Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat Pandemi COVID-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Satuan pendidikan dalam kondisi khusus dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.



Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat Pandemi COVID-19

Pelaksanaan kurikulum pada kondisi khusus bertujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Satuan pendidikan pada kondisi khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dapat :

1) tetap mengacu pada Kurikulum Nasional;
2) menggunakan kurikulum darurat; atau
3) melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri



Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) yang disiapkan oleh Kemendikbud merupakan penyederhanaan dari kurikulum nasional. Pada kurikulum tersebut dilakukan pengurangan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya.

Kemendikbud juga menyediakan modul-modul pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) yang diharapkan dapat membantu proses belajar dari rumah dengan mencakup uraian pembelajaran berbasis aktivitas untuk guru, orang tua, dan peserta didik.

Modul belajar PAUD dijalankan dengan prinsip Bermain adalah Belajar. Proses pembelajaran terjadi saat anak bermain serta melakukan kegiatan sehari-hari. Sementara itu, untuk jenjang pendidikan SD modul belajar mencakup rencana pembelajaran yang mudah dilakukan secara mandiri oleh pendamping baik orang tua maupun wali.



Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat Pandemi COVID-19

Link
https://www.jpnn.com/news/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pandemi-covid-19

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Rabu, 12 Agustus 2020 08.00 – 08.30 : Mickey Mouse Clubhouse: Mickey Pergi Memancing (PAUD) 08.30 – 09.00 : Sahabat Pelangi: Yeay Menang! (SD Kelas 1-3) 09.00 – 09.30 : Peta Baru Indonesia (SD Kelas 4-6) 09.30 – 10.00 : Berani Lawan Korupsi (SMP) 10.00 – 10.05 : Bahasa Inggris : Come over to my place (Datang ke tempatku) 10.05 – 10.30 : Vokasi Kini: Anak Muda Mengawal Energi Terbarukan (SMA/SMK) 10.30 – 11.00 : Berkarir dan Berkeluarga (Keluarga Indonesia)
Soal dan Jawaban SD Kelas 1-3 dan 4-6 Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 12 Agustus 2020

Inilah Alasan SMK dan Perguruan Tinggi Diizinkan Praktikum Tatap Muka
Inilah Alasan SMK dan Perguruan Tinggi Diizinkan Praktikum Tatap Muka

LINK https://mamikos.com/info/link-situs-resmi-pembelajaran-daring-dari-kemendikbud/
Situs Resmi Pembelajaran Daring

Close