Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 6 Subtema 2 Pelajaran 3 Halaman 97, Festival Mane’e Tradisi Nelayan. Sebelumnya pada Tema 6 yaitu panas dan perpindahannya yang terdapat Subtema 2 membahas materi perpindahan kalor di sekitar kita. Salam semangat adik-adik, apa kabar? Masih semangatkah untuk belajar hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang Tema 6 Subtema 2 Pelajaran 3 Kelas 5 SD MI.

Selanjutnya, kita akan membahas sama-sama soal dan kunci jawaban Tema 6 Subtema 2 Pelajaran 3 halaman 97 agar adik-adik dapat mengulang kembali materi sebelumnya, sebagaimana dilansir dari buku Tema 6 Kelas 5 SD/Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 6 Subtema 2 Pelajaran 3 Halaman 97, Festival Mane’e Tradisi Nelayan

Kunci Jawaban Tema 6 Subtema 2 Pelajaran 3 Kelas 5 SD MI Halaman 97, Festival Mane’e Tradisi Nelayan di Pantai Malo

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!

1. Apakah tujuan dilaksanakannya Festival Mane’e tersebut?

Jawaban: Tujuan festival Mane’e adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar para nelayan mendapatkan tangkapan yang banyak serta perlindungan agar terhindar dari bahaya.

2. Siapa saja yang berperan penting dalam upacara tersebut?

Jawaban: yang berperan penting dalam upacara tersebut adalah pemuka adat.

3. Menurutmu, apa manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan nelayan dan kehidupan masyarakat nelayan setempat?

Jawaban: Menurut saya upacara ini mengandung nilai kebersamaan antar sesama masyarakat, selain itu rasa kepedulian dalam memelihata laut sebagai sumber kehidupan.

4. Adakah hal menarik yang kamu dapatkan dari kegiatan upacara nelayan tersebut?

Jawaban: Hal menari menurut saya yang saya dapatkan yaitu para masyarakat bekerja sama dalam membuat jaring dari janur dan dikaitkan pada tali.

Kemudian setelah jaring jadi, dibawa ke tengah laut membentuk kolam untuk menangkap ikan.

5. Adakah kegiatan serupa yang dilakukan oleh masyarakat nelayan yang berada paling dekat dari tempat tinggalmu? Jika ada, ceritakanlah!

Jawaban: Ada, Tradisi adat nelayan di Pulau Bali yaitu Tradisi Petik Laut. Tradisi ini dilaksanakan di pesisir Desa/Kecamata Pekukatan, Jembrana, Bali.

Tradisi ini melarung sesajen yaitu kepala sapi atau kepala kerbau yang memiliki tujuan memohon keselamatan serta wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil laut yang diterima oleh para nelayan.

Itulah kunci jawaban Tema 6 Subtema 2 Pelajaran 3 kelas 5 SD MI halaman 97, Festival Mane’e Tradisi Nelayan di Pantai Malo. Tetap semangat belajar dan selamat belajar, gapailah ilmu setinggi-tingginya!

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 6 Subtema 2 Pelajaran 3 Halaman 97, Festival Mane’e Tradisi Nelayan

pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , ,

Streaming Now