Kisah Semangat Rifky Bujana Anak Driver Ojol, Peraih Beasiswa University of British Columbia, Rifky Bujana lolos sebagai penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) di University of British Columbia.

Perjuangan dan semangat Belajar serta berupaya menggapai prestasi menjadi salah satu upaya Rifky untuk meringankan beban ayahnya yang bekerja sebagai driver ojek online (ojol).



Baca Yuk :

Kisah Semangat Rifky Bujana Anak Driver Ojol, Peraih Beasiswa University of British Columbia

Rifky Bujana merupakan siswa berprestasi yang baru saja lulus dari SMAN 28 Jakarta. Berbagai prestasi yang diperoleh Rifky Bujana selama duduk di bangku SMA.

Diantaranya adalah:

  • Medali Emas di Kompetisi Robot Nusantara (KRON) tahun 2019 kategori Creative,
  • Juara 2 Thamrin Olympiad and Cup Kategori Robotic Competition,
  • Juara 1 Animasi VI Robotic Competition 2020,
  • Runner Up Gameloft Student Gameday Competition, dan
  • Silver Medal KoPSI 2021 Kategori FTR (Fisika Terapan dan Rekayasa).

Selama masa pendidikannya, Rifky memperoleh Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang merupakan bantuan pemerintah bagi siswa kurang mampu. Rifky Bujana memanfaatkannya untuk membeli peralatan sekolah seperti seragam, buku, dan lain-lain.

Hal ini memperingan beban ayah Rifky Bujana orangtuanya, Ayah Rifky Bujana dapat mengalokasikan pendapatannya untuk uang pendidikan Rifky Bujana serta kebutuhan sehari-hari.



Berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs web Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, Rifky menjelaskan bahwa sebenarnya ia tak berani memiliki mimpi untuk bisa berkuliah di University of British Columbia (UBC), atau bahkan kampus manapun di luar negeri.

Kendati demikian, karena adanya tawaran Beasiswa Indonesia Maju dari Kementerian Pendidikan, ia pun memberanikan diri untuk mengubah tekadnya.

Rifky mengungkapkan bahwa dirinya sempat merasa tidak percaya diri karena menurutnya nilai rata-rata rapor yang dimiliki-nya tidak begitu tinggi. Karena kekhawatiran ini, Rifky kemudian berusaha untuk menambahkan nilai dirinya dengan menulis esai sebaik mungkin.

Berbagai kendala bisa ia lewati berkat bantuan dari orang tua, guru, teman, dan motivasi yang dimiliki. Setelah Rifky menerima hasil akhir dari keputusan beasiswa kuliah di luar negeri tersebut, ia pun menyampaikan pesan yang memotivasi untuk banyak orang diluar sana.

impiannya ternyata dapat terwujud saat Rifky mendapatkan beasiswa dari BIM (Beasiswa Indonesia Maju) sehingga ia pun bisa melanjutkan studinya ke University of British Columbia.

BIM sendiri merupakan program untuk lulusan berprestasi yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi impiannya baik di dalam atau di luar negeri.

Beasiswa inilah yang dimanfaatkan oleh Rifky Bujana sampai akhirnya dia diterima di University of British Columbia. Itulah kisah semangat dari Rifky Bujana yang paptu di acungi jempol, semogakisah rifki  menginspirasi kita semua.

Kisah Semangat Rifky Bujana Anak Driver Ojol, Peraih Beasiswa University of British Columbia

Referensi:

  • Kisah Anak Driver Ojol, Raih Beasiswa Kuliah di Kampus Terbaik Kanada, Kompas.com
  • Perjuangan Anak Driver Ojek Online Raih Beasiswa ke University of British Columbia, sindonews.com
  • Raih Beasiswa University of British Columbia, Rifky Bujana Tunjukkan Anak Driver Ojol Juga Bisa Kuliah di Luar, gorajuara.com
  • Kisah Anak Driver Ojol, Peraih Beasiswa University of Columbia, teknologi.id
Baca Yuk :



Artikel Pilihan :


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Streaming Now