KPAI Sarankan Dana BOS Digunakan untuk Kuota Internet Murid. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) imbas dari pandemi virus corona sudah berlangsung hampir lima bulan. Tak sedikit siswa yang kesulitan belajar online, mulai dari tidak memiliki gawai yang mumpuni, kuota internet yang mahal, hingga sinyal yang susah. Untuk mendorong penyelesaian masalah ini, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong pemerintah menggratiskan internet untuk siswa-siswi belajar online. Khususnya, bagi siswa dari keluarga menengah ke bawah.


KPAI Sarankan Dana BOS Digunakan untuk Kuota Internet Murid

“Kalau PJJ daringnya mau diutamakan, gratiskan internet. Sekolah dana BOS berapa sih, karena sebenarnya dana BOS bukan semuanya, turunnya tiga kali setahun,” ucap Komisioner KPAI Retno Listyarti dalam diskusi Smart FM, Sabtu (8/8).

Retno menjelaskan, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak semua bisa digunakan untuk pemenuhan kuota internet PJJ selama pandemi covid-19. Apalagi, ketika pemerintah sudah mulai membuka sekolah-sekolah di zona kuning juga, maka harus disiapkan fasilitas dengan kenormalan baru.

“Penggratisan internet kami dorong Kominfo, Kemenag, dan kemendikbud duduk bareng. Menggratiskan internet tidak akan mahal,” kata Retno. Menurutnya, penggratisan internet ini bisa diberlakukan saat jam-jam sekolah, yakni 8 jam dalam sehari dari Senin hingga Jumat.



“Kita usulkan 5 hari saja, Senin sampai Jumat. Dan saat PJJ saja, yaitu 8 jam hitungan kami, itu setidaknya sudah menolong rumah-rumah. Karena Google Meet pakai kuota, kirim video dan foto juga,” tuturnya.

Kuota Internet Digratiskan Bisa Jadi Solusi

Persoalan mahalnya biaya yang dikeluarkan untuk kuota internet selama belajar online menjadi satu dari banyak keluhan siswa maupun guru. Sekali pun punya HP yang memadai, namun mahal untuk membeli kuota, maka belajar online akan tetap sulit dilakukan.

Sehingga, penggratisan internet oleh pemerintah juga diharapkan bisa menjadi solusi atas persoalan ribetnya PJJ.

“Ketika punya HP tapi nggak punya kuota juga masalah. Menggratiskan internet jadi salah satu cara dan menolong banyak anak dan guru” jelas Retno. “Kalau penggratisan 8 jam, di pagi hari kan banyak yang kerja dari rumah juga. Dan enggak apa-apalah buat rakyat sendiri. Tapi untuk gratiskan pakai provider, tak semua tempat jaringannya bagus,” tutup dia.



KPAI Sarankan Dana BOS Digunakan untuk Kuota Internet Murid

*sumber: https://kumparan.com/kumparannews/kpai-dorong-pemerintah-gratiskan-kuota-internet-untuk-belajar-online-1txeQIrbn1a

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Begini Cara Universitas Prasetiya Mulya Memacu Potensi Pelajar SMA
Begini Cara Universitas Prasetiya Mulya Memacu Potensi Pelajar SMA

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Minggu 16 Agustus 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Minggu 16 Agustus 2020

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 15 Agustus 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 15 Agustus 2020

Close