Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 6 Subtema 1 Halaman 12, 13, 14 Apa yang Kamu dapat Simpulkan dari Bacaan. Pada Pembelajaran 2, akan mengajak siswa mengetahui perbedaan antara suhu dan panas. Suhu dan panas merupakan pokok pembahasan yang penting untuk dipelajari karena sangat berhubungan dengan aktivitas sehari-hari.

Simak kunci jawaban dan pembahasan dari soal Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Tema 6 Subtema 1 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud halaman 12-14 berikut ini. Pada halaman 11, terdapat bacaan yang harus dibaca dengan seksama oleh para siswa berjudul Perbedaan Suhu dan Panas.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 6 Subtema 1 Halaman 12, 13, 14 Apa yang Kamu dapat Simpulkan dari Bacaan

Untuk menjawab pertanyaan di halaman 12-14 siswa diminta memberikan jawabannya berdasarkan kemampuan menganalisis bacaan.

Simak kunci jawaban dan pembahasan tema 6 kelas 5 SD MI subtema 1 halaman 12-14 berikut ini.

AYO MEMBACA, Halaman 11

Pertanyaan A1: Apa judul bacaan diatas?

Jawaban dan pembahasan: Perbedaan Suhu dan Panas

Pertanyaan A2: Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas!

Jawaban dan pembahasan: Paragraf 1: Indera peraba, derajat panas dan dingin ; Paragraf 2: Suhu, temperatur ; Paragraf 3: energi panas, kalori, kalorimeter, suhu, derajat Celcius, termometer.

Pertanyaan A3: Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Lalu, mintalah temanmu untuk menjawabnya!

Jawaban dan pembahasan:

– kata kunci paragraf 1: Mengapa indra peraba tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda?

Karena tangan atau indra peraba tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin saja.

– kata kunci paragraf 2: Apa besaran dalam ilmu pengetahuan alam untuk mengukur tingkat panas dinginnya suatu keadaan?

besaran yang digunakan dalam mengukur panas dinginnya suatu keadaan disebut suhu atau temperatur

– kata kunci paragraf 3: Apa perbedaan antara energi panas dan suhu?

Energi panas adalah salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda, satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda dan menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut, satuan suhu di Indonesia adalah derajat Celcius dan alat ukurnya disebut termometer.

Pertanyaan A4: Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!

Jawaban dan pembahasan: Selain derajat Celcius, apakah ada satuan lain untuk mengukur suhu?; apakah manfaat atau fungsi mengukur suhu dan panas dalam kehidupan sehari-hari?; Bagaimana cara kerja termometer mengukur suhu?

Pertanyaan A5: Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskan isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu!

Jawaban dan pembahasan:

Indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur panas dinginnya suatu benda. Dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.

Energi panas adalah salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda, satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter. Energi panas dan suhu merupakan dua hal yang berbeda.

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda dan menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut, satuan suhu di Indonesia adalah derajat Celcius dan alat ukurnya disebut termometer.

Pertanyaan B1: Apa yang kamu ketahui tentang panas?

Jawaban dan pembahasan: Panas adalah suatu keadaan benda yang menerima energi panas dan ditandai dengan suhu yang meningkat. Contohnya pada batang logam yang mendapatkan energi panas dari api dan diukur suhunya mengalami peningkatan, logam tersebut menjadi panas.

Pertanyaan B2: Apa yang dimaksud dengan suhu atau temperatur?

Jawaban dan pembahasan:

Suhu atau temperatur adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda dan menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut, satuan suhu di Indonesia adalah derajat Celcius dan alat ukurnya disebut termometer.

Pertanyaan B3: Ceritakanlah peristiwa yang kamu alami yang dapat menjelaskan perbedaan antara suhu dan panas!

Pada segelas susu panas saat didiamkan maka segelas susu tersebut lama-lama akan menjadi dingin. Pada peristiwa tersebut saat susu tersebut panas maka memiliki suhu yang tinggi, ketika susu sudah tidak panas maka suhunya telah menurun, oleh karena itu panas akan meningkatkan suhu dari susu.

Kolom Panas: satuan panas adalah kalori; alat ukurnya kalorimeter; panas dihasilkan oleh energi panas

Kolom Suhu: satuan suhu adalah derajat celcius; alat ukurnya termometer; suhu suhu akan meningkat jika energi panas meningkat dan menurun jika energi panas menurun.

Kesimpulan tentang panas dan suhu adalah panas dihasilkan dari adanya energi panas yang ditandai dengan peningkatan suhu. Suhu akan mengalami peningkatan jika terdapat energi panas yang meningkat.

Panas dapat diukur menggunakan kalorimeter dan memiliki satuan kalori sedangkan suhu dapat diukur menggunakan termometer dengan satuan derajat Celcius.

Demikian kunci jawaban dan pembahasan soal Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD MI Tema 6 Subtema 1 “Suhu dan Kalor” Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud Pembelajaran 2 Halaman 12-14.

Dalam pembahasan subtema ini, siswa diharapkan mampu mempelajari perbedaan antara suhu dan panas berdasarkan bacaan tersebut. ***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 6 Subtema 1 Halaman 12, 13, 14 Apa yang Kamu dapat Simpulkan dari Bacaan

pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,

Streaming Now