Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP MTS Soal UAS PAS Terupdate 2021 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021. Adapun materi yang dibahas dalam UAS PAS Bahasa Indonesia ini yaitu mengenai kalimat langsung dan tidak langsung, puisi, menentukan ide pokok pada paragraf dan masih banyak lagi.

Bocoran soal UAS PAS Bahasa Indonesia ini merupakan soal pilihan ganda namun tidak dilengkapi dengan kunci jawaban.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP MTS Soal UAS PAS Terupdate 2021 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021

1. Saksi mengatakan bahwa dirinya dan korban sedang berbincang-bincang.
Jika kalimat tak langsung tersebut diubah menjadi kalimat langsung menjadi ….
A. Saksi mengatakan, “Kita sedang berbincang-bincang.”
B. Saksi mengatakan, “Kami sedang berbincang-bincang.”
C. Saksi mengatakan, ” Dirinya dan korban berbincang-bincang “
D. Saksi mengatakan, “Bahwa kalian sedang berbincang-bincang “

2. Cermati kutipan teks berita berikut!

Teks 1
Las Vegas – Pria bersenjata yang melakukan penembakan massal di Las Vegas melepaskan tembakan ke penjaga keamanan sebelum menghujani kerumunan penonton konser. Menurut para pejabat pada Senin mengenai perubahan linimasa penembakan massal paling mematikan dalam sejarah modern Amerika Serikat itu.

Teks 2
Terjadi kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang di Dusun Gunung Lurah, Rancamaya, Banyumas. Peristiwa itu menelan korban 5 penumpang tewas dan lebih 100 orang luka-luka. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1) dini hari.

Kutipan berita tersebut merupakan informasi di bidang ….
A. Teks 1: politik Teks 2: peristiwa alam
B. Teks 1: ekonomi Teks 2: pendidikan
C. Teks 1: peristiwa alam Teks 2: sekolah
D. Teks 1: kriminalitas Teks 2: transportasi

3. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks 2
Untuk menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Unsur-unsur kedua teks berita tersebut adalah …
A. teks I diawali siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali apa, teks II diawali mengapa.

4. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks 1
Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai kasus hilangnya pesawat Boeing 737 seri 400 milik maskapai Adam Air bisa disebabkan faktor teknis dan nonteknis. Faktor tersebut bisa karena kurangnya perawatan dari maskapai penerbangan tersebut sampai diabaikannya beberapa aturan dan regulasi.

Teks 2
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Herman Prayitno menyebut tiga faktor penyebab hilangnya Adam Air, yaitu lemahnya manajemen, tidak dimilikinya alat pendeteksi, serta kelalaian manusia. ―Kesalahan di manajemen bisa menyebabkan kesalahan manusia, engine, dan cuaca,‖ ujarnya di Jakarta.
Persamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah . . . .
A. tiga faktor penyebab kecelakaan pesawat
B. jumlah korban kecelakaan pesawat
C. penyebab hilangnya pesawat Adam Air
D. dua faktor penyebab kecelakaan Adam Air

5. Bacalah puisi berikut! ANAK YANG ANGKUH Karya W.S. Rendra
Betapa dinginnya air sungai
Dinginnya! Dinginnya!
Betapa dinginnya daging duka
Yang membaluti tulang-tulangku
….

3 Puisi tersebut menimbulkan imajinasi ….
A. imajinasi taktil
B. imajinasi visual
C. imajinasi auditif
D. imajinasi pengecap

6. Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
Kata bercetak miring dalam penggalan puisi tersebut mengandung imajinasi ….
A. imajinasi taktil
B. imajinasi visual
C. imajinasi auditif
D. imajinasi pencecap

7. Usaha manajemen Sriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tanda tangan kontrak. Budi akan dikontrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian, manajemen SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah …
A. Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B. Harga kontrak tidak disepakati SFC dan Budi Sudarsono.
C. Budi Sudarsono akan dikontrak SFC setengah musim.
D. Budi Sudarsono telah menandatangani kontrak dengan SFC.

8. Striker Flamengo yang juga mantan bintang Inter Milan, Adriano, mengaku bahwa ia masih terus mendapat tawaran kembali berlaga di Eropa. Andriano kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu. Penampilan gemilang si Kaisar itu membuatnya kembali dilirik sejumlah klub di benua biru. ―Saya tak menyangkal mendapat banyak tawaran, tetapi yang terpenting adalah kebahagiaan dan bukan uang. Sebelum mengambil keputusan, saya akan berpikir panjang dan membicarakannya dengan beberapa teman, ― ungkapnya.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …
A. Saat ini Adriano tetap menjadi pemain di Inter Milan.
B. Adriano dikenal kembali setelah kemenangan Flamengo di Liga Brasil.
C. Adriano langsung menerima tawaran dari sejumlah klub di Eropa.
D. Flamengo telah beberapa kali memenangkan kejuaraan di Eropa dan Amerika.

9. Bacalah kutipan teks berita berikut ini!
Ketika Pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji, sebanyak 106 calon jemaah haji Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mereka justeru mengundurkan diri berangkat ke Tanah Suci pada 2019. Penyebab mereka mengundurkan diri karena berbagai alasan salah satunya tentang pengurusan paspor yang perlu dirubah datanya.

Kata yang kurang tepat penggunaan ejaannya adalah….
A. kuota
B. jemaah
C. paspor
D. dirubah

10. Bacalah kutipan teks berikut ini!
Minggu ini kelompok diskusi kami mendapat tugas untuk mengisi kolom berita pada majalah dinding. Suatu kebetulan, kemarin di aula kantor Depdiknas Provinsi Kalimantan Selatan berlangsung pameran karya inovasi ilmiah tingkat SMP yang diadakan dalam rangka menyambut Hardiknas tersebut dibuka oleh Gubernur dan Kepala Daerah.

Teks berita dibawah ini yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…A. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP di seluruh provinsi se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat negara. mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek.B. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP seluruh provinsi se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait.C. Siswa-siswa se-provinsi Kalimantan Selatan mengikuti acara pameran karya inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se-provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan, sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek. Hasil karya-karya mereka banyak menarik perhatian.D. Bertepatan dengan Hardiknas, Depdiknas Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se-Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh gubernur dan kepala daerah.

11. Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya terutama kesalahan para pemudik biasa kurang sabar. Mereka sering mengebut dan ingin mendahului. Mengantuk juga salah satu penyebab kecelakaan. Jarak yang ditempuh kendaraan terlalu jauh akan mengakibatkan sopir lelah dan mengantuk sehingga mudah tabrakan dengan kendaraan lain. Kejadian kecelakaan di Jalur Pantura adalah salah satu bukti. Tepat pada H-2 sebuah truk yang dikendarai Sumartono (42) menghantam Avanza yang melaju dari arah yang berlawanan. AKBP Syamsuri berasumsi,

―Pengendara kelelahan karena menempuh Surabaya-Jakarta.‖
Kalimat tanggapan terhadap isi berita tersebut adalah ….
A. Bisa menemukan jawaban kata tanya ―siapa‖
B. Terdapat banyak kata tidak baku
C. Jawaban dari kata ―bagaimana‖ tidak ada
D. Belum menyertakan kata kerja mental

12. Pelabuhan Merak dipadati oleh truk-truk pengangkut barang non sembako pada sepuluh hari menjelang lebaran, Sabtu (15/11). Kondisi tersebut disebabkan adanya larangan melintas bagi truk non sembako pada tanggal 21-25 November.

Berdasarkan teks berita tersebut, struktur yang digunakan adalah bagian….
A. Tubuh berita C. Ekor berita
B. Kepala berita D. Judul berita

8 Pahami informasi berikut, jika perlu catatlah gagasannya!

Teks berita yang tepat berdasarkan informasi tersebut adalah . . .

A. Hingga saat ini ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Weleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
B. Petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa pada Kamis (22/12/2018). Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Weleri, Kendal. Aksi tersebut dilakukan oleh pemerintah yang kurang memperhatikan nasib mereka karena kebijakan pembatasan produksi rokok kretek
C. Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Unjuk rasa dilakukan pada Kamis (22/12/2018). Unjuk rasa dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek. (Jalan Weleri, Kendal)
D. Ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, Kamis (22/12/2018), melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Weleri, Kendal. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek

Semoga dengan adanya prediksi soal UAS PAS ini dapat membantu adik-adik mendapatkan nilai UAS PAS semester ganjil Tahun Ajaran 2021-2022 yang memuaskan.

Disclaimer: Prediksi soal dan kunci jawaban soal UAS PAS Bahasa Indonesia kelas 8 SMP MTS ini berada di bawah bimbingan guru berkompeten dan ahli di bidangnya Nani Supartini S.Pd Lulusan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP MTS Soal UAS PAS Terupdate 2021 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021

pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now