Karir Peluang Kerja Jurusan Kuliah IPS Serta Gaji. Untuk anak IPS, jangan berpikir kalau kalian tidak memiliki peluang kerja luas seperti halnya anak IPA. Apapun jurusan kalian, sama-sama memiliki prospek kerja yang cerah di masa depan asalkan bisa memilih jurusan yang tepat dengan minat dan bakatmu.

20 jurusan kuliah IPS berikut ini bisa dipilih untuk kalian calon mahasiswa yang ingin masuk kuliah di tahun depan.Memilih jurusan kuliah yang tepat akan berpengaruh besar terhadap jalur kariermu di masa depan.


Karir Peluang Kerja Jurusan Kuliah IPS Serta Gaji

Dikutip dari laman edukasi.sindonews.com, berikut ini ada 20 pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS. Disediakannya 20 pilihan ini diharapkan bisa mempermudah kalian untuk mencari jurusan yang tepat di bangku kuliah nanti.

Fakultas Psikologi

1. Psikologi

Jurusan Psikologi tersedia di semua perguruan tinggi negeri maupun swasta. Biasanya jurusan ini terbagi atas beberapa peminatan, seperti psikologi klinis, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, hingga psikologi organisasi.

Sudah tingginya kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan mental sehingga berkarier sebagai psikolog menjadi peluang kerja yang bagus untuk lulusan psikologi.

Namun bukan hanya menjadi psikolog, lulusan jurusan Psikologi pun bisa bekerja sebagai HRD, konsultan pendidikan, konselor, penulis buku, hingga dosen.

Karir Peluang Kerja Jurusan Kuliah IPS Serta Gaji

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

1. Manajemen

Jurusan ini selalu menjadi favorit di kala penerimaan mahasiswa baru. Bahkan peminat jurusan Manajemen ini selalu tembus di angka 1.000 pendaftar tiap tahunnya.

Hal ini tidak lepas dari prospek kerjanya yang menjanjikan di segala bidang. Jurusan ini mempelajari bagaimana mengelola bisnis dari sisi manusia, operasional, dan pengelolaan keuangan. Lulusannya bisa berkarier menjadi management trainee, pengusaha, pegawai bank, konsultan, project manager, hingga pendiri start-up.

2. Bisnis Digital

Perkembangan teknologi makin ke sini makin canggih dan mempengaruhi seluruh lini kehidupan manusia. Banyaknya perusahaan start-up bidang teknologi yang bermunculan menjadikan lulusan Bisnis Digital ini diburu setiap tahunnya.

Jurusan ini akan memberikan mahasiswanya ilmu mengenai perencanaan bisnis start-up, statistika, pengembangan web, SEO, digital marketing, market research, consumer behaviour, hingga desain produk.

Jurusan ini dibutuhkan di masa depan dengan prospek kerja di antaranya menjadi CEO perusahaan teknologi, social media specialist, SEO specialist, pengusaha, hingga digital marketing specialist,

3. Manajemen Event (MICE)

Jurusan ini merupakan kombinasi yang menarik bagi kalian yang kreatif, suka berkomunikasi dengan orang lain, dan senang berkontribusi dalam sebuah acara.

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA MA SMK Halaman 210 Membandingkan Isi Teks Resensi

Perencanaan dan pengelolaan acara, business strategy, public relation, budgeting, dan lainnya akan dipelajari bagi kalian yang ingin menjadi profesional sebagai pendiri Event Organizer (EO), Wedding Organizer (WO), promotor konser musik, pengusaha.

4. Akuntansi

Sama halnya dengan Manajemen, jurusan Akuntansi juga banyak diburu oleh calon mahasiswa. Misalnya saja di Universitas Indonesia, daya tampung jurusan Akuntansi yang hanya 60 kursi diperebutkan oleh 2.307 pendaftar.

Hal ini tidak terlepas dari prospek kerja akuntansi yang menjanjikan. Misalnya menjadi Auditor, akuntan, risk assurance, atau konsultan di “Big Four”. Big Four ini merupakan sebutan dari empat Kantor Akuntan Publik (KAP) terbesar di dunia, yakni Deloitte, E&Y, KPMG, dan PWC. Sebuah pencapaian yang bergengsi jika kamu berhasil masuk ke sana.

Karir Peluang Kerja Jurusan Kuliah IPS Serta Gaji

Fakultas Ilmu Budaya dan Bahasa

1. Sastra Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai di semua negara dan segala bidang. Hal ini yang menjadikan belajar bahasa Inggris sangatlah penting. Dengan masuk Sastra Inggris, kalian tidak hanya belajar berbahasa asing, namun mahir menulis dan berpikir kritis dan kreatif.

Lulusan Sastra Inggris bisa bekerja sebagai jurnalis, content creator, songwriter, penulis, copywriter, content creator, dan penerjemah.

2. Sastra Cina (Tiongkok)

Setelah bahasa Inggris, bahasa Cina menempati posisi kedua bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dengan total 1,12 miliar orang.

Perkembangan ekonomi Cina saat ini semakin hebat. Selain itu, Indonesia juga menjalin kerja sama perekonomian dengan negara ini. Pastinya, lulusan Sastra Cina dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan asing sebagai penerjemah atau humas.

Selain menjadi humas, kalian bisa menjadi penerjemah, personal assistant di perusahaan Cina, pengusaha, hingga jurnalis.

3. Sastra Jepang

Di beberapa kampus, peminat Jurusan Sastra Jepang hanya di bawah 1.000 orang. Hari-hari kamu akan diisi dengan menganalisis buku, film, naskah drama, hingga sejarah dan kebudayaan Jepang. Kamu belajar memahami tata bahasa (bunpou), percakapan (kaiwa) dan mendengar (choukai).

Prospek kerja: translator atau penerjemah di perusahaan jepang, translator film dan serial, tour guide. Dilansir dari payscale, gaji penerjemah Bahasa Jepang bisa mencapai 75 juta – 99 juta dalam setahun, lho!

4. Sastra Indonesia

Kalian yang masuk jurusan Sastra Indonesia akan mempelajari mata kuliah mengenai Morfologi, Sintaksis, Pengantar Kesusastraan, Semiotika, hingga Jurnalistik. Kamu juga belajar Sosiolinguistik dan Psikologi Sastra. Kedua mata kuliah ini mengkaji penggunaan bahasa dalam situasi tertentu.

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Halaman 283 284 285 286 Soal Pilihan Ganda dan ESSAI

Setelah lulus kalian bisa memilih bekerja sebagai wartawan, penulis naskah film, penulis buku, pencipta lagu, content writer, copywriter, penerjemah, bahkan seorang content creator.

5. Sastra dan Kebudayaan Korea

Tren Korea baik itu lagu, drakor, hingga film, budaya, hingga kulinernya semakin merambah ke berbagai dunia bahkan Indonesia. Itu sebabnya, jurusan Sastra Korea diminati belakangan ini. Selain bahasa, kamu juga mengkaji Drama, Sejarah, serta Filsafat dan Pemikiran Modern Korea.

Selain bisa menjadi penerjemah baik di perusahaan ataupun penerjemah film/drama, kalian berpeluang menjadi staf agensi di Korea dan juga personal assistant.

Karir Peluang Kerja Jurusan Kuliah IPS Serta Gaji

Fakultas Seni, Desain, dan Pendidikan

1. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual masuk dalam daftar jurusan populer setiap penerimaan mahasiswa baru. Contohnya saja di ITB, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang didalamnya ada jurusan Desain Komunikasi Visual diminati oleh 1.677 pendaftar di SBMPTN 2021 padahal hanya tersedia 170 kursi saja.

Jurusan ini cocok untuk orang-orang yang kreatif dan suka menggambar. Kalian akan bisa bekerja sebagai desainer grafis, motion desainer, ilustrator, atau freelance (pekerja lepas).

2. Animasi

Jika DKV fokus terhadap pembuatan desain, jurusan Animasi mempelajari teori dan teknik dalam membuat animasi 2D dan 3D dalam film, games, dan bidang lainnya. Prospek kerja Animasi juga menjanjikan sebab perkembangan dunia perfilman hingga periklanan yang semakin membutuhkan lulusan Animasi.

Jika masuk jurusan Animasi, kalian bisa memperdalam ilmu mengenai Visual Art Composition, Critical Reading and Storytelling, Introduction to CGI, 3D Visual Composition, Animation Fundamentals, dan sebagainya.

3. Desain Interior

Berbeda dengan Arsitektur yang mempelajari perancangan dan struktur bangunan, jurusan Desain Interior menekankan pada pemanfaatan tata letak dan estetika ruangan berdasarkan perhitungan biaya serta luas bangunan.

Prospek kerja: konsultan interior dan desain interior. Di Indonesia gaji lulusan Desain Interior berkisar dari 5 juta sampai belasan juta rupiah tergantung dari banyaknya project yang diambil.

4. Tata Rias

Jurusan ini berkaitan erat dengan kulit dan estetika. Namun bukan hanya belajar tentang tata rias wajah, kalian bisa mempelajari tentang anatomi, fisiologi, kesehatan kulit dan rambut, kimia kosmetik, keselamatan kerja, dan riset kecantikan.

Peluang kerjanya bisa bekerja di industri hiburan, menjadi Make Up Artist (MUA), pengajar, hingga membuka brand kosmetik ataupun klinik kecantikan sendiri.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal PAS UAS PKN Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Tahun 2022

5. Pendidikan Tata Boga

Jurusan Tata Boga ternyata masih berhubungan dengan Sains dan Ilmu Gizi lho. Tak cuma soal rasa, tetapi mahasiswanya belajar cara mengolah bahan makanan yang bergizi, sehat, dan juga estetik. Selain pengetahuan seputar bahan makanan, ada juga mata kuliah Pemasaran Jasa Boga, Gastronomi, sampai Ilmu Gizi.
Prospek kerja: Koki, pengusaha cafe, passtisier, food stylist, baker (pembuat roti dan kue), hingga food vlogger.

Karir Peluang Kerja Jurusan Kuliah IPS Serta Gaji

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

1. Sosiologi

Peminat jurusan Sosiologi masih sedikit di Indonesia. Contohnya saja di Universitas Airlangga hanya ada 441 pendaftar pada 2021 lalu. Ini artinya kesempatan kalian untuk masuk jurusan ini lumayan besar.

Lulusan Sosiologi dibutuhkan untuk membuat kebijakan, menganalisis perilaku masyarakat, dan memecahkan masalah sosial. Misalnya saja menjadi PNS, humas, dosen, atau menjadi UX Researcher di perusahaan start-up.

2. Komunikasi

Jurusan komunikasi menjadi salah satu jurusan dengan peminat tertinggi di Unpad. Pada 2021 lalu, peminat Ilmu Komunikasi di kampus yang berlokasi di Bandung itu mencapai 3.134 orang dengan daya tampung 34 orang saja.

Prospek kerja yang bisa dipilih yakni menjadi reporter, humas, marketing communication, content writer, sutradara film, fotografer, penyiar radio, dan sebagainya.

3. Hubungan Internasional

Mau punya wawasan yang luas dan jalan-jalan ke luar negeri? Jurusan ini bisa menjadi pilihan. Berbagai disiplin ilmu akan kamu temukan di sini, mulai dari Budaya, Politik, Ekonomi, Sejarah, hingga Bahasa.

Prospek kerja lulusan Hubungan Internasional seperti diplomat, reporter, konsultan, pegawai pemerintahan, staf kedutaan, dosen, staf PBB, politikus.

4. Kriminologi

UI, Universitas Riau, dan Universitas Budi Luhur adalah tiga kampus yang memiliki program studi Kriminologi. Jurusan ini memang asing di telinga, tetapi cocok untuk kalian yang pemberani dan mampu berpikir kritis dalam memecahkan fenomena kejahatan.

Prospek kerjanya mencakup staf kepolisian, kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jurnalis investigasi, Badan Intelijen Negara (BIN), detektif swasta, aktivis.

5. Hukum

Di Universitas Indonesia, jurusan Ilmu Hukum menjadi yang tertinggi peminatya pada SBMPTN 2021 dengan mencapai 3.161 pendaftar. Padahal daya tampungnya hanya 93 kursi.

Tingginya peminat jurusan ini tidak terlepas dari prospek kerjanya yang luas. Kalian bisa menjadi hakim, jaksa, pengacara, konsultan di law firm, politikus, notaris, hingga legal officer.

Karir Peluang Kerja Jurusan Kuliah IPS Serta Gaji

Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber : https://edukasi.sindonews.com


Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming