Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Bab 5, Pengertian, Tujuan, Ciri Teks Diskusi. Di artikel ini akan dibahas tentang pengertian, tujuan dan ciri dari Teks Diskusi yang terdapat dalam materi Bahasa Indonesia kelas 9 bab 5. Berikut penjabarannya dikutip dari Buku Bahasa Indonesia kelas 9 Kurikulum 2013 Kemdikbud oleh pemateri Helza RN.

Simak pembahasan materi Bahasa Indonesia kelas 9 bab 5 tentang Teks Siskusi. Pembahasan materi teks diskusi ini diharapkan bisa membantu siswa kelas 9 dalam memahami pelajaran dan menjawab soal.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Bab 5, Pengertian, Tujuan, Ciri Teks Diskusi

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Bab 5 Pengertian diskusi

Diskusi adalah suatu interaksi komunikasi yang terjalin antara dua pihak baik antar individu, antar kelompok atau individu dengan kelompok.

Inti dari pengertian diskusi yaitu pertukaran ide atau gagasan dan pendapat mengenai sebuah topik.

Teks diskusi adalah sebuah tulisan yang memberikan dua pendapat yang berbeda baik pri atau mendukung maupun kontra atau menentang.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Bab 5 Pengertian teks diskusi

Menurut Mark Anderson dan Kathy Anderson dalam Text Types in English (2003), teks diskusi adalah tipe teks yang memberikan persetujuan dan penolakan, positif dan negatif, atau hal baik dan hal buruk terhadap suatu topik bahasan.

Sementara menurut John Barwick dalam Targeting Text: Photocopiable Units Based on English Texts Type: Information Reports, Eksplanations, Discussion (1998), teks diskusi adalah sebuah teks yang membantu siswa untuk berpikir jernih dan kritis.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Bab 5 Tujuan teks diskusi

Teks diskusi memiliki tujuan untuk menyampaikan pendapat pada pembahasan suatu isu, sampai mendapat kesepakatan dari kedua pihak yang berdiskusi. Penjabaran tujuan teks diskusi secara spesifik adalah sebagai berikut:

  • Menguji bukti, sistem, nilai, opini, dan respon dari suatu permasalahan.
  • Menyampaikan gagasan atas suatu permasalahan dan menghargai gagasan yang dikemukakan orang lain.
  • Menghubungkan fakta dan data dari berbagai sudut pandang dan latar belakang.
  • Bertukar pikiran, ide, atau gagasan.
  • Menanggapi dan mengungkapkan suatu permasalahan.

Teks diskusi juga berfungsi untuk melihat suatu masalah dari berbagai perspektif. Perspektif yang beragam tersebut memberi pertimbangan atas rekomendasi atau keputusan.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Bab 5 Ciri-ciri teks diskusi

Kita dapat membedakan teks diskusi dengan teks lain berdasarkan ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri teks diskusi:

  • Struktur teks diskusi terdiri atas isu, argumen menentang dan argumen pendukung, serta simpulan/rekomendasi.
  • Menggunakan secara proposional verba material, verba relasional, dan verba mental.
  • Menggunakan konjungsi perbandingan. Konjungsi tersebut berguna untuk mempertentangkan kedua gagasan yang berlainan. Mempertegas kontras.
  • Menggunakan modalitas dalam membentuk opini dan rekomendasi. Modalitas ialah klasifikasi pernyataan pro kontra atas kemungkinan atau keharusan.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Bab 5 Struktur teks diskusi

Seperti yang telah disebutkan dalam ciri teks diskusi, struktur teks diskusi terdiri dari tiga hal. Berikut penjabaran struktur teks diskusi disertai contoh teks diskusi

  • Isu

Berisi permasalahan atau isu pokok pembahasan. Diskusi diawali dengan penggambaran atau penjabaran singkat mengenai topik yang akan dibahas. Penggambaran tersebut dapat berupa beberapa sudut pandang yang menjadi perdebatan secara sekilas.

Contoh:

Rokok merupakan produk dari tembakau. Bebagai negara memiliki kebijakan yang berbeda untuk regulasi rokok. Di Indonesia sendiri regulasi rokok diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 1999 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan. Muncul pro kontra mengenai rokok di Indonesia.

  • Argumen

Argumen adalah bagian dimana terjadi penyampaian pendapat. Terdapat argumen pro (mendukung) dan kontra (menolak). Argumen berisi sanggahan atau pernyataan yang menguatkan salah satu posisi.

Bagian argumen dalam teks diskusi berbeda dengan argumen dalam teks eksposisi dan teks tanggapan.

Argumen pada teks diskusi dukungan dan pertentangan terhadap sebuah isu. Sementara argumentasi dalam teks eksposisi berisi dan teks tanggapan bersi pendapat yang memperkuat salah satu pernyataan.

Contoh:

Argumen pro:
Regulasi rokok sebaiknya dihentikan. WHO dan lembaga kesehatan lain mencatat banyak angka penyakit dan kematian yang diakibatkan oleh rokok. Selain perokok aktif, dampak buruk rokok juga berpengaruh pada perokok pasif. Perusahaan dan pabrik rokok di Indonesia sudah merajarela. Rokok hanya merugikan masyarakat. Perlu kekuatan besar untuk menghentikan produksi rokok.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Bab 5, Pengertian, Tujuan, Ciri Teks Diskusi

Demikian pembahasan pengertian, tujuan dan ciri teks diskusi Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Bab 5 untuk membantu siswa belajar dan memahami pelajaran.

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , ,

Streaming Now