Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS. Untuk Sobat Phi yang semasa SMA memilih jurusan IPS, banyak jurusan kuliah yang cocok untuk kamu. Tapi hanya sedikit yang akan dibutuhkan pasar dalam lima tahun ke depan. Inilah jurusan yang PhiRadio maksud. Disimak, ya!

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS



  1. Ekonomi

Hampir semua lapangan pekerjaan membutuhkan para lulusan ilmu ekonomi. Baik di sektor swasta maupun pemerintahan. Hal ini dikarenakan jurusan ekonomi mengajarkan skill-skill utama yang dibutuhkan di pasar kerja. Jadi tidak heran jurusan ekonomi selalu menjadi jurusan populer untuk lulusan IPS dan akan selalu menjadi jurusan yang dibutuhkan kapanpun, baik itu 5 tahun ke depan atau lebih.

  1. Komunikasi

Meski namanya ilmu komunikasi, di jurusan ini kamu tidak cuma belajar cara berkomunikasi. Ilmu menarik seperti belajar public speaking, menulis berita, belajar memahami fotografi, belajar desain dan animasi, membuat sebuah iklan, dan film juga akan kamu pelajari di dalam jurusan ini. Pokoknya, kamu akan mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien dan efektif juga mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman.

  1. Sosiologi



Sosiologi adalah ilmu murni yang menganalisa masyarakat. Selain mempelajari teori, jurusan ini juga banyak praktikum menganalisa perilaku masyarakat sesuai dengan topik yang diberikan. Nantinya ketika lulus dalam jurusan ini, kamu akan menjadi seorang sosioliog.

Seorang sosiolog akan dibutuhkan dalam banyak bidang, misalnya di instansi pemerintah. Sosiolog akan mengadakan riset dan hasil riset tersebut akan memberikan masukan bagi pemerintah mengenai kebijakan yang akan diterapkan di masa depan. Tidak hanya terbatas di bidang pemerintahan, sosiologi juga dibutuhkan untuk semua bidang yang berkenaan dengan masalah-masalah sosial.

  1. DKV

Jurusan Desain Komunikasi Visual atau yang biasa disebut dengan DKV ini merupakan cabang dari ilmu desain yang membahas konsep komunikasi, kreativitas, teknik dan media dengan menggunakan visual untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang bersifat mengajak atau untuk mempengaruhi pembaca. Jurusan DKV ini juga merupakan penggabungan antara seni rupa dan teknik berkomunikasi.

  1. Administrasi Bisnis

Jurusan yang satu ini cukup dikenal dengan nama Administrasi Niaga. Ketika mengambil jurusan ini, Sobat Phi akan mempelajari tentang administrasi secara umum serta tentang manajemen pekerjaan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data secara akurat demi mendukung sebuah usaha bisnis agar efektif dan efisien. Prospek kerjanya di 5 tahun mendatang pun cukup luas, seperti menjadi Agen Pembelian (Tidak Termasuk Grosir, Retail dan Produk Pertanian), Administrasi, Sekretaris Eksekutif, dan Manajer Produksi Industri.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS



Jurusan kuliah tadi memiliki prospek yang bagus dalam waktu 5 tahun ke depan, bahkan lebih. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan bakat, serta pertimbangkan pula biayanya ya, Sobat Phi!

*source: mamikos.com

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jurusan Kuliah Ini Terkenal Sulit!
Jurusan Kuliah Ini Terkenal Sulit!

Pilihan Jurusan untuk Berkarir di Dunia Kuliner selain Tata Boga
Pilihan Jurusan untuk Berkarir di Dunia Kuliner selain Tata Boga

Cara Dapat Beasiswa dengan Mudah? Coba Tips Ini Yuk
Cara Dapat Beasiswa dengan Mudah? Coba Tips Ini Yuk

Close