Greeone

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 22, 23, 24 Subtema 1 Hubungan Timbal Balik Manusia, Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? Pemerintah kota Banjarbaru masih memberlakukan sekolah online atau Jarak Jauh.

Sebagai bahan pendampingan, berikut kunci jawaban tema 3 Kelas 5 SD halaman 22 23 24 Subtema 1 Pembelajaran 3 tentang Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

Baca Yuk :



Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 22, 23, 24 Subtema 1 Hubungan Timbal Balik Manusia, Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

PPKM sudah mulai turun. Namun sejumlah sekolah khususnya di Banjarbaru masih belum memberlakukan tatap muka. Kunci jawaban ini bisa digunakan orangtua untuk mengoreksi jawaban anak.

Orangtua diharapkan tetap mendampingi siswa dalam pembelajaran sekolah daring. Namun itu yang perlu dipahami adalah beberapa soal adalah pertanyaan terbuka.

Artinya, siswa bisa mempunyai jawaban berbeda dengan yang ada di kunci jawaban ini.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 5 SD / MI Subtema 1 pembelajaran 3 halaman 22 23 24 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

Makanan sehat tidak selalu harus mahal. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh kita.

Ayo Membaca

Bacalah teks tentang makanan pokok berikut!

Makanan merupakan bahan baku utama bagi manusia untuk memproduksi energi dan memenuhi segala nutrisi yang diperlukan tubuh. Ibarat bensin yang sangat vital peranannya bagi kendaraan bermotor, makanan sangat berperan bagi tubuh manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidup. Namun, tidak semua jenis makanan yang dikonsumsi dapat memberikan asupan gizi yang baik dan sehat. Makanan yang sehat ialah makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperoleh energi. Bacaan di atas sangat menarik, bukan?

Dalam pemenuhan makanan, manusia tidak dapat bekerja sendiri. Contohnya, dalam budidaya padi, manusia melakukan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan hidup. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Menu Makanan Gado-gado Ayomi Surabaya
Menu Makanan Gado-gado Ayomi Surabaya (Istimewa)

Proses apa saja yang terjadi? Siapa saja yang terlibat dalam proses tersebut? Apakah dalam proses tersebut manusia berinteraksi dengan lingkungannya? Bagaimana dengan lingkungan sosialnya?

Interaksi sosial amat dibutuhkan untuk kehidupan bersama sebab individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya. Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam.

Halaman 23

Ayo Berlatih

– Jelaskan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan alam yang terdapat pada lahan pertanian padi.

Jawaban: Interaksi sosial yang terjadi pada lahan pertanian padi terjadi antara pemilik lahan dengan para pekerja yang mengolah tanah dan menanam padi, sedangkan interaksi dengan lingkungan terjadi antara manusia dan tanah (lahan sawah).

– Amatilah lingkungan sekelilingmu. Sebutkan interaksi manusia dengan alam yang dapat kamu temukan di sana. Apakah yang tengah dilakukan oleh manusia? Apa pengaruh dari kegiatan manusia terhadap lingkungan alam?

Jawaban: Salah satu kegiatan interaksi manuia dengan alam kegiatan penebangan hutan. Jika penebangan hutan dilakukan dengan sembarangan tentu saja lingkungan alam akan menjadi rusak dan menimbulkan kerugian bagi manusia.

Ayo Berdiskusi

Ternyata menarik untuk dicermati bahwa terdapat hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara manusia dengan lingkungan hidupnya. Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, bisa berupa lingkungan rumah atau sekolah. Isilah tabel berikut ini. Tentukan jenis interaksi yang terjadi dengan menjelaskan alasannya. Tuliskan hasilnya pada tabel seperti berikut ini

Pelajar mengerjakan tugas sekolah atau belajar daring, diawasi petugas, di Bukit Pemujaan, Desa Batu Ampar, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (2/9/2021). Hanya di area ini mereka mendapat sinyal telepon dan jaringan internet.
Pelajar mengerjakan tugas sekolah atau belajar daring, diawasi petugas, di Bukit Pemujaan, Desa Batu Ampar, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (2/9/2021). Hanya di area ini mereka mendapat sinyal telepon dan jaringan internet. (BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE)

Ketika kamu mengamati interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, identifikasi pihak yang berinteraksi dengan memperhatikan hal-hal berikut.

1. Apakah pihak yang berinteraksi memiliki perbedaan?

2. Berapa usia manusia yang berinteraksi tersebut?

3. Apakah jenis kelamin mereka?

4. Apakah pekerjaan mereka?

5. Berasal dari latar belakang budaya apakah mereka?

6. Apakah agama yang mereka anut?




Ayo Berkreasi

Indonesia memang dikenal memiliki tingkat keragaman budaya, adat istiadat, dan agama yang tinggi. Berdasarkan hasil pengamatanmu tersebut buatlah sebuah komik sederhana yang mengetengahkan tentang interaksi yang dilakukan manusia. Pastikan tulisanmu menggunakan bahasa Indonesia yang santun dan ejaan yang tepat. Warnailah komikmu dengan rapi dan semenarik mungkin.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 SD Halaman 22 23 24 Subtema 1 Hubungan Timbal Balik Manusia
*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 22, 23, 24 Subtema 1 Hubungan Timbal Balik Manusia, Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

Sumber : https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/09/14/kunci-jawaban-tema-3-kelas-5-sd-halaman-22-24-subtema-1-hubungan-timbal-balik-manusia?page=all.

Baca Yuk :

Streaming Now