Batagor, cilok, cimol, cireng, adalah jajanan khas Kota Bandung yang bisa ditemukan di kota-kota lain. Tapi kamu tahu nggak SobatPhi, setiap jajanan tadi sebetulnya singkatan, lho. Memang orang Bandung dikenal senang menyingkat nama makanan. Nah, berikut arti singkatannya.

Jajanan Khas Bandung dan Arti singkatannya

  1. Batagor

Baso dan tahu digoreng. Batagor dikenal sebagai camilan yang dibumbui bumbu kacang. Saat ini ada juga batagor yang disajikan dengan level kepedasan berbeda. Kalau SobatPhi sedang di Bandung, penjual batagor bisa ditemukan dengan mudah. Mulai dari penjual keliling, kantin sekolah, hingga restoran.

  1. Jajanan dari Olahan Aci

Jajanan yang terbuat dari aci atau tepung kanji memang paling sering disingkat. Seperti cimol (aci dikemol), cireng (aci digoreng), cilok (aci dicolok), dan cilung (aci digulung). Penyajiannya beragam. Misalnya cimol, sering dijual dengan pilihan berbagai bumbu seperti bumbu keju, barbeque, dan blackpepper.

  1. Comro

Comro adalah kepanjangan dari oncom di jero atau oncom yang berada di dalam. Terbuat dari perpaduan singkong parut dan tepung kanji, kuliner khas yang terbuat dari singkong ini cocok dimakan selagi hangat. Kalau SobatPhi suka jajanan pedas, kini comro ada juga yang isinya pedas, lho.



  1. Cuanki

Jika sebelumnya singkatan makanan berasal dari olahan bahan utamanya, sedikit berbeda dengan cuanki. Makanan berkuah ini, memiliki singkatan cari uang jalan kaki. Makanan khas Bandung yang satu ini nikmat banget disantap saat musim hujan! Hmmm, mantap!

  1. Gehu

Di Bandung, tahu goreng dikenal dengan nama gehu, yang merupakan singkatan dari taoge tahu. Alasan penamaan itu adalah karena tumis taoge menjadi isian dalam tahu goreng ini. Kini, gehu juga bermacam-macam isiannya, tidak hanya tauge. Ada yang juga diisi cabai rawit pedas, keju, dan sosis.

 

Nah, jajanan mana yang kamu suka nih? Jangan sungkan-sungkan untuk langsung ke Bandung dan buktikan sendiri kelezatan jajanan tadi.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Hari Pembela Tanah Air 2020
Hari Pembela Tanah Air 2020

Sepakbola dan Gaung Radio
Sepakbola dan Gaung Radio

Mahasiswa UGM Raih Penghargaan Internasional 2020 Di Thailand
Mahasiswa UGM Raih Penghargaan Internasional 2020 Di Thailand

Close