Keindahan Kepulauan Anambas yang Ratusan Pulaunya Tak Berpenghuni, Kabupaten Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Ibu kotanya adalah Tarempa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna.

Keindahan Kepulauan Anambas
yang Ratusan Pulaunya Tak Berpenghuni

 

Kepulauan Anambas

Posisi geografis Provinsi Kepulauan Riau terbentang dari selat Malaka sampai dengan laut (Natuna) Cina Selatan dan berbatasan langsung dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Singapore sebagai pusat perdagangan dunia menjadikan Provinsi Kepulauan Riau memiliki peran strategis dalam lalu lintas perdagangan dunia.

Provinsi Kepri memiliki luas wilayah 251.810 km2. Dimana 96% diantaranya merupakan lautan dan 4% berupa daratan yang di rangkai oleh 2.408 pulau dengan garis pantai sepanjang 2.367,6 km.Pusat pusat kegiatan di Provinsi Kepulauan Riau dapat dijangkau dari Singapura dengan jarak tempuh kurang lebih 1 – 2 jam perjalanan menggunakan sarana transportasi laut.

Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari 5 (lima) kabupaten dan 2 (dua) kota, meliputi Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kota Tanjungpinang, dan Kota Batam.

Kepulauan Anambas, kepulauan yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan ini terletak di Kepulauan Riau. Memiliki letak yang strategis, yakni berbatasan langsung dengan Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Kepulauan Anambas terdiri dari 255 pulau dengan hanya 26 pulau yang berpenghuni. Kepulauan ini merupakan Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kepulauan Anambas dan Laut Sekitarnya yang disahkan dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI No. 37/KEP-MENKP/2014.

Keindahan Anambas dinobatkan sebagai peringkat pertama pulau tropis terindah di Asia versi CNN pada 2012 mengalahkan Koh Cang dan Similand (Thailand), Langkawi (Malaysia), serta Teluk Halong (Vietnam).

Kepulauan Anambas yang Ratusan Pulaunya Tak Berpenghuni

Pulau-pulau kecil di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, Dari 256 pulau yang ada, baru 26 pulau yang berpenghuni, selebihnya masih belum berpenghuni. 229 sisanya belum dihuni. Ratusan pulau tersebut sudah masuk pengembangan wilayah dan penataan ruang. Pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan melakukan verifikasi ulang pulau di Anambas. Karena masih banyak pulau itu yang namanya berbeda dengan sebutan masyarakat nelayan.

Keindahan Kepulauan Anambas

Deretan laguna berwarna biru terang dengan koral dan biota laut yang melimpah menjadi pemandangan yang menakjubkan, membentang dari pulau Tukong Malang Biru hingga ke Pulau Tokong Berlayar.

Total pulau di Kabupaten Kepulauan Anambas yang indah itu mencapai 255 buah pulau, sekitar 26 pulau dihuni oleh penduduk dari berbagai suku baik Melayu, Cina, Padang, dan Suku Jawa yang mendiami daerah transmigrasi. Sementara 229 pulau lainnya tidak berpenghuni. Wisata Anambas pastinya adalah Destinasi keren Wisata Indonesia.

Kepulauan yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau ini menyimpan beragam destinasi wisata yang begitu indah Kepulauan Anambas kerap mendapat julukan surga kecil di perbatasan Indonesia.

Destinasi Wisata di Kepulauan Anambas

  1. Pulau Bawah
Pulau Bawah

Pulau Bawah

dunia Objek wisata di Anambas yang dikelilingi oleh lautan dangkal dan jernih itu telah memiliki resort. Pulau Bawah di Kepulauan Anambas pernah berhasil mendapatkan gelar sebagai salah satu destinasi wisata tropis terbaik di dunia Objek wisata di Anambas yang dikelilingi oleh lautan dangkal dan terdapat tiga laguna yang menyejukkan mata. Pada tahun 2012 CNN menobatkan Pulau Bawah sebagai Asia’s Best Tropical Island.

  1. Tarempa
Tarempa

Tarempa

 

Terletak di Pulau Siantan, Tarempa adalah pusat dari Kepulauan Anambas terdapat pantai Tanjung Momong dengan yang pemandangan indah. Terdapat juga kota Tarempa yang tenang sambil menikmati sunset di atas dermaga dengan ditemani oleh ikan-ikan kecil

  1. Pulau Durai
Pulau Durai

Pulau Durai

Pulau Durai terletak di Kecamatan Palmatak. Destinasi wisata di Kepulauan Anambas ini bukan hanya menjanjikan pantai pasir putih dan juga penyu-penyu yang menjadikan Pulau Durai sebagai habitatnya.

  1. Air Terjun Temburun
Air Terjun Temburun

Air Terjun Temburun

Fenomena alam yang  jarang bisa kamu temukan di tempat lain adalah Air Terjun Temburun yang berada di Desa Temburun ini mengalir langsung ke lautan lepas.  Terjun Temburun ini sendiri terdiri dari tujuh tingkatan yang membuatnya tampak begitu megah.

  1. Pulau Penjalin
Pulau Penjalin

Pulau Penjalin

Pulau Penjalin terdapat pasir halus, perairan indah, hingga karang-karang yang eksotis menjadi komposisi yang menyempurnakan keindahan wisata di Kepulauan Anambas satu ini. Untuk  hobi snorkeling sangat cocok disini karena panorama bawah laut yang ditawarkan di peraira sekitar wisata Kepulauan Anambas ini sangatlah mempesona.

  1. Pantai Arung Hijau

 

Pantai Arung Hijau

Pantai Arung Hijau

Pantai Arung Hijau yang berada di Desa Taingau, Kecamatan Siantan. Pesona alam bawah laut di sekitar objek wisata Anambas ini juga terkenal sangat indah sehingga kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi diving favorit.

  1. Pulau Piugus
Pulau Piugus

Pulau Piugus

Pulau Piugus menyajikan ketenangan yang sulit ditemukan di tempat lain. Deretan resort yang dibangun di atas laut kawasan wisata Kepulauan Anambas.

  1. Pulau Mengkian Panjang
Pulau Mengkian Panjang

Pulau Mengkian Panjang

Pulau Mengkian Panjang adalah salah satu surga tersembunyi di Kepulauan Anambas. Ukurannya yang kecil dan langsung dikelilingi oleh perairan biru, kawasan wisata di Pulau Anambas ini tidak berpenghuni, sehingga memberikan pengalaman traveling yang lebih private.

  1. Pulau Nongkat
pulau nongkat

pulau nongkat

Pulau Nongkat dengan formasi batu-batu besar yang berdiri kokoh membingkai pantai yang tenang.

  1. Pasir Busung
Pasir Busung

Pasir Busung

Pulau Pasir Busung hanya berupa daratan pasir keputihan yang dikelilingi perairan dengan warna kebiruan yang indah. Tapi, jangan lupa untuk datang ke Pasir Busung ketika air laut tengah surut karena jika air laut tengah pasang maka pulau ini akan menghilang tertutup permukaan air laut.

Provinsi Kepulauan Riau terdapat suku  Melayu, Bugis, Jawa, Arab, Tionghoa, Padang, Batak, Sunda dan Flores. Keberagaman sosial budaya masyarakat telah membentuk tatanan masyarakat yang harmonis, kehidupan beragama berlangsung rukun dan damai di seluruh penjuru Provinsi Kepulauan Riau.

Bangsa Melayu yang tinggal di Kepulauan Riau dikenal karena keramahan dan kehangatannya. Seiring dengan berkembang pesatnya perekonomian Kepulauan Riau, banyak orang yang mencoba peruntungan di sini dan terjadi interaksi berbagai macam suku, budaya, ras, dan bangsa. De mikian artikel tentang Keindahan Kepulauan Anambas yang Ratusan Pulaunya Tak Berpenghuni,  semoga bermanfaat.

Source: ksmtour.com, kkp.go.id

Keindahan Kepulauan Anambas yang Ratusan Pulaunya Tak Berpenghuni

Read previous post:
Info-Tempat-Kuliner-Ayam-Bakar-Di-Bandung
Tempat Kuliner Ayam Bakar Di Bandung

Close