Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Live Streaming

Jawaban Kelas 8 SMP MTS Soal IPA Halaman 285 dan 286, Uji Kompetensi Bab 6 Sistem Peredaran Darah Manusia. Soal ini dimuat dalam buku Kemendikbud Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Soal dan jawaban yang akan dibahas hanyalah bersifat referensi atau bahan belajar untuk siswa.

Berikut soal dan kunci jawaban IPA kelas 8 SMP MTs halaman 285 dan 286 Uji Kompetensi Bab 6 soal uraian. Simak soal dan kunci jawaban IPA kelas 8 SMP MTs halaman 285 dan 286 soal uraian Uji Kompetensi Bab 6 Sistem Peredaran Darah Manusia.


Jawaban Kelas 8 SMP MTS Soal IPA Halaman 285 dan 286, Uji Kompetensi Bab 6 Sistem Peredaran Darah Manusia

Kunci jawaban ini dapat dijadikan sebagai pedoman untuk guru dan orang tua dalam membimbing peserta didik atau siswa saat belajar.

SOAL

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Salah satu fungsi darah adalah mengangkut oksigen dan karbondioksida. Ternyata, masih ada banyak fungsi darah yang lainnya. Sebutkanlah fungsi darah yang lainnya!

2. Mengapa jumlah sel darah merah orang yang tinggal di dataran tinggi (pegunungan) lebih banyak daripada orang yang tinggal di dataran rendah (pantai)? Ingat bahwa pada daerah dataran tinggi tekanan udara dan kadar oksigennya lebih rendah apabila dibandingkan dengan dataran rendah.

Jawaban Kelas 8 SMP MTS Soal IPA Halaman 285 dan 286, Uji Kompetensi Bab 6 Sistem Peredaran Darah Manusia

Baca Juga :  Kunci Jawaban SOAL Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA SMK MA Halaman 120 121, Menganalisis Isi Novel Ronggeng Dukuh Paruk

3. Jelaskan proses peredaran darah yang terjadi pada tubuh!

4. Bu Lani pergi ke dokter untuk melakukan pengecekan tekanan darahnya. Setelah dilakukan pengukuran tekanan darah, dokter mengatakan bahwa tekanan darah bu Lani pada saat itu adalah 110/90. Jelaskan maksud dari hasil pengukuran tekanan darah tersebut! Tuliskan jawabanmu dengan mengaitkan tekanan darah dengan kondisi pembuluh darah pada saat itu.

5. Mengapa sebaiknya seseorang itu tidak merokok? Hubungkan dengan gangguan pada sistem peredaran darah!

KUNCI JAWABAN

1. Fungsi Darah Selain Mengangkut Oksigen dan Karbondioksida:

  • Mengangkut berbagai macam zat-zat makanan, oksigen, sisa-sisa metabolisme, hormon, enzim-enzim, dan antibodi.
  • Memakan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh dan untuk produksi antibodi.
  • Menutup luka
  • Sebagai pengatur kandungan air jaringan.
  • Mengatur suhu tubuh.
  • Mengatur keasaman (pH).

2. Karena pada daerah dataran tinggi (pegunungan) kadar oksigennya rendah, sehingga untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh, tubuh memproduksi banyak eritrosit. Sebaliknya pada daerah dataran rendah (pantai) kadar oksigennya tinggi, sehingga dengan eritrosit dalam jumlah yang normal sudah dapat memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh.

Jawaban Kelas 8 SMP MTS Soal IPA Halaman 285 dan 286, Uji Kompetensi Bab 6 Sistem Peredaran Darah Manusia

Baca Juga :  SOAL PKN Kelas 10 SMA MA SMK Kurikulum Merdeka Halaman 109 Uji Pemahaman: Hubungan perundang-undangan

3. Secara garis besar, inilah proses peredaran darah:
Seluruh tubuh – serambi kanan – bilik kanan – paru-paru – serambi kiri – bilik kiri – seluruh tubuh

Penjelasan:
Proses peredaran darah sebagai berikut Darah dari seluruh tubuh, akan masuk pertama kali ke serambi kanan, sehingga darah dalam serambi kanan banyak mengandung CO2. Dari serambi kanan, darah akan melewati katup trikuspidalis (berdaun tiga) menuju bilik kanan. Katup ini berfungsi agar darah tidak dapat kembali ke serambi kanan. Darah yang ada dalam bilik kanan, dipompa oleh bilik kanan melewati arteri pulmonalis menuju paru-paru agar CO2 dalam darah terlepas dan terjadi pengikatan O2. Darah dari paru-paru mengalir melalui vena pulmonalis menuju serambi kiri, sehingga darah dalam serambi kiri banyak mengandung O2. Darah dari serambi kiri turun melalui katup bikuspidalis (berdaun dua) menuju bilik kiri. Bilik kiri akan memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh aorta.

4. Angka 110 disebut angka sistol. Angka ini menunjukkan tekanan saat bilik berkontraksi dan darah ditekan keluar jantung. Tekanan darah turun saat bilik relaksasi. Sedangkan, angka 90, angka yang lebih rendah dari angka pertama disebut angka diastole. Angka ini merupakan hasil pengukuran tekanan saat bilik relaksasi dan mengisi darah, tepat sebelum bilik-bilik ini berkontraksi lagi.

Baca Juga :  DOWNLOAD Soal Latihan Kelas 11 SMA SMK PTS Matematika Semester 1 dan Kunci Jawaban Kurikulum 2013 Tahun 2022

Jawaban Kelas 8 SMP MTS Soal IPA Halaman 285 dan 286, Uji Kompetensi Bab 6 Sistem Peredaran Darah Manusia

5. Karena merokok dapat menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah. Seseorang yang merokok, asap rokok akan merusak dinding pembuluh darah. Kemudian nikotin yang terkandung dalam asap rokok akan merangsang hormon adrenalin yang akibatnya akan mengubah metabolisme lemak. Hormon adrenalin akan memacu kerja jantung. Selain itu, merokok menyebabkan elastisitas pembuluh darah berkurang, sehingga meningkatkan pengerasan pembuluh darah arteri dan meningkatkan faktor pembekuan darah yang memicu penyakit jantung dan stroke. Perokok mempunyai peluang terkena stroke dan jantung koroner sekitar dua kali lipat lebih tinggi dibanding dengan bukan perokok.

Demikianlah kunci jawaban IPA kelas 8 SMP MTs Uji Kompetensi Bab 6 halaman 285 dan 286.***

Disclaimer:

1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Jawaban Kelas 8 SMP MTS Soal IPA Halaman 285 dan 286, Uji Kompetensi Bab 6 Sistem Peredaran Darah Manusia

Sumber :


Rekomendasi Untuk Anda :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,