Jet Temput Produksi BOEING F-15EX. Belum lama ini Boeing sudah menyelesaikan uji terbang pesawat jet tempur pertamanya yaitu F-15EX. Wakil presiden Boeing Prat Kumar mengatakan, uji terbang itu berlangsung selama 90 menit dan pesawat bekerja seperti apa yang diharapkan. Jet tempur produksi Boeing F-15EX diklaim mampu menunjang modernisasi Angkatan Udara AS dengan menggabungkan sistem manajemen pertempuran, sensor canggih dan senjata yang di desain digital.

Jet Temput Produksi BOEING F-15EX

Jet temput produksi Boeing F-15EX mempunyai sistem peperangan elektronik Eagle Passive/Active Warning dan Survivability System yang dibuat oleh BAE Systems. Pada bagian radar, jet tempur produksi Boeing dilengkapi dengan radar AN/APG-82 Raytheon Technologies, kontrol penerbangan kokpit digital.



Jet tempur produksi Boeing sepintas menyerupai F-15 yang sudah diterbangkan Angkatan Udara AS terlebih dahulu. Namun, jet temput produksi Boeing F-15EX ini memiliki fitur kontrol penerbangan fly-by-wire, dengan kabin kokpit digital serta didukung oleh sistem komputer ADCP-II Honywell. Kabarnya Boeing akan mengirimkan dua pesawat F-15EX pertama ke Angkatan Udara AS pada akhir Maret mendatang.

Departemen Pertahanan Amerika dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk membeli jet F-35 tambahan sebagai pengganti pesawat tempur yang sudah tua. Namun, anggaran yang dibutuhkan diprediksi akan mencapai 1,5 triliun dollar AS.
Pada periode pembelian pertama, AS membeli delapan pesawat dengan biaya 1,2 miliar dollar AS atau senilai 1,6 triliun Rupiah. Boeing berharap, Angkatan Udara AS memesan setidaknya 144 unit pesawat F-15EX. Namun dalam kontrak yang disepakati, memungkinkan Angkatan Udara AS untuk membeli hingga 200 pesawat jet.

Boeing meyakinkan, kemampuan digital jet tempur tersebut bisa menjadi tulang punggung serta kemampuan kunci Angkatan Udara AS di masa depan.

Varian baru F-15 ini juga memiliki kontrol penerbangan fly-by-wire, kokpit digital baru, radar AESA modern, dan ADCP-II, komputer misi tercepat di dunia.



F-15EX yang disebut sebagai versi paling canggih hingga saat ini juga dilengkapi sistem peperangan elektronik Eagle Passive/Active Warning and Survivability System. Kemampuan tersebut berguna untuk meningkatkan efektivitas misi dan kemampuan bertahan bagi operator.

Spesifikasi Pesawat F-15EX

Boeing F-15EX memiliki sistem peperangan elektronik Eagle Passive/ Active Warning dan Survivability System yang dibuat oleh BAE Systems. Pada bagian radar, dilengkapi dengan radar AN / APG-82 Raytheon Technologies, kontrol penerbangan kokpit digital.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210205204253-199-602956

Read previous post:
blt-umkm-eform-bri
BLT UMKM Februari 2021 Rp 2,4 Juta Kembali Disalurkan Bank BRI

Close