KUNCI JAWABAN Kelas 6 Tema 6 Halaman 21 25 26 27 Subtema 1 Pembelajaran 4 Masyarakat Peduli Lingkungan. Materi soal yang dibahas dikutip dari Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Selengkapnya soal juga terdapat pada subtema 1 Pembelajaran 4 dalam Tema 6 kelas 6 SD tentang Masyarakat Peduli Lingkungan.

Simak berikut ini pembahasan kunci jawaban Tema 6 kelas 6 SD / MI berjudul Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, dan 28 Subtema 1 Pembelajaran 4 tentang Masyarakat Peduli Lingkungan.

Baca Yuk :

KUNCI JAWABAN Kelas 6 Tema 6 Halaman 21 25 26 27 Subtema 1 Pembelajaran 4 Masyarakat Peduli Lingkungan

Pada buku tematik Tema 6 Kelas 6 SD terdapat 3 subtema diantaranya adalah Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan, Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera, dan Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat.

Kunci jawaban Tema 6 kelas 6 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 SD Subtema 1 pembelajaran 4 tentang Masyarakat Peduli Lingkungan halaman 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, dan 28 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber: 

(Update Informasi Kunci Jawaban)

>>> Halaman 21

Siti dan teman-teman sedang berkegiatan di sekolah. Mereka menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Apa kegiatan yang sedang mereka lakukan?

Ayo Mengamati

Apa yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman-teman? Bagaimana caramu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah? Tuliskan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kolom berikut.

Jawaban:

Siti, Edo, dan Dayu sedang menamam pohon.

Kepedulian terhadap lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan, menamam tumbuhan, merawat tumbuhan yang ada di sekolah.

KUNCI JAWABAN Kelas 6 Tema 6 Halaman 21 25 26 27 Subtema 1 Pembelajaran 4 Masyarakat Peduli Lingkungan

>>> Halaman 22 – 23

Setiap manusia hendaknya peduli dengan lingkungan. Peduli lingkungan dapat dilakukan di mana saja. Baik di lingkungan rumah, lingkungan sekitar rumah, maupun di lingkungan sekolah. Ingatkah kamu tentang lagu Aku Cinta Lingkungan?

Lagu Aku Cinta Lingkungan menceritakan kepedulian terhadap lingkungan rumah. Apakah kamu sudah bisa menyanyikan lagiu tersebut sesuai intervalnya? Perhatikan penggalan lagu Aku Cinta Lingkungan berikut.

Lagu aku cinta lingkungan.
Lagu aku cinta lingkungan. (Buku Tematik terpadu kurikulum 2013)

>>> Halaman 24

Ayo membaca

Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan

Masa remaja adalah masa penyesuaian dari masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk pada usia 10 hingga 12 tahun. Masa remaja berakhir kira-kira pada usia 18 hingga 22 tahun.

Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian remaja pada lingkungan?

Salah satu langkah yang bisa ditempuh supaya para remaja peduli lingkungan adalah dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Sebagai contoh, melalui kegiatan pencinta alam. Kegiatan pencinta alam dapat meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan remaja terhadap lingkungan alam tercermin pada sikap peduli terhadap lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan di antaranya seperti berikut.

1. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
2. Pengadaan tempat pembuangan sampah secara bersama-sama.
3. Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.
4. Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari.

Dengan demikian, generasi muda kita dapat menjadi generasi muda yang cinta alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang berwawasan lingkungan.

Dengan adanya kesadaran para remaja akan pentingnya penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan di Indonesia terlihat hijau.

Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat banyak pohon dan asri. Udara di sekitar lingkungan pun menjadi sejuk. Kesadaran remaja akan lingkungan biasanya diawali dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.

Kepedulian remaja terhadap lingkungan sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Coba perhatikan mengenai kondisi bumi saat ini. Terjadinya pemanasan global (global warming) dapat berdampak terhadap

KUNCI JAWABAN Kelas 6 Tema 6 Halaman 21 25 26 27 Subtema 1 Pembelajaran 4 Masyarakat Peduli Lingkungan

>>> Halaman 25

Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas? Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini.

Tuliskan juga informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Jawaban:

Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan.

Kata kunci yang ditemukan yaitu:

– Remaja peduli lingkungan

Kegiatan pecinta alam menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan. Beberapa kegiatan pecinta alam di antaranya adalah melakukan reboisasi, menciptakan tempat sampah, menanam pohon di halaman rumah, dan menghemat air.

– Dampak peduli lingkungan

Hutan dan pinggiran jalan akan terlihat hijau dan asri penuh pepohonan, udara di lingkungan sekitar menjadi sejuk, dan mengurangi dampak pemanasan global.

>>> Halaman 26

Tangkap layar halaman 26 Buku tematik kelas 6 tema 6
Tangkap layar halaman 26 Buku tematik kelas 6 tema 6 (Buku tematik kelas 6 tema 6)

– Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja?

Jawaban:

Gambar ke-4 dan dan ke-5 dari kiri.

– Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban:

– Badan bertambah tinggi dan besar.

– Otot dada dan bahu melebar.

– Tumbuh jakun dan suara menjadi berat.

– Tumbuh kumis, jambang, janggut, rambut ketika dan disekitar kelamin.

– Terkadang juga tumbuh rambut di dada.

– Mulai berjerawat.

– Mengalami mimpi basah.

KUNCI JAWABAN Kelas 6 Tema 6 Halaman 21 25 26 27 Subtema 1 Pembelajaran 4 Masyarakat Peduli Lingkungan

>>> Halaman 27

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan mengenai ciri-ciri pubertas pada anak perempuan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Jawaban:

Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan

– Badan bertambah tinggi dan besar.

– Pinggung melebar.

– Payudara mulai membesar.

– Tumbuh rambut pada ketiak dan sekitar kelamin.

– Mulai berjerawat.

– Mulai menstruasi.

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari hari ini?

Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik?

Bagian mana yang belum kamu pahami?

Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?

Nilai-nilai apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

Manfaat apa yang kamu peroleh?

Tuliskan pada kolom berikut.

KUNCI JAWABAN Kelas 6 Tema 6 Halaman 21 25 26 27 Subtema 1 Pembelajaran 4 Masyarakat Peduli Lingkungan

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,

Streaming Now