Greeone

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 115 116, Sebutkan Teknik-teknik dalam Pembuatan Batik. Pada Tema 3 ini siswa akan belajar Subtema 3 Pembelajaran 6 dengan judul Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat.

Pada masing-masing materi tersebut disajikan pertanyaan dan soal yang harus dijawab siswa. Kunci jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Tema 3 tentang makanan sehat di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Baca Yuk :

Materi yang dijabarkan yaitu menguraikan teknik membuat batik dan mengidentifikasikan langkah-langkah membuat karya seni rupa daerah dan mempresentasikannya.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 115 116, Sebutkan Teknik-teknik dalam Pembuatan Batik

Berikut Kunci Jawaban Tema 3 kelas 5 SD/MI Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 115 116 :

Ayo Menulis (Halaman 115 – 116)

Sebutkan teknik-teknik dalam pembuatan batik

Jawaban:

Teknik Pembuatan Batik Tulis

Teknik pembuatan batik ini masih menggunakan alat canting tradisional yang diisi dengan lilin panas sebelum kemudian digoreskan di atas kain membentuk ragam pola batik yang indah. Setelah semua pola yang diinginkan telah tertutupi lilin, barulah kain kemudian diwarnai dan lilin di-”lorot” atau dilepaskan dari kain dan terbentuklah gambar motif batik yang indah.

Teknik Pembuatan Batik Cap

Proses pembuatan batik ini seperti menggunakan stempel sehingga proses pengerjaan batik menjadi jauh lebih cepat. Tak hanya menggunakan cap secara menyeluruh, tak sedikit juga pembatik yang menggabungkan teknik pembuatan batik tulis dan juga batik cap dimana pola atau gambar utama dibentuk menggunakan cap, dan ornamen dekoratif pelengkap baru ditambahkan dengan teknik canting yang masih tradisional.

Teknik Pembuatan Batik Colet

Teknik batik colet atau kerap dikenal juga dengan istilah batik lukis. Ciri khas dari teknik pembuatan batik ini ialah proses pewarnaan dimana setelah lilin diaplikasikan di atas permukaan kain, kemudian kain diwarnai dengan kuas sesuai dengan warna-warna yang diinginkan pada pola batik.

Teknik Pembuatan Batik Printing

Teknik pembuatan batik yang lebih modern adalah batik printing dimana proses pembuatan batik semuanya telah dilakukan oleh mesin. Kain batik yang dihasilkan dengan teknik printing ini bisa memiliki motif lebih detail dan juga rapi namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan batik-batik yang dibuat dengan teknik serta metode pembuatan yang lebih tradisional.

Teknik Pembuatan Batik Celup Ikat

Teknik pembuatan batik dengan warna yang mengikat juga disebut teknik celup ikat, banyak dipakai untuk praktek pada kegiatan kesenian sekolah. Pembuatan pola atau motif pada kain dibuat dengan cara mengikat sebagian kain lalu mencelupkan ke dalam cairan pewarna. Dalam proses pewarnaan terkadang kain dicelupkan pada beberapa warna untuk menghasilkan warna campuran yang berpola.

Sebutkan macam-macam motif batik Nusantara

Jawaban:

– Motif kawung

– Motif tiga negeri

– Motif jombang

– Motif mega mendung

– Motif sulur anggrek

– Motif beasan

– Motif lasem

– Motif sekar jagad

– Motif Palembang

– Motif papua

Apakah manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa?

Jawaban:

– Menumbuhkan sikap nasionalisme

– Identitas bangsa di mata internasional

– Alat pemersatu bangsa

– Sebagai ikon pariwisata

– Menambah Pendapatan Nasional

– Memupuk sikap toleransi

– Sumber pengetahuan bagi dunia.

Ayo Renungkan

Tuliskan hal-hal besar yang kamu pelajari hari ini. Buatlah dalam bentuk ringkasan.

Jawaban:

Ketika menampilkannya iklan di depan kelas harus memperhatikan hal berikut:

1) Menggunakan suara yang keras dan lantang.

2) Menggunakan artikulasi yang jelas dan tidak menggumam.

3) Menggunakan kontak mata dengan penonton.

4) Tidak menghalangi pandangan mata penonton.

5) Tampil penuh percaya diri.

6) Menggunakan perlengkapan pendukung iklan.

7) Menjadikan sketsa gambar sesuai naskah sebagai pedoman berakting.

8) Hapal dengan naskah yang akan dibawakan.

Dalam sebuah kelompok, kita berhadapan dengan keanekaragaman. Perbedaan pendapat pasti terjadi, tetapi bekerja sama dalam keberagaman mengajarkan kita untuk bertoleransi.

Motif Mega mendung dapat diartikan dengan ‘awan mendung’ yang bermakna setiap orang harus mampu menahan amarahnya dalam keadaan terpuruk atau sedih dan bisa mengontrol emosinya di segala kondisi. Maknanya cukup dalam, kita harus mampu menahan emosi saat kondisi tidak baik, seperti awan mendung di langit.

Beberapa teknik dalam pembuatan batik antara lain: Batik Tulis, Batik Cap, Teknik Batik Colet, Batik Printing, dan Teknik Celup Ikat. Beberapa motif batik Nusantara antara lain: Motif kawung, Motif tiga negeri, Motif jombang. Motif mega mendung, Motif sulur anggrek, Motif beasan, Motif lasem, Motif sekar jagad, Motif Palembang, dan Motif papua.

Manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa antara lain:

1) Menumbuhkan sikap nasionalisme

2) Identitas bangsa di mata internasional

3) Alat pemersatu bangsa

4) Sebagai ikon pariwisata

5) Menambah Pendapatan Nasional

6) Memupuk sikap toleransi

7) Sumber pengetahuan bagi dunia.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 115 116, Sebutkan Teknik-teknik dalam Pembuatan Batik

*) Disclaimer : Pembahasan dan kunci jawaban dalam artikel ini hanya merupakan panduan bagi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , ,

Streaming Now