Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 16 Mei 2020. Kemendikbud menyelenggarakan program Belajar dari Rumah yang akan tayang di stasiun TVRI. Program ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus corona COVID-19.

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 16 Mei 2020

Program  Belajar dari Rumah tersedia untuk pelajar dari semua jenjang pendidikan. Program ini juga menyajikan tayangan edukatif Pengasuhan dan Pendidikan Anak untuk orang tua dan guru. Belajar dari Rumah akan tayang setiap hari pukul 08.00 WIB-23.30 WIB di TVRI Nasional selama 3 bulan berturut-turut. Asyik kan SobatPhi, semoga belajarnya tambah menyenangkan ya.



Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Pembelajaran dalam program Belajar Dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Supaya tayangan dalam program Belajar Dari Rumah dapat dimanfaatkan dengan baik, maka diperlukan panduan yang menjelaskan maksud, tujuan, dan alternatif aktivitas bimbingan yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak saat ​melihat tayangan dan saat mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.

Panduan tersebut terutama untuk anak pada jenjang PAUD dan SD, sementara untuk jenjang SMP sederajat ​dan SMA/SMK sederajat, selain panduan untuk orang tua, juga terdapat panduan untuk siswa.



Tujuan Program Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 16 Mei 2020

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program Belajar Dari Rumah di TVRI adalah​ untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan
kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.




Selain materi pembelajaran untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pendidikan menengah, Belajar dari Rumah juga menayangkan materi bimbingan untuk orang tua dan guru. Serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu.

Materi program Belajar Dari Rumah diambil dari berbagai sumber. Sebagian besar materi sudah diproduksi Kemendikbud melalui Televisi Edukasi (TVE) maupun produksi dari pihak yang dicontohkan sumber materi dari luar Kemendikbud, yakni Jalan Sesama untuk jenjang PAUD.

Sesuaikan waktu kegiatan dengan kondisi dan usia anak. Dalam melakukan aktivitas bersama anak yang diutamakan adalah proses pengerjaan kegiatan dimana anak merasa senang, tidak terbebani, terjalin kelekatan dan komunikasi yang baik dengan anak, dan ada nilai-nilai moral yang terbangun.

Sebelum tayangan: Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.



Live Streaming dan Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 16 Mei 2020

08.00 – 09.00 WIB : Cerita Sabtu Pagi : Anak Seribu Pulau – Toraja & Merauke
09.00 – 10.00 WIB : Talkshow Asli Indonesia : Ekologi Pangan – Ani-ani untuk Dewi Sri
10.00 – 10.30 WIB : Cerita Indonesia
10.30 – 11.00 WIB : Ragam Indonesia
21.30 – 23.30 WIB : Panggung Akhir Sekolah

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI Minggu Kelima 11-17 Mei 2020 di sini >> Download PDF Belajar Dari Rumah

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI Minggu Kelima

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 16 Mei 2020 ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan di informasikan lebih lanjut.

Jika ada pertanyaan mengenai program acara ini silahkan hubungi pihak Kemdikbud RI atau TVRI, melalui :

Kemdikbud RI :

  1. Website >> Klik
  2. Instagram >> Klik
  3. Youtube >> Klik
  4. Facebook >> Klik
  5. Twitter >> Klik

TVRI :

  1. Instagram >> Klik
  2. Facebook >> Klik
  3. Twitter >> Klik
  4. Website >> Klik
  5. Youtube >> Klik



Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 16 Mei 2020.



Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19.

Sumber : tvrikemendikbud

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Google-dan-Kemendikbud-Beri-Paket-Data-10000-Pengajar
Google dan Kemendikbud Beri Paket Data 10000 Pengajar

Tips Persiapan Kuliah S1 di Eropa
Tips Persiapan Kuliah S1 di Eropa

Siswa SMAN 4 Cimahi Berbagi Sembako Ketika Merayakan Kelulusan
Siswa SMAN 4 Cimahi Berbagi Sembako Ketika Merayakan Kelulusan

Close