Kompetisi Matematika Daring Internasional 2021. Untuk mengukur kualitas pendidikan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pengukuran kualitas pendidikan ini dilakukan untuk memperoleh feedback pembelajaran yang sudah dijalankan selama ini. Cara mengukur kualitas pendidikan itu mulai dengan nilai rapor, asesmen nasional hingga berbagai kompetisi nasional maupun internasional.

Kompetisi Matematika Daring Internasional 2021

Hal tersbutlah yang menjadi salah satu backround Eduversal Indonesia, provider manajemen pendidikan, untuk kembali menggelar International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC) 2021. Direktur Eduversal Indonesia, Dwi P. Wibowo, berharap ajang kompetisi daring matematika internasional ini dapat memotivasi siswa untuk terus berprestasi meski di tengah masa pandemi. Kompetisi I-EMC 2021 akan diselenggarakan pada tanggal 20 Maret 2021 dan akan juga diikuti berbagai pelajar dari seluruh dunia.



Tahun lalu, kompetisi matematika internasional ini mendapat respons positif dari 36 negara seperti Australia, Amerika, Inggris, Nigeria, Brasil dan yang lainya. Sebanyak 4.260 siswa dari berbagai negara mendaftar mengikuti I-EMC 2020. Ketua Komite I-EMC 2021, Ade Kiki Ruswandi menjelaskan, berbeda dengan kompetisi tahun lalu yang hanya membuka 2 kelompok usia, I-EMC tahun ini terbagi menjadi tiga level yaitu Primary (usia 9 – 12 tahun), Junior (usia 13 – 15 tahun) dan Senior (usia 16 -18 tahun).

Penyelenggaraan kompetisi ini bertujuan untuk memotivasi para siswa dalam belajar di tengah pandemi COVID-19. Apalagi, ajang ini menjadi daya tarik tersendiri, karena akan diikuti oleh berbagai pelajar.

Tahun sebelumnya, kompetisi itu diikuti ribuan peserta dari 36 negara. Pada 2021, menargetkan kompetisi itu diikuti peserta dari 50 negara.

Panitia menyediakan hadiah menarik untuk para juara kompetisi I-EMC ini, diantaranya adalah Juara 1 akan mendapatkan IPad Generasi 8, Juara 2 akan mendapatkan Samsung Galaxy Tab A 2019 10.1”, dan Juara 3 akan mendapatkan All new Kindle Paperwhite 2020.



Pada ajang I-EMC 2021 ini juga para peserta akan diberikan sertifikat dan juga individual report di mana para peserta akan mendapat analisis performa mereka selama mengikuti kompetisi. Umpan balik ini dipandang penting mengingat banyak sekolah salah kaprah dalam melihat fungsi asesmen. Informasi lengkap terkait jadwal dan prosedur pendaftaran I-EMC 2021 dapat dilihat lengkap melalui website di www.i-emc.com.

Peserta juga dapat menggunakan pemeringkatan atau ranking agar dapat mengukur kemampuan dibandingkan dengan peserta dari negara lain.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/07/104246271

Read previous post:
dtks-kemensos
BLT Kemensos 300 Ribu Pemerintah Akan Cairkan di Februari 2021

Close