Isi Rekomendasi KPAI Terkait Sekolah Era New Normal. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana kembali membuka kegiatan belajar mengajar di sekolah pada Januari 2021 mendatang. Kebijakan ini dinilai sudah tepat, mengingat hingga kini kasus positif covid-19 masih terus naik.



Isi Rekomendasi KPAI Terkait Sekolah Era New Normal

Sebelumnya, ahli epidemiologi Dicky Budiman dalam berbagai kesempatan menyebut, dibukanya kembali sekolah berpotensi tinggi akan memunculkan klaster persebaran Covid-19 baru di Indonesia. Menyikapi kondisi tersebut, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan sejumlah rekomendasi agar kegiatan belajar mengajar di sekolah sebagaimana diinginkan pemerintah bisa berjalan dengan baik dan aman di tengah pandemi.

  1. Belajar dari Negara Lain

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menyampaikan saran agar pemerintah Indonesia banyak belajar dari pengalaman yang dimiliki negara lain terkait pembukaan kembali sekolah di saat pandemi. Ia menyebut China yang baru membuka area sekolah setelah tidak ditemukan satu pun kasus infeksi Covid-19 di negaranya selama 10 hari. Itupun masih disertai dengan persiapan matang dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.



Para guru di sana sudah menjalani 14 hari masa isolasi sebelum akhirnya diperbolehkan kembali mengajar dan bertemu murid-muridnya. Hal yang sama juga dilakukan di negara-negara Eropa. Sekolah dibuka kembali dengan persiapan matang dan protokol kesehatan yang ketat. Supaya menghindari timbulnya kluster baru di lingkungan sekolah.

  1. Perketat Aspek Keamanan

Rekomendasi kedua yang disampaikan KPAI agar anak-anak aman ketika harus kembali ke sekolah adalah pemerintah mengambil kebijakan dengan memperhatikan berbagai aspek keamanan. Berhubung masalah ini berhubungan erat dengan penyakit, maka sebelum keputusan ditetapkan, Kemendikbud semestinya melibatkan para ahli dan ilmuwan untuk memberikan gambaran dari sisi kesehatan dan keamanan. Jangan sampai kebijakan ini diambil tanpa adanya dasar perhitungan atau pertimbangan dari segi keamanan dan kesehatan masyarakat. Ahli yang dimaksud misalnya IDAI.

  1. Tidak Usah Terburu-buru

KPAI mewanti-wanti kepada pemerintah untuk benar-benar cermat dan hati-hati dalam mengambil keputusan membuka sekolah ini. Terlebih dengan melihat fenomena akhir-akhir ini di masyarakat yang menunjukkan bandara, pusat perbelanjaan dan beberapa tempat umum lainnya sudah ramai dan dipadati masyarakat setelah adanya pelonggaran kebijakan. Hal itu kemudian diikuti dengan angka lonjakan kasus harian yang sangat tinggi.



Isi Rekomendasi KPAI Terkait Sekolah Era New Normal.

Kehati-hatian ini wajib diperhatikan dengan seksama. Sebab, keselamatan anak-anak harus menjadi pertimbangan utama saat pemerintah hendak mengambil kebijakan menyangkut anak. Kamu juga setuju kan, Sobat Phi?

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal-Dan-Materi-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-Hari-Senin-15-Juni-2020b
Soal dan Jawaban SD Kelas 1-3 dan 4-6 Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Senin 15 Juni 2020

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Senin 15 Juni 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Senin 15 Juni 2020

Download-PDF-Program-Belajar-dari-Rumah-di-TVRI-Minggu-Kesepuluh-15-21-Juni-2020-a
Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI Minggu Kesepuluh 15-21 Juni 2020

Close