Greeone

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5, Faktor-faktor yang Memengaruhi Keseimbangan Ekosistem. Materi tersebut merupakan pembelajaran tema 5 kelas 5 SD MI halaman 133. Pembahasan kunci jawaban ini sebagai panduan para orang tua dan anak mengikuti pembelajaran di rumah.

Adapun pembelajaran 5 dari tema 5 kelas 5 SD MI subtema 3 “Keseimbangan Ekosistem” mengajak Adik-adik untuk mengetahui berbagai komponen yang menjadikan ekosistem berjalan seimbang.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5, Faktor-faktor yang Memengaruhi Keseimbangan Ekosistem

Pada artikel ini akan dibahas kunci jawaban tentang faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem berdasarkan bacaan “Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”.

Anak-anak diminta untuk mengerjakan tugasnya sendiri. Orang tua dapat membimbing dalam proses penemuan jawaban. Bukan hanya hasil akhirnya tetapi juga perlu dijelaskan prosesnya.

Pembelajaran dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas 5 SD MI tema 5 subtema 3 “Keseimbangan Ekosistem” Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud.

AYO BERKREASI halaman 133

Berdasarkan bacaan berjudul “Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem” di atas, buatlah sebuah peta pikiran yang memuat pokok pikiran dan informasi penting pada setiap paragraf.

Berdasarkan peta pikiranmu, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!

1. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem?

Jawaban: Faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem, yaitu faktor alami dan faktor manusia.

2. Mengapa manusia mempunyai andil besar terhadap keseimbangan ekosistem?

Jawaban: Manusia mempunyai andil besar terhadap keseimbangan ekosistem. Hal ini karena manusia memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti air, kayu, tumbuhan, hingga lahan untuk tempat tinggal.

Demi memenuhi kebutuhan manusia tersebut kadang kala tidak sengaja bahkan sengaja sudah merusak alam. Hal ini berdampak pada keseimbangan ekosistem, dan menjadikan beberapa komponen ekosistem di lingkungan alam menjadi punah.

Adapun kegiatan manusia yang menimbulkan perubahan keseimbangan ekosistem adalah penebangan pohon-pohon, pembakaran lahan, perburuan hewan, aktivitas memburu dan termasuk memperjualbelikan hewan langka serta dilindungi.

3. Apa saja kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem?

Jawaban: Adapun berbagai kegiatan manusia yang perubahan keseimbangan ekosistem, seperti penebangan pohon secara liar, membuang sampah di sungai, pembakaran ladang.

Penggunaan insektisida buatan untuk tanaman di sawah, membakar sampah dengan sembarangan, melakukan penambangan pasir sampai ke sawah.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5, Faktor-faktor yang Memengaruhi Keseimbangan Ekosistem

Demikianlah pembahasan kunci jawaban tema 5 subtema 3 “Keseimbangan Ekosistem” Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud pembelajaran 5 halaman 133 kelas 5 SD MI.

Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat. Para orangtua dan anak dapat berdiskusi mencari jawaban lainnya.

pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now