Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Senin 14 Februari 2022 dan Bacaan Niat serta Artinya . Sama seperti bulan lainnya, umat Muslim juga bisa menunaikan puasa ayyamul bidh di bulan Februari yang bertepatan dengan bulan Rajab. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui jadwal puasa ayyamul bidh dan niat puasa ayyamul bidh.

Setiap umat Muslim dianjurkan untuk menjalankan puasa ayyamul bidh sebanyak tiga kali dalam sebulan. Simak jadwal puasa ayyamul bidh berikut lengkap dengan niat puasa ayyamul bidh hari ini 14 Februari 2022.

Baca Yuk :

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Senin 14 Februari 2022 dan Bacaan Niat serta Artinya

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa tengah bulan yang diajarkan Rasululllah SAW. Ayyamul Bidh ini disunnahkan selama tiga hari. Karena pada malam-malam tersebut sedang bersinar bulan purnama dengan sinar rembulannya yang putih. Puasa ini dikerjakan pada hari ke 13, 14, 15 di bulan Hijriah. Dalam penanggalan Masehi, puasa ayyamul bidh dimulai padan 14 Februari 2022 bertepatan dengan bulan Rajab.

Adapun dalil puasa ayyamul bidh adalah sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Kekasihku (yaitu Rasulullah SAW) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1- berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2- mengerjakan shalat Dhuha, 3- mengerjakan shalat witir sebelum tidur”, (HR Bukhari nomor 1178).

Kemudian, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah SAW bersabda, “Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun”, (HR Bukhari nomor 1979).

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Senin 14 Februari 2022 dan Bacaan Niat serta Artinya

Berikut ini adalah jadwal puasa Ayyamul Bidh Februari 2022 atau bulan Rajab 1443 hijriah yang perlu diperhatikan:

  • Puasa Ayyamul Bidh Februari 2022 hari pertama: 13 Rajab 1443 H (14 Februari 2022)
  • Puasa Ayyamul Bidh Februari 2022 hari kedua: 14 Rajab 1443 H (15 Februari 2022)
  • Puasa Ayyamul Bidh Februari 2022 hari ketiga: 15 Rajab 1443 H (16 Februari 2022)

Niat Puasa Ayyamul Bidh

“Nawaitu sauma ayyaamal bidh sunnatan lillaahi ta’ala”

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Senin 14 Februari 2022 dan Bacaan Niat serta Artinya

Artinya: “Saya berniat melakukan puasa pada hari-hari putih, sunah karena Allah ta’ala”.

Bacaan niat puasa Ayyamul Bidh dapat dilafalkan pada malam hari atau sebelum sahur maupun di pagi hari namun dengan catatan belum makan dan minum dari pagi dan ada niatan untuk berpuasa Ayyamul Bidh.

Setelah melaksanakan puasa Ayyamul Bidh dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sebelum berbuka dapat melafalkan bacaan doa buka puasa Ayyamul Bidh berikut ini.

“Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, Insya Allah”

Artinya: “Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah.”

Demikian ulasan mengenai jadwal puasa ayyamul bidh yang dimulai 14 Februari, lengkap dengan niat puasa ayyamul bidh dan artinya. Semoga bermanfaat!

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Senin 14 Februari 2022 dan Bacaan Niat serta Artinya

Sumber : dluz.club

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,