Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Kapan PIP 2022 SD, SMP, SMA, SMK Cair Lagi? Cek Nama Penerima dan Cara Mencairkan di 2 Bank BUMN Ini. Setelah selesai aktivasi rekening, maka dana Program Indonesia Pintar (PIP) 2022 bagi siswa SD, SMP, SMA, dan SMK baru bisa dicairkan ke rekening dua Bank BUMN yang ditunjuk pemerintah. Adapun untuk pengambilan dana PIP siswa SD, SMP, SMA, dan SMK dapat dilakukan secara perorangan dan secara kolektif.

Kapankah dana bantuan PIP 2022 bagi siswa SD, SMP, SMA, dan SMK cair lagi? Cek nama penerima resmi Program Indonesia Pintar dan cara untuk mencairkan uangnya di dua Bank BUMN berikut ini.

Baca Yuk :

Kapan PIP 2022 SD, SMP, SMA, SMK Cair Lagi? Cek Nama Penerima dan Cara Mencairkan di 2 Bank BUMN Ini

Program Indonesia Pintar Merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Namun, peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK harus menunggu hingga diterbitkan SK Pemberian PIP 2022 terlebih dahulu. Setelah itu, dana akan disalurkan ke rekening Bank BUMN masing-masing penerima sesuai jenjang pendidikannya.

Khusus pengambilan bantuan dana PIP secara kolektif, hanya dapat dilakukan jika berada di wilayah yang memang sulit untuk mengakses bank penyalur.

Adapun yang termasuk ke dalam kriteria wilayah sulit yang bisa mengambil dana PIP secara kolektif adalah:

  • – Tidak adanya kantor bank di kecamatan
  • – Biaya transport ke bank penyalur lebih besar dari bantuan yang akan diterima.

Kapan PIP 2022 SD, SMP, SMA, SMK Cair Lagi? Cek Nama Penerima dan Cara Mencairkan di 2 Bank BUMN Ini

Pengambilan secara kolektif dapat dikuasakan kepada pihak sekolah melalui kepala sekolah/ketua lembaga/bendahara sekolah/bendahara lembaga.

Pemegang KIP dengan jenjang SD/SMP/SMK/Paket A/Paket B/Kursus dapat mencairkan dana PIP di BRI, sedangkan pemegang KIP dengan jenjang SMA/Paket C dapat mencairkannya di BNI.

Khusus pemegang KIP jenjang SD/SMP, pengambilan dana PIP harus didampingi orang tua/wali/guru. Lantas, tanggal berapa dana PIP 2022 bagi siswa SD, SMP, SMA, dan SMK yang telah selesai melakukan aktivasi rekening BRI dan BNI dicairkan?

Kapan PIP 2022 SD, SMP, SMA, SMK Cair Lagi? Cek Nama Penerima dan Cara Mencairkan di 2 Bank BUMN Ini

Dikutip dari laman Instagram @sobatpip, diumumkan bahwa dana PIP 2022 diperkirakan akan cair pada Agustus 2022. Sedangkan untuk tanggal pastinya masih belum diumumkan. Kemungkinan antara tanggal 1-31 Agustus 2022.

“Jika aktivasi rekening antara 15 Mei-30 Juni 2022, maka perkiraan dana disalurkan pada bulan Agustus 2022,” tulis pengumuman di akun @sobatpip.

Berikut cara cek nama penerima PIP:

  1. – Masuk atau buka laman pip.kemdikbud.go.id
  2. – Pilih menu “Cek Penerima PIP”
  3. – Kemudian, siswa diminta mengisi NISN, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung dalam kolom yang tersedia.
  4. – Selanjutnya klik “Cek Data”

Siswa yang terdaftar sebagai penerima bantuan PIP 2022 wajib melakukan aktivasi rekening, khusus bagi siswa yang belum pernah menerima bantuan Program Indonesia Pintar dari Kemdikbud.

Batas aktivasi rekening bagi siswa kelas 6, kelas 9, kelas 12/13 yang dinyatakan sebagai penerima Surat Keputusan (SK) Nominasi Penerima PIP yakni sampai 30 Juni 2022.

Siswa didampingi orang tua/wali saat melakukan aktivasi rekening Simpanan Pelajar (SimPel) di BNI atau BRI agar bantuan PIP bisa cair.

Setelah melakukan aktivasi rekening SimPel, maka siswa atau orang tua wajib melaporkannya ke pihak sekolah atau lembaga pendidikan terkait.

Setelah itu, siswa tinggal menunggu diterbitkannya SK Pemberian PIP. Apabila SK sudah ada, maka dana bantuan PIP sudah bisa diambil melalui rekening yang sudah diaktivasi.

Demikianlah informasi mengenai jadwal pencairan dana bantuan PIP 2022 bagi siswa SD,SMP, SMA, dan SMK yang telah melakukan aktivasi rekening BRI dan BNI sampai 30 Juni 2022.

Kapan PIP 2022 SD, SMP, SMA, SMK Cair Lagi? Cek Nama Penerima dan Cara Mencairkan di 2 Bank BUMN Ini

Sumber :

  • pikiran-rakyat.com
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,