Jawaban Terbaik Pertanyaan Wawancara. Adakalanya kita kesulitan menjawab pertanyaan ketika sedang wawancara. Entah itu wawancara untuk mendapatkan beasiswa ataupun pekerjaan. Berikut ini Phi Radio merangkum tiga pertanyaan yang sering dilontarkan pewawancara. Disertai dengan tips cara menjawabnya. Simak baik-baik, ya!

Jawaban Terbaik Pertanyaan Wawancara

Pertanyaan 1: Ceritakan Tentang Diri Anda.

Ini adalah pertanyaan beasiswa yang paling umum. Kemungkinan besar juga pertanyaan pertama yang diajukan oleh pewawancara. Ketika pewawancara menanyakan pertanyaan ini, mereka tidak bermaksud agar kamu mengoceh tentang cerita kehidupan kamu. Pewawancara pada dasarnya memberimu kesempatan untuk membedakan diri dari kelompok pelamar. Oleh karena itu, ini bisa menjadi waktu untuk memberi petunjuk tentang minat utama kamu.



Contoh Jawaban:

Nama saya Janice, dan saat ini saya mahasiswa baru di Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Saya senang belajar di sana, terutama karena saya bisa mengambil Studi Amerika dan Studi Wanita & Gender. Juga, saya menghabiskan banyak waktu di luar studi saya mengikuti kemajuan teknologi. Untuk efek ini, saya memiliki saluran YouTube yang membahas tren terbaru dalam Kecerdasan Buatan dan Robotika. Saat saya tidak membaca atau mendengarkan musikSaya suka menghabiskan waktu bersama nenek saya.

Tips: Pastikan untuk membuat daftar hal-hal menarik tentang diri kamu tanpa memakan waktu lebih dari satu menit. Di sini, minat utama Janice adalah Humaniora, meskipun dia berbicara tentang minat lain.

Pertanyaan 2 : Kegiatan Ekstra Apa yang Kamu Libatkan?

Di sini, pewawancara mencoba mencari tahu aktivitas kamu. Intinya, pewawancara ingin mengintip kepribadianmu. Ingin pula melihat bagaimana kamu berbaur dan berinteraksi dengan orang lain dalam satu tim.



Contoh Jawaban :

Saat ini saya bersama tim Baseball. Saya bermain quarterback dan saya pergi dengan pelatih paling sering untuk melatih tim Ivy League komunitas. Di rumah, saya sering mengunjungi gym untuk melatih anak-anak yang ingin menjadi petinju. Saya suka semangat dan tekad mereka. Saya juga bernyanyi bersama paduan suara di gereja pada hari Minggu. Saya orang yang supel dan ketiga aktivitas ini membantu saya berbagi pengetahuan, serta belajar dengan orang lain.

Tips: Nah, Sobat Phi bisa lihat kan, dari jawaban untuk pertanyaan ini bahwa pemohon beasiswa menunjukkan bahwa ia bekerja dengan baik dalam kelompok dan juga memiliki beberapa keterampilan mengajar.

Pertanyaan 3: Apa Kekuatan/Kelemahan Terbesar Kamu?

Pertanyaan ini dimaksudkan apakah kamu sadar akan potensi dan kekurangan diri sendiri. Yang perlu kamu lakukan di sini sederhana: nyatakan kekuatan terbesar kamu dan berilah gambaran bahwa kamu mau berusaha memperbaiki diri dari waktu ke waktu. Berikan contoh yang menunjukkan bagaimana kamu menerapkannya.

Contoh Jawaban :

Saya pikir saya benar-benar pandai memenangkan orang lain untuk sebuah ide. Dua bulan lalu, saya dan beberapa teman kuliah mendapat proyek untuk membantu perusahaan mengubah praktik akuntansi. Dan itu berhasil.

Sedangkan kelamahan, saya tidak bisa mengekspresikan diri dengan baik di tengah orang banyak. Namun, saya terus mencari cara untuk lebih blak-blakan. Saya bergabung dengan klub teater untuk mencapai perguruan tinggi untuk dapat menghadapi orang banyak dan berbicara.



Tips: Gunakan pengalaman hidup kamu untuk memberikan jawaban atas pertanyaan di atas. Ini adalah praktik terbaik.

Jawaban Terbaik Pertanyaan Wawancara

Nah, itulah pertanyaan yang lazim dilontarkan pewawancara. Jawabannya tidak perlu dihapal, ya. Cukup dipraktikkan saja depan cermin, tentunya tanpa mengada-ngada. Good luck ya, Sobat Phi!

//sumber: https://worldscholarshipforum.com/id/scholarship-interview-questions/

Read previous post:
Lulusan-Jurusan-Ekonomi-Pembangunan
Prospek Karier Lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan

Close