Greeone

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 4 Halaman 55, Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia. Pada Tema 4 tentang sehat itu penting di bagian subtema 2, adik-adik akan mempelajari dan memahami terkait gangguan kesehatan pada organ peredaran darah.

Pembahasan buku tematik ini diharapkan dalam membantu para orang tua agar dapat membimbing adik-adik selama belajar di rumah.

Baca Yuk :

Salam Semangat, adik-adik SD dan MI! Berikut merupakan pembahasan kunci jawaban tema 4 kelas 5 SD MI tentang sistem peredarah pada manusia.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 4 Halaman 55, Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia

Pada pembelajaran 1 di halaman 55, adik-adik diminta menyebutkan berbagai macam gangguan pada organ peredaran darah manusia.

Dikutip dari Buku Tematik Tema 4 Kelas 5 SD MI Edisi Revisi 2017, berikut pembahasan kunci jawaban di halaman 55.

2) Coba cari tahu berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu.

Kamu juga bisa membaca tentang berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia dari surat kabar, majalah, ataupun dari internet.

Kemudian, tuliskan pada tabel seperti berikut.

 

Kunci jawaban tema 4 kelas 5 SD MI.
Kunci jawaban tema 4 kelas 5 SD MI. Tangkapan layar buku tema 4 kelas 5/Kemdikbud

 

Jawaban:

(1) Anemia: gangguan ini disebabkan rendahnya kadar Hb (hemoglobin) dalam darah. Rendahnya kadar Hb dapat disebabkan makanan yang dikonsumsi kurang mengandung zat besi. Ciri-ciri penderitanya adalah mudah lelah dan sering merasa pusing.

(2) Tekanan darah rendah (hipotensi): gangguan ini disebabkan terjadinya penurunan tekanan darah.

(3) Tekanan darah tinggi (hipertensi): gangguan ini disebabkan naiknya tekanan darah yang diantaranya diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah.

Baca Juga: Latihan Soal Menghitung Debit, Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 SD MI Halaman 75

(4) Kanker darah (leukemia): gangguan ini disebabkan sel-sel darah putih yang memperbanyak diri tanpa terkendali yang mengakibatkan sel darah putih ini memakan sel darah merah.

(5) Penyakit jantung koroner: suatu gangguan jantung disebabkan oleh penumpukan lemak darah (kolesterol) pada arteri koronaria.

(6) Stroke

(7) Varises

(8) Ambeien

Tanda-tanda sirkulasi darah tidak lancar adalah ketika mengalami sesak napas, nyeri dada, dan sakit kepala. Sirkulasi darah yang tidak lancar juga sering menjadi penyebab sakit jantung dan stroke.

Melancarkan sirkulasi darah dapat dilakukan dengan cara mudah, tetapi efeknya sangat besar bagi tubuh. Caranya adalah dengan membiasakan diri untuk lebih sering berjalan kaki atau berolahraga.

Berjalan kaki setiap hari kurang lebih selama tiga puluh menit setelah makan, dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh.

Demikian pembahasan kunci jawaban pada buku tematik tema 4 kelas 5 SD MI di halaman 55. Semoga bermanfaat.

Disclaimer:

1. Konten ini disajikan dan dibuat bertujuan agar dapat membantu para orang tua dalam membimbing anak selama belajar.

2. Kunci jawaban dan pembahasan ini bersifat terbuka, baik siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 4 Halaman 55, Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia

Sumber : pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , ,

Streaming Now