Greeone

Kunci Jawaban Latihan Kelas 5 SD Soal Matematika ANBK AKM Numerasi Bentuk Essay Disertai Pembahasannya. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagian Numerasi ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji kemampuan bernalar kemampuan matematika.

Halo adik-adik, salam semangat! Berikut latihan soal ANBK AKM Numerasi beserta pembahasannya untuk kelas 5 SD. Bentuk-bentuk soal AKM berupa pilihan ganda, menjodohkan, esai atau uraian, pilihan ganda kompleks, dan isian atau jawaban singkat.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Latihan Kelas 5 SD Soal Matematika ANBK AKM Numerasi Bentuk Essay Disertai Pembahasannya

Kali ini akan dibahas soal AKM numerasi matematika terkait operasi bilangan sederhana (perkalian/pembagian maupun penjumlahan/pengurangan) tipe uraian.

Soal uraian atau essay adalah soal yang menuntut peserta didik untuk mengingat dan mengemukakan atau mengekspresikan gagasan- gagasan dalam bentuk uraian tertulis.

1) Perhatikan keterangan pada gambar lift di bawah ini!

 

Kunci jawaban soal AKM kelas 5 dan pembahasannya.
Kunci jawaban soal AKM kelas 5 dan pembahasannya. Tangkapan layar kanal Youtube High Instict

Lift sudah berisi 5 orang dengan jumlah berat badan 380 kg. di luar lift, Andi, Rosa, dan Joni akan masuk ke dalam lift yang sama.

Apabila Andi masuk lift dengan membawa barang seberat 6 Kg dan bergabung dengan kelima orang yang di dalam lift, berapa Kg kapasitas lift yang tersisa?

Pembahasan:

Diketahui: kapasitas maksimal lift: 550 Kg

Jumlah berat badan 5 orang dalam lift: 380 Kg

Berat badan Andi: 95 Kg

Berat barang yang dibawa Andi: 6 Kg

Ditanya: sisa kapasitas lift?

Jawab: Jumlah berat kapasitas dalam lift = 380 + 95 + 6 = 481 Kg

Sisa kapasitas: 550 – 481 = 69 Kg

2) Perhatikan gambar berikut!

 

Kunci jawaban soal AKM kelas 5 dan pembahasannya.
Kunci jawaban soal AKM kelas 5 dan pembahasannya. Tangkapan layar kanal Youtube High Instict

 

Gambar di atas menunjukkan permen jelly tusuk dengan isi yang berbeda. Setiap tusuk terdapat beberapa buah permen jeli dengan warna yang sama. Satu tusuk isi 3 permen harganya Rp2.000,00 dan satu tusuk isi 5 permen harganya Rp3.000,00.

Surti mempunyai uang sebesar Rp20.000,00. Ia ingin menggunakan uang tersebut sebanyak-banyaknya untuk membeli permen dan membagikan kepada 6 orang temannya sama banyak. Permen apa yang harus dibeli Surti? Berikan alasannya!

Jawaban:

Versi 1: Surti dapat memberikan permen jeli yang satu tusuknya isi 5 permen kepada 6 orang temannya. Masing-masing temannya akan menerima satu tusuk dan uang surti akan bersisa 2.000 Rupiah saja karena uang 20.000 Rupiahnya sudah dibelanjakan 18.000 Rupiah untuk membeli 6 tusuk permen jeli isi 5.
Versi 2: Surti dapat membeli 3 tusuk permen isi 5 dan 5 tusuk permen isi 3. Total permen yang didapat 30 buah permen. Masing-masing temannya akan mendapat 30/6 = 5 buah permen. Uang Surti akan bersisa 1000 rupiah saja karena sudah dibelanjakan 19.000 rupiah.

Kunci Jawaban Latihan Kelas 5 SD Soal Matematika ANBK AKM Numerasi Bentuk Essay Disertai Pembahasannya

Demikian latihan soal AKM Numerasi bentuk uraian beserta dengan pembahasannya untuk kelas 5 SD. Semoga dapat bermanfaat.

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,

Streaming Now