Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Kunci Jawaban dan Soal UAS PAS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Tahun 2021 Semester Ganjil. Menjelang akhir tahun 2021, adik-adik akan disibukkan dengan UAS PAS terlebih harus mempelajari kisi-kisi jawaban.

Untuk itu adik-adik harus siap menghadapi ujian mendatang dengan lebih dulu mengupas tuntas materi tambahan ini, Bahasa Indonesia kelas 8 SMP.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban dan Soal UAS PAS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Tahun 2021 Semester Ganjil

Dilengkapi dengan kisi-kisi dan pembahasan soal berikut ini tertera kisi-kisi UAS PAS pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP tahun ajaran 2021.

Untuk adik-adik kelas 8 SMP di sini kalian akan mendapatkan pembahasan materi Bahasa Indonesia dan kisi-kisi soal UAS PAS tahun ajaran 2021.

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Penggunaan kata-kata teknis atau istilah pada kalimat di bawah ini adalah ….

a. Sementara itu, tim Mabes Polri turun ke Jember untuk menyelidiki kemungkinan terjadinya pembalakan hutan secara liar (illegal logging).

b. Hingga empat hari sejak banjir bandang menerjang Kabupaten Jember, jumlah korban tewas masih simpang siur. Bupati Jember, MZA Djalal, menyeburkan korban meninggal sebanyak 77 orang

c. Senin (10/2/2014), air setinggi 20 sentimeter terlihat di ruas jalan Persimpangan Plaza dan depan Makmur, Kecamatan Wenang.

d. Penampilan menakjubkan ditunjukkan oleh pembalap kepunyaan Tim Mercedes, Valtteri Bottas yang melakoni sesi latihan bebas tiga di Sirkuit Suzuka, Jepang, dalam lanjutan gelaran Formula One (F1) 2017.

Jawaban : A

2. Bacalah kalimat berikut ini dengan cermat!
Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah mengaku sangat mendukung program yang dibuat Polres Indramayu terkait pemberantasan berbagai Pekat. Program tersebut, kata Anna pas dengan Perda Nomor 15 tahun 2006 tentang Pelarangan Minuman Beralkohol di Kabupaten Indramayu.

Kata tidak baku yang terdapat dalam kalimat tersebut adalah ….
a. kata, pas
b. pemberantasan, pekat
c. program, pas
d. mengaku, kata

Jawaban : A

3. Bacalah paragraf-paragraf berikut dengan cermat!

(1) Usia remaja yang berkisar antara 10-21 tahun merupakan fase transisi dari anak anak ke masa awal dewasa. Pada usia remaja anak cenderung mencari identitas dirinya

(2) Hujan terbentuk melalui beberapa tahapan. Pembentukan hujan diawali dengan proses penguapan air oleh sinar matahari. Matahari yang menyinari bumi dapat menimbulkan efek panas sehingga menyebabkan air danau, sungai, dan laut menguap ke udara.

(3) INDRAMAYU.Puncak peringatan Hari Jadi ke-491 Kabupaten Indramayu dilaksanakan di Gedung DPRD Indramayu, dalam Rapat Paripurna DPRD yang digelar Minggu (7/10).

(4) Ada yang menarik dari novel ini. Mungkin karena Pak Darwis Tere Liye adalah dosen di kampus saya, Universitas Indonesia. Maka latar yang ia sampaikan dalam novel ini benar benar saya rasakan layaknya dalam kehidupan nyata.

Paragraf yang termasuk teks berita adalah ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban :C

4. Bacalah kalimat langsung berikut!
“Sembilan puluh persen handuk kamar mandi penuh dengan koliform, dan sekitar empat belas persennya merupakan E. coli” ujar seorang ahli mikrobiologi di University of Arizona, Charles Gerba, kepada Time.
Penulisan kalimat tidak langsung yang tepat adalah ….

a. Seorang ahli mikrobiologi di University Arizona berujar kepada Time jika sembilan puluh persen handuk kamar mandi penuh dengan koliform dan sekitar empat belas persennya merupakan E coli.

b. Seorang ahli mikrobiologi di University Arizona berujar kepada Time bahwa sembilan puluh persen handuk kamar mandi penuh dengan koliform dan sekitar empat belas persennya merupakan E coli.

c. Kepada Time Seorang ahli mikrobiologi di University Arizona berujar sembilan puluh persen handuk kamar mandi penuh dengan koliform dan sekitar empat belas persennya merupakan E coli.

d. Kepada Time Seorang ahli mikrobiologi di University Arizona berujar bahwa sembilan puluh persen handuk kamar mandi penuh dengan koliform dan sekitar empat belas persennya merupakan E coli.

Jawaban : B

5. Contoh kalimat slogan berikut yang tepat adalah ….
a. Tiada hari tanpa prestasi
b. Kebersihan harus di jaga bersama
c. Rajin-rajinlah membaca buku
d. Menabung untuk hari tua

Jawaban : A

6. Salah satu tujuan iklan yaitu ….
a. memberikan informasi tenatang keunggulan suatu produk
b. memaksa konsumen untuk membeli suatu produk
c. mengelabui konsumen untuk memebeli suatu produk
d. menginformasikan sesuatu yang penting

Jawaban : A

7. Berikut merupakan ciri-ciri poster kecuali ….
a. adanya produk dan logo
b. tidak terbatas waktu
c. foto dari produk
d. memiliki sasaran yang jelas

Jawaban : B

8. Bacalah cuplikan teks berikut dengan cermat!

(1) Hemat energi untuk menghindarkan global warning, hemat energi berarti juga hemat biaya.

(2) Dengan hemat energi masa depan kita akan terang dan akan menyelamatkan bumi

(3) Hanya orang bijak yang mampu menghemat energi demi kehidupan lebih baik

(4) Gunakan listrik seperlunya demi kelangsungan anak cucu.

Kalimat imperatif dalam teks tersebut adalah….

a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban : D

9. Paragraf di bawah ini yang merupakan teks eksposisi adalah…

a. Remaja adalah masa yang dialami oleh anak-anak pada saat SMP. Masa ini merupakan masa transisi dimana dimulai,mulai umur 10 hingga 21 tahun. Pada masa itu remaja juga sedang mencari identitas dirinya. Pada masa ini remaja harus mendapatkan pendidikan karakter agar menjadi generasi yang jujur, kreatif, peduli, santun, dan percaya diri.

b. Menurut Pengamatan Pusat Studi Bencana (PSB) UGM Yogyakarta, ternyata berbagai bencana alam di musim penghujan ini sebagian besar terjadi di daerah gunung api aktif ataupun tidak aktif, begitu pula di gunung api kuarter ataupun tersier.

c. Tsunami berasal dari bahasa Jepang yakni tsu yang berarti pelabuhan dan nami yang berarti gelombang yang kemudian diartikan sebagai ombak besar pelabuhan.

d. Lembaga-lembaga pendidikan yang didanai asing kabarnya mengurangi kegiatan mereka di Pyongyang, seiring dengan semakin banyak negara mengeluarkan peringatan perjalanan ke Korea Utara karena ancaman misil dan nuklirnya.

Jawaban : A

Cermati teks berikut!

(1) Kemacetan adalah kondisi di mana arus lalu lintas yang lewat pada arus jalan yang di tinjau melebihi kapasitas jalan.

(2) Hal ini mengakibatkan kecepatan bebas ruas jalan tersebut mendekati atau melebihi 0 Km/jam sehingga menyebabkan terjadinya antrian kendaraan.

(3) Pada saat terjadinya kemacetan, nilai derajat kejenuhan pada ruas jalan mencapai lebih dari 0,5. (MKJI, 1997).

(4) Kemacetan bisa semakin meningkat apabila arus kendaraan sangat berdekatan satu sama lain.

10. Kalimat berisi argumentasi yang mendukung pernyataan penulis dalam teks eksposisi tersebut ditunjukkan oleh nomor….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d (4)

Jawaban : B

Kunci Jawaban dan Soal UAS PAS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Tahun 2021 Semester Ganjil

Disclaimer: Kisi-kisi dan kunci jawaban soal UAS PAS ini dibuat berdasarkan Buku Kemendikbud dan di bawah pengawasan tim ahli dan guru berkompeten Nani Supartini S,Pd Lulusan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,

Streaming Now