Kapan Hari Guru Nasional? 25 November 2022 Hari Jumat, Simak Sejarahnya. Tema Hari Guru Nasional 2022 adalah ‘Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar’. Guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan tujuan Kemendikbudristek melalui Program Merdeka Belajar, yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.


Kapan Hari Guru Nasional? 25 November 2022 Hari Jumat, Simak Sejarahnya

Hari guru 2022 diperingati kapan ya? Pertanyaan itu mungkin terbesit di benak kita. Ya hari guru diperingati setiap tanggal 25 November. Pada tahun ini, Hari Guru 25 November jatuh pada hari Jumat.

Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden saat itu yakni Soeharto pada tanggal 25 November 1994. Hal ini berdasarkan melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Penetapan hal itu sebagai penghormatan kepada guru, selain sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Dalam Program Merdeka Belajar saat ini, guru juga dikembalikan lagi kebebasannya yang selama ini terkesan hilang dan terbelenggu oleh kurikulum dan kebijakan yang sentralistik. Program ini juga akan memberikan peluang bagi guru dan peserta didik untuk menggali segala potensi sumber daya manusia (SDM), potensi budaya, dan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Untuk menyambut Hari Guru 2022, Kemendikbudristek memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan yang inspiratif. Caranya dengan membuat video pendidikan dan naskah namun sudah ditutup pada 22 Oktober 2022 lalu. Penetapan peserta terbaik akan dilakukan pada 24 November dan penghargaan akan diberikan pada Puncak Hari Guru 2022 pada 25 November.

Kapan Hari Guru Nasional? 25 November 2022 Hari Jumat, Simak Sejarahnya

Sejarah Hari Guru Nasional, Diperingati Tiap Tanggal 25 November

Sejarah Hari Guru Nasional cocok disimak jelang tanggal 25 November. Sejarah Hari Guru Nasional tak bisa dilepaskan dari sejarah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sejarah Hari Guru Nasional berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912, yang pada akhirnya diubah menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGI) di tahun 1932.

Menilik kembali dari sejarahnya yang dilansir di situs PGRI DKI, perubahan nama dari PGHB menjadi PGI ini mengejutkan pemerintah Belanda, karena kata ‘Indonesia’ yang mencerminkan semangat kebangsaan sangat tidak disenangi oleh Belanda. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang diinginkan oleh para guru dan bangsa Indonesia.

Hari guru dilatarbelakangi oleh lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang dulunya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. PGHB dibentuk untuk memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki latar pendidikan berbeda-beda.

Pada tahun 1932, PGHB berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pada saat Indonesia diduduki oleh Jepang, segala bentuk organisasi dilarang, sekolah ditutup, termasuk PGI sehingga tidak dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Meski begitu, semangat kebangsaan guru-guru Indonesia tidak pernah pudar meskipun bekerja dibawah pemerintahan Jepang. Untungnya Jepang mempercayai bahwa pendidikan sangat diperlukan untuk kemajuan dan pembangunan bangsa. Pendidikan yang baik dilahirkan dari guru yang baik pula maka dari itu Jepang sangat menghormati guru. Guru dan dokter mendapat panggilan kehormatan “Sensei” yang berarti “mula-mula hidup” atau “orang yang tertua”.

Lebih lanjut, mari kita simak sejarah Hari Guru Nasional di bawah ini.

Pada zaman kependudukan Jepang, segala organisasi yang berkaitan dengan pendidikan itu mulai dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas mereka. Namun, dalam Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta, para sekelompok organisasi dan guru-guru mulai bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari sinilah, pada tanggal 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Kapan Hari Guru Nasional? 25 November 2022 Hari Jumat, Simak Sejarahnya

Lahirnya Hari Guru Nasional

Tiga bulan setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, Kongres I PGRI diselenggarakan dari tanggal 24-25 November 1945. Pada kongres itu disepakati berdirinya PGRI sebagai wahana persatuan dan kesatuan segenap guru di seluruh Indonesia. Maka, sebagai penghormatan kepada para guru, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI tersebut sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati setiap tanggal 25 November tiap tahunnya.

Berbeda dengan perayaan Hari Guru di negara lain, Hari Guru Nasional di Indonesia bukan menjadi hari libur nasional. Biasanya pada Hari Guru dan Hari PGRI, tiap sekolah merayakannya dengan upacara. Tidak hanya itu, ada pula kegiatan pemberian tanda jasa kepada para guru.

Dengan mengetahui sejarah lahirnya hari guru, semoga kita bisa selalu menghargai jasa pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu berjuang untuk mencerdaskan bangsa, ya! Doakan juga para guru kita agar selalu sehat dan semangat untuk terus melahirkan putra-putri penerus bangsa.

Dengan semangat yang membara, Persatuan Guru Republik Indonesia serentak bersatu untuk mengisi kemerdekaan mereka dengan tiga tujuan:

  1. Mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia.
  2. Mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan.
  3. Membela hak dan nasib buruh umumnya, guru pada khususnya.

Dari sejarah Hari Guru Nasional yang sudah dilalui oleh Persatuan Guru Republik Indonesia, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November yang ditandai sebagai Hari Guru Nasional.

Kapan Hari Guru Nasional? 25 November 2022 Hari Jumat, Simak Sejarahnya

Sumber :


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming