Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 5 Halaman 186, Apa yang Kamu Ketahui Tentang Sifat-sifat Magnet dan Medan Magnet?. Pertanyaan Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat magnet dan medan magnet? Jelaskan, akan dibahas dalam kunci jawaban kelas 6 SD tema 5 di halaman 185.

Magnet adalah material bahan yang memiliki sifat khusus untuk menghasilkan gaya tarik maupun gaya tolak jika dipertemukan dengan bahan atau material khusus lainnya.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 5 Halaman 186, Apa yang Kamu Ketahui Tentang Sifat-sifat Magnet dan Medan Magnet?

Adik-adik yang duduk di kelas 6 SD mendapatkan soal pertanyaan Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat magnet dan medan magnet? Jelaskan, dalam artikel ini akan dibahas mengenai jawaban dari pertanyaan tersebut.

Adik-adik untuk menjawab pertanyaan Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat magnet dan medan magnet? Jelaskan, maka adik-adik harus mengingat kembali tentang medan magnet.

Artikel berikuti ini menyajikan kunci jawaban beserta penjelasan tentang pertanyaan Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat magnet dan medan magnet? Jelaskan, dibahas dalam kunci jawaban Kelas 6 SD Tema 5 Halaman 186.

Jawaban:

1. Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat magnet dan medan magnet? Jelaskan.

a. Dapat menarik benda tertentu

Magnet bersifat menarik benda yang memiliki sifat khusus di sekitarnya. Tidak semua bahan bisa ditarik oleh magnet. Magnet bisa menarik logam namun tidak dapat menarik kertas.

b. Memiliki 2 kutub

Magnet selalu memiliki 2 kutub di ujung magnetnya yaitu kutub positif dan kutub negatif. Untuk mengetahui mana kutub utara dan selatannya maka magnet akan selalu menghadap ke arah bumi bagian utara dan kutub selatan magnet akan selalu menghadap arah bumi bagian selatan.

c. Kutub yang berbeda akan saling tarik menarik dan kutub yang sama akan tolak menolak.

Jika mempertemukan 2 kutub berbeda dari dua magnet maka kedua magnet itu akan melakukan gaya tarik menarik.

Sebaliknya jika mempertemukan 2 kutub yang sama maka kedua magnet itu akan melakukan gaya tolak menolak.

d. Gaya magnet dapat menembus penghalang.

Magnet memiliki kekuatan gaya tarik hingga dapat menembus penghalang misalkan dipisahkan oleh kaca atau kertas, logam tetap dapat ditarik oleh magnet.

Namun penghalang untuk gaya magnet ini hanya untuk yang tidak terlalu tebal, ini membuktikan bahwa magnet memiliki gaya magnet.

e. Memiliki medan magnet.

Oleh karena magnet menghasilkan gaya tolak menolak ataupun gaya tarik menarik maka magnet juga mempunyai medan magnet yang dapat menghasilkan kekuatan gaya magnet terebut.

2. Sebutkan masing-masing 5 contoh benda magnetis dan benda nonmagnetis yang ada di sekitarmu?

Contoh benda magnetis antara lain baja, nikel, tembaga, kobalt, aluminium, dan platina. Ada pula benda yang menolak magnet juga masuk dalam benda magnetis seperti seng dan bismuth.

Contoh benda nonmagnetis benda yang terbuat dari bahan bukan logam seperti karet, plastik, dan kayu.

3. Sebutkan 3 cara membuat magnet!

Berikut ini adalah cara membuat magnet:

1. Dengan menggosok yaitu menggosok benda magnetis dengan magnet. Gosok kutub magnet pada besi atau baja secara searah dan terus menerus maka besi tersebut akan memiliki sifat kemagnetan walaupun bersifat sementara.

2. Dengan induksi yaitu didekatkan magnet tanpa menyentuh

Membuat magnet dengan induksi yaitu dengan menempelkan benda ke magnet hingga benda tersebut menjadi magnet, sifatnya sementara.

3. Dengan arus listrik

Membuat magnet dengan mengalirkan arus listrik ke benda magnetis, maka benda ini akan membentuk medan magnet. Sifat magnet ini juga sementara, jika arus listrik diputus maka kemagnetannya akan hilang.

Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 5 Halaman 186, Apa yang Kamu Ketahui Tentang Sifat-sifat Magnet dan Medan Magnet?

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban dan bukan hanya hasil akhirnya.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now