Jadwal Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair. Para pelaku UMKM segera menerima BLT pada tahun ini dengan besaran Rp1,2 juta. Hal tersebut dipastikan usai Kementerian Koperasi dan UKM mengesahkan aturan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Jadwal Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM Eddy Satria menyebut setidaknya dalam dua hari ke depan sudah ada pengumuman kapan BLT Rp1,2 juta akan dicairkan kepada para pelaku UMKM. Sebelum mengumumkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan minta usulan dari Dinas Koperasi dan UMKM dari seluruh daerah.



Sebelumnya, pemerintah akan kembali mencairkan BLT UMKM pada tahun ini. Namun, hingga kini belum diketahui kapan pencairannya akan mulai disalurkan kepada para pedagang yang terdaftar.

“Tunggu tanggal peluncurannya,” tulis akun Instagram @kemenkopukm yang dikutip Okezone, Jumat (26/3/2021).

BPUM siap disalurkan kembali setelah PermenKopUKM No. 2 Tahun 2021 disahkan. PermenKopUKM tersebut juga menghadirkan beberapa perbaikan dari penyaluran BPUM sebelumnya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pemerintah mengupayakan penambahan 12 juta penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM sehingga totalnya menjadi 24 juta pelaku usaha mikro pada tahun 2021.

Teten mengatakan penambahan penerima BLT UMKM tersebut dikarenakan saat ini masih banyak pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan BPUM sebagai bantuan untuk mengembangkan usahanya di masa pandemi COVID-19.

“Memang ini kami usulkan di awal untuk 24 juta penerima, tapi budget yang disediakan budget tahun lalu. Presiden arahkan pada kami bantuan sebesar Rp1,2 juta. Jadi harapan saya 12,8 juta penerima itu tahap pertama, kami akan usulkan kembali 12 juta berikutnya, karena masih banyak yang belum menerima,” kata Teten dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI terkait Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang dipantau secara daring seperti dilansir Antara, di Jakarta, Jumat (2/4/2021).




Pada tahun 2020, pemerintah menyalurkan BLT UMKM kepada 12 juta pelaku usaha mikro dengan besaran bantuan Rp2,4 juta. Pada tahun 2021, BPUM kembali disalurkan pada 9,8 juta pelaku usaha mikro dengan besaran Rp1,2 juta per penerima.

Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan dalam waktu dekat jumlah penerima BPUM akan bertambah 3 juta orang sehingga totalnya menjadi 12,8 juta orang.

Akan tetapi Teten menyatakan bahwa pemerintah mengupayakan penambahan 12 juta penerima BLT UMKM pada tahap kedua setelah seluruh pelaku usaha 12,8 juta orang di tahap pertama mendapatkan bantuan.

Teten menyebut pada kuartal I 2021 pemerintah telah menyalurkan BLT UMKM kepada sekitar 6,7 juta pelaku usaha mikro dengan nilai mencapai Rp6,2 triliun. Pelaku usaha mikro yang menerima bantuan tersebut yaitu 5,8 juta penerima lama yang telah mendapatkan bantuan di tahun 2020, ditambah dengan sekitar 900 ribu pelaku usaha mikro baru yang menerima pada tahun 2021.

“Sisanya kami akan percepat, mudah-mudahan tengah bulan depan sudah selesai. Karena kami ingin mengejar kuartal I, untuk membangun optimis market,” kata Teten,



Teten mengatakan program BPUM ini dirancang dengan tujuan untuk pemulihan ekonomi nasional. Program BPUM atau BLT UMKM hanya diberikan pada pelaku usaha mikro yang belum bankable atau belum tersentuh kredit perbankan.

Sementara itu pemerintah juga menyiapkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro dengan pinjaman di bawah 10 juta dan bunga 3 persen yang akan berlangsung hingga Juni 2021.

Jadwal Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2021/04/02/320/2388261/blt-umkm-rp1-2-juta-cair-penerima-diusulkan-jadi-24-juta-pelaku-usaha?page=2


Read previous post:
Amalan Puasa Doa 10 Hari Pertama Ramadhan
Amalan Puasa Doa 10 Hari Pertama Ramadhan

Close