nabi saw dapat menjelaskan persoalan-persoalan yang mereka ragukan atau tidak percayai, sehingga mereka dapat melihat mana yang hak dan mana yang batil, mana yang benar dan mana yang salah.

Di samping itu, Al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk yang dapat membimbing umatnya kepada kebenaran sehingga terhindar dari kesesatan. Al-Qur’an juga berfungsi sebagai rahmat Allah terbesar kepada hamba yang mau beriman. Dengan berpedoman kepada Al-Qur’an, mereka akan terbimbing dalam hidup di dunia dan akan berbahagia di dunia dan di akhirat.

(sumber: kemenag.go.id)

Demikian itulah pembahasan mengenai arti kata surat An Nahl Ayat 64. Semoga bermanfaat.***

Disclaimer:

1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.

2. Jadikan artikel ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya

3. Artikel ini tidak mutlak kebenarannya.

Sumber :

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,