Kartu Prakerja Gelombang 12 Februari 2021 Pekerja Bisa Dapat BLT Rp 3,5 Juta. Pemerintah memastikan melanjutkan Program Kartu Prakerja tahun ini. Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 pun tinggal menunggu lampu hijau.

Kartu Prakerja Gelombang 12 Februari 2021 Pekerja Bisa Dapat BLT Rp 3,5 Juta

Lalu kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka? Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 tinggal menunggu waktu. Jika sudah dibuka, tidak hanya pengangguran yang bisa daftar tapi para pekerja dibolehkan daftar Kartu Prakerja. Pekerja yang diterima Kartu Prakerja akan mendapatkan BLT sebesar Rp3,55 juta.



Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tahutu mengatakan, pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 akan dibuka setelah ada keputusan Komite Cipta Kerja (KCK) yang dipimpin Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Total BLT yang didapat adalah Rp3,55 juta, dengan rincian Rp600 ribu untuk biaya pelatihan tiap bulan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta dan Rp1 juta sebagai insentif biaya pelatihan, serta Rp150 ribu sebagai biaya survei.

Kini para pekerja menaruh harapan bisa mengikuti Kartu Prakerja, sebab program BLT subsidi gaji tidak dilanjutkan.



Lalu bagaimana cara daftarnya Kartu Prakerja Gelombang 12 Februari 2021?

Sebelum mendaftar pastikan kalian memenuhi syarat seperti.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia di atas 18 tahun.
  3. Tidak sedang melakukan kuliah atau sekolah.
  4. Bukan merupakan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, anggota Kepolisian, Kepala desa dan perangkat desa, Direksi, komisaris, dan dewan pengawas pada BUMN/BUMD.

Calon peserta juga sebaiknya memahami tahapan-tahapan untuk mendaftar, sebagai berikut:

  1. Buka laman www.prakerja.go.id
  2. Klik ‘daftar’. Lalu isi alamat email, password, dan konfirmasi password. Pilih ‘Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku’ dan daftar.
  3. Setelah itu, data akan diverifikasi melalui email. Klik verifikasi data melalui email. Kemudian Verifikasi data dengan masukkan 16 digit nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir.
  4. Verifikasi telepon dengan masukkan data diri dan nomor HP. Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS.
  5. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), masukkan data diri, dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun. Saat foto, pastikan seluruh wajah terlihat jelas. Jangan gunakan kacamata dan masker.
  6. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online
  7. Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka
  8. Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Kartu Prakerja Gelombang 12.




Meski begitu, tetap ada seleksinya, sehingga mereka tak serta merta langsung diterima sebagai peserta. Program Kartu Prakerja menerapkan pendaftaran mandiri, seseorang harus mendaftar di situs Prakerja. Pada saat mendaftar, mereka harus mengisi form deklarasi diri dengan menjawab serangkaian pertanyaan.

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2021/02/12/320/2360879/kartu-prakerja-gelombang-12-dibuka-pekerja-bisa-dapat-blt-rp3-5-juta

Read previous post:
Jadwal Tempat Layanan SIM dan STNK Keliling
Jadwal SIM Keliling Bandung Sabtu 13 Februari 2021

Close