Kreatifitas Anak Bangsa, Pria Lamongan Rakit Pesawat Sendiri, Suryanto alias Heri Santoso, Seorang pria asal Lamongan mampu merakit pesawat terbang sendiri.

Kreatifitas Anak Bangsa, Pria Lamongan Rakit Pesawat Sendiri

Baca Yuk :

Heri Suyanto, Lulusan Sekolah Teknik Menengah (STM), warga Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan mampu merakit sebuah pesawat terbang sendiri.

Suryanto alias Heri Santoso, mampu merakit pesawat terbang jenis short take-off and landing atau STOL.

Heri Santoso telah merakit tiga buah pesawat. Suryanto merakit pesawat tersebut di kampung halaman sang istri di Ciamis, di Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat,” ujar Suryanto.

Setelah pesawat rampung, ia membawanya ke kampung halaman, Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Lamongan.

Ia menuturkan, kemampuannya hingga dapat merakit pesawat ia dapati ketika berkerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Suryanto bekerja di salah satu perusahaan pembuatan pesawat di Alasaka, Amerika Serikat. Sepulangnya dari Negeri Paman Sam, ia tinggal di kampung halaman sang istri.

Suryanto mulai mengasah kemampuannya dan terciptalah dua buah pesawat dari tangannya di Ciamis.

Sudah tiga buah pesawat dibuat, Heri menyebut, dua buah pesawat hasil rakitannya telah dibeli oleh Pemerintah Republik Ceko. Dan satu pesawat lagi sudah diinden oleh TNI AU.

Suyanto merakit komponen-komponen pesawat terbang yang ia beli kala merantau di luar negeri. Pesawat terbang yang dibuat Suryanto merupakan jenis short take-off and landing atau STOL.

Pesawat STOL buatan Suyanto dilengkapi 2 kursi penumpang. Pesawat mampu terbang dengan kecepatan maksimal 200 kilometer per jam.

Suyanto menyebut, untuk bahan bakar pesawat STOL tersebut berkapasitas 80 liter avtur, dengan durasi terbang kurang lebih 4 jam penerbangan.

Pesawat tersebut kini hanya terparkir di halaman rumahnya di Lamongan. Ia menunggu momen uji kelaikan dan pembuatan identitas pesawat.

Suryanto pun menyebut bahwa pesawat rakitannya cocok untuk digunakan di Indonesia, yang merupakan negara kepulauan.

“Pesawat jenis STOL sangat cocok untuk di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Tidak membutuhkan landasan yang panjang, lapangan sepak bola saja sudah sangat cukup, bahkan terlalu panjang. Jadi sangat cocok untuk ke pulau-pulau,”.

Pesawat ini hanya memiliki dua tempat duduk dan mampu terbang di udara dengan kecepatan maksimal 200 kilometer per jam.Sementara untuk durasi terbangnya bisa mencapai 4 jam dengan menghabiskan bahan bakar 80 liter.

Itulah Kreatifitas Anak Bangsa,  dari Heri Santoso , Pria Lamongan Rakit Pesawat Sendiri, yang patut diacungi jempol

Referensi: detik.com, merdeka.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now