Greeone

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 5 Halaman 13, Pikiran Utama dan Informasi Penting Jenis-jenis Ekosistem. Penjelasan kunci jawaban ini bersifat alternatif, sebaiknya adik-adik kelas 5 SD mengisi terlebih dahulu pertanyaan mengenai pikiran utama dan informasi penting yang ada pa buku Tema 5 halaman 4. Intip penjelasan kunci jawaban kelas 5 SD yang ada pada halaman 13 buku Tema 3 kurikulum 2013 edisi revisi.

Setelah itu, adik-adik kelas 5 SD dapat mencocokan jawaban adik-adik dengan kunci jawaban alternatif yang telah Utara Time rangkum mengenai materi pikiran utama dan informasi penting tentang jenis-jenis ekosistem yang ada pada buku Tema 5 halaman 4.

Baca Yuk :

Berikut ini rangkuman penjelasan kunci jawaban alternatif buku Tema 5 kelas 5 SD halaman 4 yang membahas mengenai pikiran utama dan informasi penting jenis-jenis ekosistem:

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 5 Halaman 13, Pikiran Utama dan Informasi Penting Jenis-jenis Ekosistem

Pembelajaran 2 menentukan pikiran utama dan informasi penting pada teks bacaan jenis-jenis ekosistem halaman 13

Paragraf 1

Pikiran utama: ekosistem yang ada di dunia dibagi menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan.

Informasi penting: Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan ekosistem darat. Ekosistem air terdiri atas ekosistem air tawar dan ekosistem air asin.

Ekosistem darat terdiri atas ekosistem hutan, padang rumput, padang pasir, tundra, dan taiga. Ekosistem buatan merupakan ekosistem yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sawah dan bendungan merupakan dua contoh ekosistem buatan.

Paragraf 2

Pikiran utama: Contoh ekosistem air tawar yang banyak mendapatkan cukup sinar matahari, danau, kolam dan sungai

Informasi penting: tumbuhan yang hidup dalam ekosistem air tawar adalah ganggang. Sedangkan ekosistem air asin dapat ditinggali jenis ikan, karang, koral, serta tumbuhan alga.

Paragraf 3

Pikiran utama: pengertian ekosistem darat dan contohnya seperti hutan hujan tropis, sabana, padang rumput, gurun, taiga, dan tundra

Informasi penting: Ekosistem darat ini dibedakan oleh tingkat curah hujan dan iklimnya. Perbedaan tersebut menyebabkan jenis tumbuhan dan hewan yang ada di dalamnya juga berbeda.

Paragraf 4

Pikiran utama: Ekosistem padang rumput memiliki curah hujan yang lebih rendah dibandingkan dengan ekosistem sabana

Informasi penting: Tumbuhan khas ekosistem adalah rumput. Hewan yang hidup pada ekosistem ini contohnya bison, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kanguru, dan ular.

Gurun merupakan ekosistem yang paling gersang karena curah hujan yang sangat rendah. Tumbuhan jenis kaktus yang memiliki duri untuk mengurangi penguapan banyak tumbuh di sini.

Hewan-hewan yang bisa hidup pada ekosistem ini antara lain semut, ular, kadal, kalajengking, dan beberapa hewan malam lainnya.

Paragraf 5

Pikiran utama: Suhu pada ekosistem taiga sangat rendah pada musim dingin

Informasi penting: Taiga biasanya merupakan hutan yang tersusun atas satu jenis tumbuhan seperti cemara, pinus, dan sejenisnya. Hewan seperti beruang hitam dan ajag, biasanya hidup di ekosistem ini.

Itulah beberapa kunci jawaban Tema 5 kelas 5 SD halaman 13 yang dapat adik-adik diskusikan dengan teman kelas ataupun dengan orang tua.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 5 Halaman 13, Pikiran Utama dan Informasi Penting Jenis-jenis Ekosistem

Sumber : pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now