Kenali Relational Bullying, Mengasingkan Korban dari Suatu Kelompok, Pernahkah kamu melihat seseorang disekitarmu yang sering dimusuhi atau dijauhkan oleh orang orang di sekitarnya? Bisa jadi, orang tersebut sedang mengalami kekerasan relasi. Setiap orang memang punya hak untuk memilih dengan siapa mereka akan bergaul, namun kekerasan relasi ini biasanya dilakukan oleh beberapa orang yang dengan sengaja merusak reputasi atau hubungan seseorang demi kepuasan pribadi atau kelompok.

Relational Bullying adalah jenis bullying dimana pelaku mencoba untuk mengintimidasi target atau menyabotase status sosial target seperti mengasingkan target dari suatu kelompok, menyebarkan desas-desus, memanipulasi situasi, dan merusak kepercayaan diri target.



Baca Yuk :

Kenali Relational Bullying, Mengasingkan Korban dari Suatu Kelompok

Perundungan relasi ini juga marak terjadi di sekolah ataupun di dunia kerja akibat persaingan. Tak jarang, beberapa kelompok yang melakukan kekerasan relasi ini dengan sengaja mempermalukan, memperolok, menyebarkan gosip, dan mengucilkan orang lain demi eksistensi mereka di lingkungan sekitar.

Tujuan dari relational bullying atau relational aggression adalah untuk meningkatkan status sosial pelaku. Secara umum, relational aggression cenderung dilakukan oleh perempuan.

Melansir dari antibullyingsoftware-com, Relational bullying berbeda dari cara membully yang lain. Biasanya yang melakukan bully tidak membully korban di depan teman-teman yang lainnya.

Ia melakukannya secara diam-diam dan rahasia. Ketika teman-teman yang lainnya sedang tidak ada, pelaku biasanya mulai mengatakan hal-hal yang bersifat membully. Kemudian saat teman-temannya datang, ia kembali bersifat normal.



Biasanya pelaku bullying jenis ini sering mengucilkan orang lain dari suatu kelompok, menyebarkan desas-desus, memanipulasi situasi, dan menghancurkan kepercayaan. Tujuan dari pelaku intimidasi relasional agresif adalah untuk meningkatkan status sosial mereka sendiri dengan mengendalikan atau menindas orang lain.

Relational Bullying merupakan jenis intimidasi yang licik dan berbahaya yang sering tidak diperhatikan oleh orang tua dan guru. Kadang-kadang jenis bullying ini juga disebut dengan intimidasi emosional, di mana anak-anak remaja mencoba untuk menyakiti teman-temannya atau menyabot status sosial mereka.

Secara umum, anak perempuan cenderung menggunakan agresi relasional lebih dari anak laki-laki, terutama antara kelas lima dan delapan. Gadis-gadis ini sering disebut gadis jahat atau frenemies. Sementara remaja yang menerima tindakan agresi relasional ini cenderung diejek, dihina, diabaikan, dikucilkan, dan diintimidasi.

Bullying  jenis ini melibatkan banyak pelaku. Biasanya dilakukan per kelompok. Bullying tipe ini cenderung melakukan pelemahan harga diri korban bully dengan cara pengabaian, pengucilan, atau penghindaran.

Sikap-sikap seperti pandangan sinis, lirikan mata, tawa mengejek, hingga bahasa tubuh yang merendahkan korbannya adalah jenis perlakuan kecil dari bullying tipe ini.

Bullying tipe ini sulit untuk dideteksi dari luar. Korban dari bullying  jenis ini biasanya mengalami depresi yang luar biasa sehingga merasa tidak nyaman berada di lingkungan sekitar.

Bullying dengan tipe ini sering menyebarkan gosip dan fitnah, namun tidak diketahui siapa sumbernya. Pelaku yang membully biasanya menggunakan:

  • Surat kebencian untuk korban.
  • Buku yang dicoret-coret dengan ejekan.
  • Fitnah antar pertemanan.
  • Menyerang saat sedang sepi.

Perbedaan pengertian bullying dan bercanda

bullying atau Perundungan artinya juga bisa dideskripsikan sebagai perbuatan yang dapat membahayakan anak lain, menyebarkan rumor yang merugikan korban, melakukan penyerangan secara fisik atau verbal, hingga mengucilkan anak dari sebuah kelompok secara sengaja.

Selain orangtua, arti bullying di atas juga perlu dipahami oleh anak-anak agar mereka bisa mengetahui atau mengidentifikasi mana tindakan yang termasuk bullying dan tidak.

Setelah memahami apa itu bullying, Anda dan anak-anak juga perlu mengetahui apa bedanya bullying dan bercanda.

Ada kalanya, arti bullying dan bercanda sulit dibedakan karena keduanya dapat bersifat iseng atau mengerjai anak yang menjadi korban. Namun, ada batasan yang sangat jelas antara bullying dan bercanda.

Bercanda dilakukan anak-anak sebagai salah satu cara komunikasi dan bentuk interaksi sosial. Tindakan ini dapat mempererat hubungan pertemanan di antara anak karena mereka bisa tertawa bersama dan menjadi lebih akrab.

Bahkan, sebagian bentuk candaan mungkin hanya dapat dilakukan pada anak-anak yang berteman akrab.

Sementara itu, perbedaan mencolok dengan pengertian bullying adalah tujuan pelaku yang melakukan perundungan karena perasaan benci dan bermaksud menyakiti.

Tujuan melakukan bullying bukanlah untuk membangun hubungan, melainkan untuk mempermalukan dan menyakiti korban sehingga pelakunya merasa lebih hebat.

Namun, perlu diwaspadai walaupun bercanda tidak memiliki tujuan awal buruk, tapi hal yang lucu bagi seorang anak, mungkin tidak menyenangkan bagi anak lainnya.

Ketika candaan yang tidak menyenangkan terus dilakukan berulang kali dan membuat anak lainnya tersakiti, tindakan ini pun bisa berubah menjadi bullying.

Jika orang tua melihat perubahan pada anak seputar fisik maupun mental, seperti tidak percaya diri, tidak ceria, takut ke sekolah, dan lain sebagainya, sebaiknya orang tua perlu khawatir.

Beri pengetahuan anak tentang dampak buruk bullying dan akibat melakukannya. Jika anak sudah menjadi korban bullying, beri anak semangat dan dorongan yang positif. Segera laporkan ke sekolah atau pihak yang berwajib. Jangan salahkan anak atas bullying yang terjadi, dukung dan bantu ia keluar dari permasalahan tersebut.

Kenali Relational Bullying, Mengasingkan Korban dari Suatu Kelompok

Referensi

  • What is Relational Bullying?, penfieldbuildingblocks.org
  • RELATIONAL BULLYING Recongnize Bullying, girlsguidetoendbullying.org
  • What Is Relational Aggression? , verywellfamily.com
  • What is Relational Bullying / Social Bullying?, antibullyingsoftware.com
  • Waspadai 4 Tipe Bullying yang Kerap Terjadi, guesehat.com
  • Bullying,seributujuan.id
Baca Yuk :



Artikel Pilihan :


Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Streaming Now